Pelatihan Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah untuk Guru Bahasa Arab di Provinsi Banten

Sabtu, 28 Agustus 2021, tim Pengabdian kepada Masyarakat Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta, bekerjasama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Arab Provinsi Banten menggelar kegiatan pelatihan penulisan dan publikasi artikel ilmiah. Kegiatan yang diselenggarakan secara daring melalui platform zoom meeting dan live streaming melalui youtube PBA UNJ Channel ini mengambil tema “Peningkatan Kompetensi Profesi Guru Bahasa Arab Melalui Pelatihan Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah Berbasis Open Journal System (OJS)”. Adapun jumlah peserta yang hadir dalam kegiatan ini berjumlah 105 orang dengan klasifikasi guru, mahasiswa, dan umum.

Rangkaian kegiatan ini dibagi ke dalam tiga sesi materi dan tanya jawab. Adapun narasumber yang dihadirkan berasal dari Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Negeri Jakarta, dan narasumber undangan. Narasumber dari Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Negeri Jakarta, Prof. Dr. Zainal Rafli, M.Pd., menyampaikan materi tentang “Urgensi Penulisan Artikel Ilmiah untuk Peningkatan Kompetensi Guru”, sedangkan Dr. Puti Zulharby, M.Pd. menyampaikan materi tentang “Mendeley: Manajemen Referensi Digital Pendukung Penulisan Artikel Ilmiah”. Sementara itu, narasumber undangan yang dihadirkan adalah Dr. Azkia Muharom Albantani, M.Pd., Managing Editor Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Adapun materi yang disampaikan adalah “Tips Mengolah Hasil Penelitian Menjadi Artikel Ilmiah dan Teknik Mencari Jurnal Tujuan”.

Setelah acara pembukaan dengan kata sambutan dari tim pengabdian kepada masyarakat yang diwakili oleh Dr. Syamsi Setiadi, M.Pd., dan Ketua MGMP Banten, Ibu Siti Masitoh, S.Ag., M.Pd., sesi pertama dimulai dengan penyampaian materi. Materi pertama ini disampaikan oleh Prof. Dr. Zainal Rafli, M.Pd, dan yang bertindak sebagai moderator Dr. Fatwa Arifah, MA.Pd. Pada sesi ini para peserta diberikan pemahaman tentang penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Materi ini diberikan agar para guru dapat memahami kompetensi serta memetakan problem yang dihadapi ketika melakukan kegiatan mengajar di kelas dan bagaimana mengaplikasikannya dalam sebuah penelitian. Dalam penyampaiannya, Prof. Zainal mengatakan bahwa model penelitian yang memungkinkan dapat dilakukan oleh para guru adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research).  Penelitian tindakan kelas penting dilakukan untuk mencari solusi atas permasalahan-permasalahan di dalam kelas. Hal itu bisa dilakukan dengan menganalisis praktik pembelajaran yang sudah dilakukan, menerapkan strategi-strategi baru dan mutakhir dalam proses kegiatan belajar mengajar, serta mengevaluasi proses dan hasil belajar siswa.

Sesi kedua, dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Dr. Azkia Muharom Albantani, M.Pd., dan dipimpin oleh Andri Ilham, S.S., MA.Hum., sebagai moderator. Pada materi ini para peserta diberikan tips bagaimana mengolah hasil penelitian yang dilakukan menjadi sebuah artikel ilmiah untuk dipublikasikan. Selain itu, juga diajarkan tentang teknik mencari jurnal-jurnal tujuan. Dalam penyampaiannya, Dr. Azkia menjelaskan bahwa dari sekian banyak media yang bisa digunakan oleh guru untuk mempublikasikan artikel ilmiah adalah melalui jurnal. Jurnal merupakan salah satu indikator penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Apalagi, seiring dengan perkembangan teknologi informasi, jurnal ilmiah kini dapat dipublikasikan secara elektronik. Salah satu platform yang banyak digunakan adalah Open Journal System (OJS). OJS adalah sistem penerbitan dan manajemen jurnal online yang dikembangkan oleh Public Knowledge Project (PKP) untuk meningkatkan dan memperluas akses pada penelitian.

Sesi ketiga berisi materi tentang penggunaan Mendeley sebagai sebuah perangkat lunak (software) untuk melakukan manajemen referensi pendukung penulisan artikel ilmiah. Materi ini disampaikan oleh Dr. Puti Zulharby, M.Pd., dosen Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Negeri Jakarta. Melalui materi ini peserta diberikan pemahaman dan tutorial bagaimana mengelola kutipan dan sumber rujukan sebagai penunjang dalam penulisan artikel ilmiah.

Kegiatan ini ditutup dengan tanya jawab dan diskusi terkait materi-materi yang telah disampaikan. Antusiasme ditunjukkan oleh peserta dengan banyaknya yang mengajukan pertanyaan. Antusiasme terhadap kegiatan ini juga tampak dari hasil penyebaran instrumen kepuasan, serta kesan dan pesan dari peserta yang disebarkan melalui google form. Umumnya para peserta menyambut positif terhadap kegiatan ini dan berharap bahwa pelatihan seperti ini dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan guna menunjang pengetahuan dan pengembangan kompetensi guru dalam penulisan artikel ilmiah (and).

Scroll to Top
  • https://ppdb.smpn2bumijawa.sch.id/
  • https://cbt.smpn2bumijawa.sch.id/
  • https://lpm.uluwiyah.ac.id
  • https://smash.warak.id/
  • https://gunungsari-desa.id/