Menghadapi Era Pembelajaran Siber, Dosen PBA UNJ Selenggarakan Lokakarya Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Siber

Previous slide
Next slide

Dalam rangka merespons perkembangan pembelajaran berbasis siber, dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan lokakarya pembelajaran bahasa arab berbasis siber dengan tema “Peningkatan Kemampuan Berekspresi dan Berinovasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Siber”. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring pada hari Sabtu, 24 Juli 2021 melalui Zoom Cloud Meeting.

Lokakarya yang merupakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) tersebut dilaksanakan dengan menggandeng Musyawarah Gurur Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Arab DKI Jakarta. Ahmad Rojali, S.Ag. sebagai ketua MGMP menyampaikan bahwa kegiatan semacam ini sangat bermanfaat di saat pembelajaran masih harus dilaksanakan secara daring akibat pandemi Covid-19.

Lokakarya ini sendiri diisi langsung oleh dua pemateri yaitu Prof. Dr. Zuriyati, M.Pd. dan Ihwan Rahman Bahtiar, M.Pd. Pada kesempatan pertama, Ihwan menyampaikan materi gamifikasi pada pembelajaran bahasa Arab menggunakan aplikasi RPG Maker MV. Pada sesi ini pemateri memaparkan teori dasar penerapan gamifikasi pada pembelajaran bahasa Arab kemudian dilanjutkan dengan simulasi pembuatan permainan pembelajaran bahasa Arab sederhana menggunakan aplikasi RPG Maker MV. Pada sesi kedua, Zuriyati memaparkan pemanfaatan bahan ajar digital dalam pembelajaran bahasa Arab dan apresiasi sastra Arab.

Kegiatan ini ditutup dengan tanya jawab dan diskusi terkait pembelajaran bahasa Arab di era siber. Pada sesi diskusi ini Bangun Budi Satriyo salah satu peserta menyampaikan pertanyaan apakah mungkin tampilan permainan bahasa Arab dengan RPG Maker MV bisa disesuaikan karakternya dengan karakter Arab agar nilai budaya Arabnya dapat dirasakan siswa? Kemudian Nur Hikmah salah satu peserta lainnya bertanya bagaimana cara terbaik mengajarkan bahasa Arab kepada siswa yang merupakan generasi milenium? Tanya jawab ini kemudian menghasilkan kesimpulan dan harapan agar ada kegiatan lanjutan untuk mendalami pembelajaran bahasa Arab berbasis siber.

Menanggapi harapan peserta agar adanya tindak lanjut pelatihan, panitia memfasilitasi pembuatan video tutorial yang dapat diakses oleh peserta pada kanal YouTube Prodi Pendidikan Bahasa Arab UNJ.(admin).

Scroll to Top
  • https://ppdb.smpn2bumijawa.sch.id/
  • https://cbt.smpn2bumijawa.sch.id/
  • https://lpm.uluwiyah.ac.id
  • https://smash.warak.id/
  • https://gunungsari-desa.id/