Mengamalkan Tri Darma PT, Dosen PBA UNJ Melaksakan Pengabdian Pada Masyarakat

Dalam rangka pengabdian kepada masyarakat, dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan lokakarya pembelajaran bahasa arab dengan tema “Peningkatan Kecakapan Guru  Bahasa Arab pada Bidang Media Pembelajaran Interaktif Melalui Kartu Gambar Bersuara, Literasi Membaca Jurnalistik, dan Pelatihan Artikulasi Huruf Arab”. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring pada hari Sabtu, 28 Agustus 2021 melalui Zoom Cloud Meeting. Lokakarya yang merupakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) tersebut dilaksanakan dengan menggandeng Majelis Forsila Kota Bekasi.

Lokakarya ini terdiri atas tiga sesi. Sesi pertama dengan tema “Peningkatan Kemampuan Membaca Bahasa Arab Melalui Pelatihan Artikulasi Huruf Arab Di Jamaah Masjid Pondokgede Kota Bekasi” diisi langsung oleh pemateri Drs. M. Aziz Ritonga, M.Pd. dan Rama Firdaus. Pada kesempatan ini, pemateri menyampaikan pentingnya kesadaran tentang memiliki kecakapan dalam pengucapan makhorijul huruf yang baik dan benar serta pelafalan artikulasi yang jelas. Diharapkan melalui pelatihan yang sudah diberikan, para jamaah mampu mengaplikasikan kemampuan itu untuk menyempurnakan bacaan solat maupun membaca Al-Qur’an.

Sesi kedua dengan tema “Peningkatan Kecakapan Guru Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Kota Bekasi pada Bidang Media Pembelajaran Interaktif Melalui Kartu Gambar Bersuara” diisi langsung oleh pemateri Dr. Romdhani, M.Pd. dan Lia Andriyani. Pada kesempatan ini, pemateri menyampaikan pentingnya penggunaan media pembelajaran yang interaktif terutama selama pembelajaran daring. Dengan adanya pelatihan pembuatan media ini, diharapkan guru menjadi terampil dan cakap dalam mengembangkan media yang berbasis digital yang dapat diakses melalui smartphone android sehingga proses pembelajaran lebih menarik perhatian dan minat siswa sehingga siswa tidak jenuh dalam belajar serta memiliki motivasi belajar.

Sesi ketiga dengan tema “Peningkatan Kecakapan Literasi Membaca Pada Bidang Jurnalistik Masyarakat Kecamatan Pondok Gede Di Majelis Forsila, Kota Bekasi” diisi langsung oleg pemateri Dr. Ahmad Murodi, M.A. dan Senja Nurcholisah. Pada kesempatan ini, pemateri menyampaikan materi-materi yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kecakapan para masyarakat sebagai masukan yang berharga dalam meningkatkan kualitas literasi terutama dalam bidang jurnalistik.

Kegiatan ini diharapkan dapat memaksimalkan kecakapan mengenai cara pengucapan makhorijul huruf, membentuk pemahaman dalam mengembangkan media  pembelajaran bahasa Arab terkini yang sesuai dengan perkembangan zaman, dan peran aktif dari masyarakat sekitar dan sadar akan pentingnya budaya membaca, menjadikan tradisi turun menurun ke anak cucu kita nantinya.

Scroll to Top
  • https://ppdb.smpn2bumijawa.sch.id/
  • https://cbt.smpn2bumijawa.sch.id/
  • https://lpm.uluwiyah.ac.id
  • https://smash.warak.id/
  • https://gunungsari-desa.id/