Majelis Forsimma Pondok Melati, Bekasi

Minggu, 31 Juli 2022, tim Pengabdian kepada Masyarakat Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta, bekerjasama dengan Masyarakat Forsimma Pondok Melati, Bekasi menggelar kegiatan pelatihan “Editing Video dan Audio pada Masyarakat Kecamatan Pondok Melati di Majelis Forsimma”  Kegiatan yang diselenggarakan secara luring dengan memperhatikan protokol kesehatan covid-19 bertempat di Majelis Forsimma Pondok Melati, Bekasi. Adapun dalam kegiatan pelatihan dengan tema ” Pemberdayaan Masyarakat Melalui Media Sosial” dihadiri oleh 58 orang dengan kualifikasi Masyarakat Majelis Forsimma Pondok Melati Bekasi, 3 orang dengan kualifikasi Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta dan 7 mahasiswa yang termasuk ke dalam tim pengabdian masyarakat.

Rangkaian kegiatan ini dibagi ke dalam 3 sesi materi dan pelatihan. Adapun narasumber yang dihadirkan berasal dari Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Negeri Jakarta dan Alumni Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab. Narasumber dari Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Negeri Jakarta, Dr. Ahmad Murodi, M.A dibantu oleh Yuni Antika menyampaikan materi tentang “ Peningkatan Kemampuan Videografi dan Editing Video untuk Media Sosial di Majelis Forsimma Pondok Melati, Kota Bekasi”, sedangkan Dr. Raden Ahmad Barnabas, M.Pd. bersama Nabila Ayu Putri menyampaikan materi tentang “Peningkatan Editing Audio pada Masyarakat Kecamatan Pondok Melati di Majelis Forsimma, Kota Bekasi”. dan narasumber dari Alumni Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Ellya Rahmawati, S.Pd.

Para peserta melakukan registrasi terlebih dahulu di depan ruangan kemudian memasuki rungan. Setelah itu acara dimulai dengan pembukaan oleh MC Nabila Ayu Putri, acara dimulai dengan kata sambutan oleh Ketua P2M yaitu Dr. Chakam Failasuf, M.Pd. berikutnya sambutan oleh Ketua Majelis Forsimma Pondok Melati yaitu Drs. H. Asmat HR, M.Pd. Dan berikutnya pengantar keynote speaker oleh Muhammad Akbar, S.Pd.

Sesi pertama dimulai dengan penyampaian materi. Materi pertama ini disampaikan oleh Ellya Rahmawati, S.Pd. dengan materi “Peningkatan kemampuan e-commerce melalui Media Sosial”. Berikutnya pemaparan materi yang kedua oleh Dr. Ahmad Murodi, M.A dibantu oleh Yuni Antika Pada sesi ini para peserta diberikan pemahaman tentang kemampuan videografi dan editing video untuk media sosial. Materi ini diberikan agar para masyarakat dapat memahami tentang kemampuan videografi dan keterampilan editing video. Dalam penyampaiannya, Dr. Ahmad Murodi, M.A mengatakan bahwa memahami kemampuan videografi dan mengasah keterampilan editing video untuk media sosial itu penting di masa modern ini untuk kebutuhan kewirausahaan, pendidikan, dan lain-lain.

Sesi kedua, dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Dr. Raden Ahmad Barnabas, M.Pd. bersama Nabila Ayu Putri Pada materi ini disampaikan bagaimana cara menghasilkan audio yang berkualitas dan membuat tampilan yang menarik sehingga konten audio yang dibuat dapat menarik perhatian audiens. setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan tutorial cara editing audio dan membuat tampilan yang menarik dalam konten audio.

Kegiatan ini ditutup dengan beberapa Kuis dan diskusi sesuai dengan materi yang telah disampaikan. Antusiasme ditunjukkan oleh peserta dengan keaktifan peserta dalam berdiskusi dan hasil pelatihan pembuatan video. Antusiasme terhadap kegiatan ini juga tampak dari hasil penyebaran instrumen kepuasan, serta kesan dan pesan dari peserta yang disebarkan melalui google form. Umumnya para peserta menyambut positif terhadap kegiatan ini dan berharap bahwa pelatihan seperti ini dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan guna menunjang pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam media sosial.

Scroll to Top