Tim Dosen Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta Menyelenggarakan Pelatihan Penerapan Fun Learning bagi Guru-Guru di Bekasi

Selasa, 30 Agustus 2022. Dosen  Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta yang tergabung dalam tim Pengabdian kepada Masyarakat melakukan kerjasama dengan Yayasan Attaqwa VIII Karang Tengah Bekasi Provinsi Jawa Barat. Kerjasama dilakukan dalam bentuk penyelenggaraan kegiatan pelatihan dengam tema “Penerapan Fun Learning untuk Meningkatkan Kompetensi Mengajar Bagi Guru-Guru di Yayasan Attaqwa VIII Karang Tengah Bekasi”. Kegiatan ini diselenggarakan secara tatap muka dengan memperhatikan protokol kesehatan covid-19 bertempat di Yayasan Attaqwa VIII di Jl. KH. Abdulloh, Pusaka Rakyat, Tarumajaya, Karang Tengah, Bekasi dan live streaming melalui youtube PBA UNJ Channel. Kegiatan ini dihadiri oleh 35 guru yang terdiri atas Guru Raudhatul Athfal, Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Guru Madrasah Tsanawiyah.

Kegiatan dibuka oleh Nida Karima Salsabila (mahasiswa PBA UNJ), dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh Irham Ramadhan (mahasiswa PBA UNJ). Sambutan pertama disampaikan oleh Kepala Yayasan yaitu KH. Abidulloh Abdulloh. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan tim dosen dan mahasiswa PBA UNJ dalam memberikan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kompetensi mengajar para guru. Kemudian sambutan kedua disampaikan oleh Kepala Madrasah, H. Ahmad Suhaimi, S.Ag, dan sambutan terakhir dari perwakilan tim dosen UNJ Prof. Dr. Zainal Rafli, M.Pd.

Kegiatan inti ke dalam tiga sesi. Materi pertama disampaikan oleh Dr. Samsi Setiadi, M.Pd (dosen PBA UNJ), didampingi oleh Shafina Azzahra (mahasiswi PBA UNJ) dan Nursita Tri wahyuni, S.Pd (Alumni PBA UNJ) dengan topik “Pengenalan dan pelatihan Aplikasi Mentimeter untuk media pembelajaran”. Kegiatan diakhiri dengan kuis dan pendampingan para Guru menerapkan aplikasi Mentimeter di perangkat laptop atau smartphone masing-masing.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Prof. Dr. Yumna Rasyid, M.Pd (guru besar PBA UNJ), Ahmad Marzuq, M.Pd (dosen PBA UNJ), didampingi Waldi Awali Syah, S.Pd (alumni PBA UNJ) dengan topik “Pelatihan Game Edukasi Word wall”. Kegiatan ini diawali dengan penjelasan manfaat dan fungsi word wall, kemudian dilanjutkan dengan pendampingan penggunaan aplikasi.

Materi terakhir disampaikan oleh Dr. Puti Zulharby, M.Pd (dosen PBA UNJ) berkaitan dengan Urgensi  penerapan pembelajaran yang menyenangkan (Fun Learning). Kemudian disusul materi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari Dr. Muhammad Kamal, MA (dosen PBA UNJ). Materi terakhir tentang  model-model pembelajaran kooperatif  disampaikan oleh Dr. Fatwa Arifah, M.Pd (dosen PBA UNJ) didampingi oleh Nabila Qosama Balqis (mahasiswi PBA UNJ) dengan topik simulasi penggunaan media mind mapping dan media truth or dare. Kedua media yang dilatihkan kepada guru-guru merupakan hasil penelitian pengembangan yang dilakukan oleh Nafa Junita, S.Pd dan Meiriska Dwi Reforamita, S.Pd (alumni PBA UNJ)  dalam skripsi mereka.

Rangkaian kegiatan pelatihan ditutup dengan pemberian dorprize bagi kelompok dengan Desain Mind Mapping terbaik dan kelompok pemenang turname truth or dare. Antusiasme peserta selama kegiatan ditunjukkan dengan keaktifan peserta menyimak dan mengikuti pendampingan serta mengikuti setiap kuis dengan totalitas. Survey kepuasan yang dibagikan melalui google forms setelah acara ditutup menghasilkan bahwa oleh peserta menyambut positif kegiatan ini dan berharap bahwa pelatihan seperti ini dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan guna menunjang pengetahuan dan pengembangan kompetensi mengajar guru dalam media yang digunakan.

(LA & YA)

 

 

Scroll to Top