P2M PBA FBS UNJ Merangkul Karang Taruna

[easingslider id=”1838″]

Pada hari Sabtu tanggal 4 September 2021 Program Studi Pendidikan Bahasa Arab melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (P2M) secara daring. Tim pengabdian yang diketuai oleh Dr. Muhammad Kamal, M.A bersama anggota tim Dr. Shafruddin Tajuddin, M.A dan Dr. Mohamad Sarip, M.A serta melibatkan 3 orang mahasiswa yaitu Raihan Fadhilah, Laila Izzatul Humairoh,dan Hida Sya’adah mengambil tema, “Peningkatan Penguasaan Permainan Berbahasa Arab Bagi Karang Taruna Di Masa Pandemi Covid 19”. Kegiatan ini terselenggara atas bekerjasama dengan lembaga kepemudaan Karang Taruna dalam hal ini bermitrakan Karang Taruna Kelurahan Muncul Kecamatan Cipayung Jakarta Timur. Ide awal pelaksanaan ini akan dilakukan secara langsung/offline bersama Karang Taruna Kelurahann Muncul. Namun dikarenakan kondisi Jakarta yang belum memungkinkan melaksanakan kegiataan secara offline maka kegiatan ini dilangsungkan secara daring.

Acara ini dimulai pukul 08.30 melalui aplikasi zoom di kediaman masing-masing. Setelah peserta memasuki ruang zoom dan melakukan pendaftaran ulang acara dibuka oleh pewara Raihan Fadhilah. Acara dimulai dengan sambutan-sambutan, kata sambutan yang pertama disampaikan oleh ketua tim P2M Dr. Muhammad Kamal, M.A. Dalam sambutannya ketua tim menyampaikan ucapan terima kasih khususnya kepada mitra karang taruna dan seluruh anggota tim yang telah membantu penyenggaraan kegiatan ini. Harapan yang disampaikan semoga acara ini dapat memberikan manfaat yang nyata khususnya untuk karang taruna dalam memanfaatkan permainan berbahasa Arab pada salah satu kegiatannya bagi anak-anak selama pandemi Covid 19 ini. Sambutan kedua disampaikan mitra karang taruna dalam hal ini disampaikan Ketua Karang Taruna Kelurahan Muncul Kecamatan Cipayung Jakarta Timur saudara Muhammad Syamsuri Siddiq. Pada sambutannya disampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama dari pihak UNJ dalam hal ini diwakili tim P2M PBA yang melibatkan karang taruna dalam kegiatan ini. Besar harapannya untuk melanjutkan kegiatan serupa di masa mendatang karena banyak memberikan manfaat khususnya bagi para pemuda di karang taruna khususnya dan masyarakat pada umumnya. Sambutan terakhir ditutup oleh Koordinator Program Studi Pendidikan Bahasa Arab sekaligus membuka acara. Pada Prakatanya disampaikan ucapan terima kasih pada semua pihak yang berkontribusi dalam pelaksanaan P2M dan diharapkan semua peserta mendapatkan manfaat dari kegiatan ini.

Acara yang dihadiri oleh 55 peserta dari berbagai perwakilan karang taruna khususnya DKI Jakarta dan sekitarnya ini berlangsung secara meriah. Setelah pembukaan acara dilanjutkan dengan pemaparan materi. Sesi pertama disampaikan oleh Dr. Muhammad Kamal, M.A pada pukul 9.20 yang mengambil tema permainan berbahasa Arab untuk pemula. Pada paparannya disampaikan jenis-jenis permainan berbahasa Arab yang bisa digunakan untuk mengajarkan Bahasa Arab bagi pemula, baik dari segi keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Jenis permainan ini  bisa dimanfaatkan dari permainan tradisional yang sudah popular di masyarakat Indonesia hanya dimodifikasi dengan konten Bahasa Arab juga bisa menggunakan media sederhana dan media modern. Paparan pertama ditutup dengan tanyangan beberapa contoh permainan berbahasa Arab yang diunduh dari youtube  Selanjutnya dilanjutkan sesi kedua secara paralel pada pukul 10.00 oleh Dr. Shafruddin Tajuddin, M.A. dengan tema media Hangman dalam pembelajaran bahasa Arab bagi pemula. Materi ini disajikan lebih menarik karena peserta langsung dilibatkan dalam penggunaan permainan Hangman yang sudah dimodifikasi dengan materi Bahasa Arab. Ada beberapa level yang didemontrasikan ke peserta dari level dasar hingga menengah, peserta terlihat antusias mengikuti materi ini. Permainan Hangman yang dasar dimulai dari menyusun huruf menjadi kosakata  hingga level menengah menyusun paragraf Bahasa Arab. Pemaparan kedua ini berakhir pada pukul 10.40.

Setelah pemaparan kedua dilanjutkan sesi tanya jawab, ada 2 pertanyaan atas materi yang telah disampaikan. Penanya pertama Sigit dari Karang Taruna Ceger menyucapkan banyak terima kasih atas kegiatan ini karena membuka persepsi masyarakat  umum bahwa belajar bahasa Arab bukan hanya dengan mempelajari Al-qur’an tetapi juga bisa melalui permainan yang menyenangkan. Lalu ditanyakan adakah level atau lanjutan dari permainan yang telah didemontrasikan. Sedangkan penanya kedua Nur Fajrina dari Karang Taruna Muncul menanyakan jenis permainan yang cocok untuk pembelajaran Bahasa Arab bagi anak usia 4-5 usia PAUD. Pertanyaan pertama  ditanggapi oleh kedua pemateri bahwa bentuk permainan dan lanjutan levelnya dibutuhkan pengembangan lanjutan dan inovasi dari akademisi atau pegiat pembelajaran Bahasa Arab selain yang sudah banyak diunggah di youtube atau dalam bentuk aplikasi. Sedangkan pertanyaan kedua dijawab bahwa pembelajaran yang tepat bagi anak usia dini dengan menerapkan metode shauthiyyah dimana anak diperkenalkan pengenalan huruf hijaiyyah melalui suara bacaran seperti metode Iqra yang diulang hingga lancar serta diperkenalkan penulisan sederhana huruf melalui kartu misalnya.

Selesai  sesi diskusi acara dilanjutakan dengan sesi pengisian formulir monitoring kepuasan peserta yang telah disiapkan pihak fakultas. Acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan disampaikan bahwa panitia akan memberikan file-file permainan yang ditampilkan kepada semua peserta selain sertifikat keikutsertaan tentunya. Hal ini disambut antutias oleh semua peserta. Acara ditutup pukul 11.15 setelah semua rangkaian acara selesai.

(KM)

Scroll to Top