Pelatihan Pembuatan Materi Ajar berbasis moda daring bagi guru di MGMP bahasa Arab Sumatera Selatan

Dalam rangka pengabdian kepada masyarakat, dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan lokakarya pembelajaran bahasa arab dengan tema “Peningkatan Kemampuan Guru dalam Mengajarkan Menyimak Menggunakan Media di MGMP Sumatera Selatan”. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring pada hari Sabtu, 4 September 2021 melalui Zoom Cloud Meeting. Lokakarya yang merupakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) tersebut dilaksanakan bekerjasama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Arab Sumatera Selatan.

Lokakarya ini sendiri diisi langsung oleh dua pemateri yaitu Dr. RA Barnabas, M.Pd. dan Juanda Firzal, S.Ag. Pada kesempatan pertama, Barnabas memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang mengajarkan menyimak menggunakan media. Pada sesi ini pemateri memaparkan pemahaman mengenai mengajarkan menyimak menggunakan media sehingga dapat menciptakan pembelajaran bahasa Arab yang optimal dan menghasilkan pembelajaran yang menyenangkan serta memupuk rasa toleransi dan komunikasi yang efektif.

Pada sesi kedua, Juanda memberikan Workshop kepada kepada guru bahasa Arab di Sumatera Selatan tentang mengajarkan menyimak menggunakan media. Pada sesi ini pemateri memaparkan bagaimana cara membuat video pembelajaran menyimak menggunakan power point.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan dalam  mengimplementasian media dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas dan proses belajar mengajar di sekolah, khususnya pembelajaran keterampilan menyimak.

Scroll to Top
  • https://ppdb.smpn2bumijawa.sch.id/
  • https://cbt.smpn2bumijawa.sch.id/
  • https://lpm.uluwiyah.ac.id
  • https://smash.warak.id/
  • https://gunungsari-desa.id/