Penutupan Program BIPA Musim Panas Universitas Negeri Jakarta dengan HTWG Konstanz, Jerman

Pada minggu pertama dan kedua Agustus 2022, telah dilaksanakan kegiatan Program BIPA Musim Panas Hochschule Konstanz-Technik, Wirtschaft und Gestaltung (HTWG) Konstanz, Jerman. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Universitas Negeri Jakarta dan HTWG Konstanz. Program diawali dengan pembukaan yang dilaksanakan pada 1 Agustus 2022.

Peserta kegiatan ini merupakan mahasiswa HTWG Konstanz yang berjumlah 23 orang. Seluruh rangkaian kegiatan dilaksanakan secara hibrid, dengan 15 mahasiswa mengikuti kegiatan secara luring dan 8 mahasiswa secara daring melalui layanan zoom meeting. Proses pembelajaran dilaksanakan selama dua minggu, mulai 2 Agustus hingga 12 Agustus.

Mengakhiri rangkaian program BIPA Musim Panas Konstanz University, pada Jumat, 12 Agustus 2022 telah dilaksanakan kegiatan Penutupan BIPA Musim Panas yang dilakukan secara luring di Gedung Dewi Sartika, ruang 408, lantai 4, Universitas Negeri Jakarta.

Kegiatan dihadiri oleh Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. (Dekan Fakultas Bahasa dan Seni UNJ), Dr. Dwi Kusumawardani, M.Pd. (Plh. Wakil Dekan I FBS UNJ), Drs. Krisanjaya, M.Hum (Wakil Dekan II Fakultas Bahasa dan Seni UNJ), Dr. Dinny Devi Triana, M.Pd. (Wakil Dekan III FBS UNJ), Dra. Ellychristina DH, M.Pd. (Koordinator Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNJ), Para pengajar BIPA Musim Panas; Etsa Purbarani, M.Pd., Reni Oktaviani, M.Pd., Hestiyani Parai, M.Pd., serta mahasiswa peserta Program BIPA Musim Panas HTWG Konstanz yang hadir secara luring.

Rangkaian penutupan diawali dengan sambutan dari Dekan Fakultas Bahasa dan Seni, Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. Beliau memberikan pesan kepada para peserta Program BIPA Musim Panas untuk menyebarkan pengalaman yang telah didapatkan selama di UNJ kepada teman-teman mahasiswa HTWG Konstanz. Segala hal yang bermanfaat, baik, menarik agar dapat diteruskan agar semakin bertambah peminat untuk Program BIPA Musim Panas ini. Ungkapan terima kasih dan bangga juga disampaikan untuk para mahasiswa HTWG Konstanz yang telah menyelesaikan program serta mampu mengikuti proses pembelajaran dan berpartisipasi dalam setiap kegiatannya.

Selanjutnya, Wakil Dekan II FBS UNJ, Drs. Krisanjaya, M.Hum. menyampaikan sambutan dengan menekankan kembali kepada peserta program BIPA Musim Panas untuk melanjutkan hal-hal baik yang telah diterima dan didapatkan di UNJ dapat disampaikan juga kepada mahasiswa lain di Jerman dan menyimpan dengan erat di dalam hati segala hal yang kurang berkenan selama di UNJ. Mengakhiri sambutannya Beliau menambahkan harapan untuk program ini akan terus berlanjut di tahun-tahun mendatang.

Dr. Ellychristina DH, M.Pd., Koordinator Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, melalui kesempatan ini memperkenalkan Prodi Pendidikan Bahasa Jerman UNJ kepada para mahasiswa HTWG Konstanz dan beliau merasa sangat senang mendapat kesempatan bertemu dengan para peserta.

Ungkapan terima kasih juga disampaikan oleh Jannis, perwakilan mahasiswa HTWG Konstanz program BIPA Musim Panas. Jannis menyampaikan sepatah kata kepada Universitas Negeri Jakarta atas pengalaman serta pembelajaran yang diterimanya selama program Musim Panas ini. “Semoga kerja sama antara UNJ dengan HTWG Konstanz akan terus berlanjut dan begitu juga dengan program ini” tutur Jannis.

Di akhir kegiatan, Fakultas Bahasa dan Seni UNJ memberikan kenang-kenangan yang dapat membantu peserta untuk terus belajar bahasa Indonesia. Kenang-kenangan tersebut berupa buku bahan pembelajaran BIPA untuk pelajar yang diterbitkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Setiap peserta akan diberikan buku BIPA sesuai dengan level kemampuan berbahasa Indonesia mereka serta berdasarkan permintaan langsung dari para peserta. Penyerahan kenang-kenangan diberikan kepada setiap peserta oleh Dekan FBS, Wakil Dekan I FBS, Wakil Dekan II FBS, Koordinator Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, serta pengajar Program BIPA Musim Panas. (hp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.