Pembukaan Program BIPA Musim Panas UNJ dengan Konstanz University Jerman

Pada 1 Agustus 2022, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta melakukan kegiatan pembukaan Program BIPA Musim Panas Konstanz University, Jerman. Kegiatan dilaksanakan secara luring yang bertempat di Aula Latief Gedung Dewi Sartika lantai 2. Pembukaan ini dihadiri oleh Rektor Universitas Negeri Jakarta, Prof. Dr. Komarudin, M.Si., Wakil Dekan Bidang Akademik, Prof. Dr. Suyono, M.Si., Dekan Fakultas Bahasa dan Seni, Dr. Liliana Muliastuti, Para Wakil Dekan FBS, Para ketua lembaga, para Koordinator Program Studi di lingkungan FBS, serta pengajar program BIPA. Selain itu, kegiatan ini juga dilakukan secara daring melalui zoom meeting dengan menghadirkan Head of Southeast Asia Studies, Konstanz University, Jerman, Prof. Christian von Lubke, Pengajar Bahasa Indonesia di Konstanz University, Ibu Andi Nurhaina dan Ibu Komang, serta para Koordinator Program Studi di lingkungan Fakultas Bahasa dan Seni.

Mengawali kegiatan, Ibu Liliana Muliastuti, Dekan FBS, menyampaikan bahwa program ini sudah berjalan selama dua tahun. Sebelumnya program ini dilaksanakan secara daring. Namun pada tahun 2022, program ini dapat dilaksanakan secara luring, di Universitas Negeri Jakarta. “Sejak dibuka program ini pada tahun pertama (2020), pesertanya mencapai 8 orang. Pada tahun kedua (2021) pesertanya sebesar 6 orang. Sedangkan pada tahun ketiga (2022), berbeda dengan sebelumnya, pada tahun ini terjadi peningkatan peserta mencapai sebanyak 23 orang” Ungkap Ibu Liliana Muliastuti.

Selanjutnya, Ibu Liliana melanjutkan bahwa Program ini akan melibatkan dua program studi di FBS, yaitu Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman. Melalui Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, para peserta BIPA akan mendapatkan pengalaman belajar Bahasa Indonesia. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia, kelas mereka akan dirancang dengan menyenangkan dan aktif sehingga para peserta tidak merasa bosan dan aktif berpartisipasi dalam setiap topik pembelajaran. Sedangkan bersama Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, para mahasiswa Konstanz akan menjadi native speaker bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman. Dengan melibatkan para mahasiswa UNJ, diharapkan para mahasiswa UNJ akan mendapatkan pengalaman berharga dapat berbicara langsung dengan peserta BIPA Konstanz.

Prof. Dr. Komarudin, M,Si., Rektor Uiversitas Negeri Jakarta, membuka acara dengan diawali berkenalan terlebih dahulu bersama para peserta BIPA Konstanz. Selanjutnya, beliau menyampaikan terima kasih kepada para peserta BIPA konstanz serta seluruh dosen, tenaga kependidikan, dan pihak yang membantu serta mendukung kelancaran program ini. “Semoga dua minggu selama di UNJ, para peserta BIPA konstanz mendapatkan pengalaman berharga tidak hanya dalam belajar bahasa Indonesia, tetapi juga dalam mengenal seni dan budaya Indonesia” harap Prof. Dr. Komarudin, M.Si.

Beralih ke Jerman, Prof. Christian juga memberikan sambutan dengan menyampaikan bahwa ia sangat senang dengan program ini, khususnya pada tahun ini, dapat dilaksanakan secara luring di Universitas Negeri Jakarta. “Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pimpinan UNJ yang telah melaksanakan program ini. Saya yakin melalui program ini, para peserta BIPA Konstanz akan mendapatkan pengalaman yang sangat berharga selama di Indonesia” kata Prof. Christian. Beliau juga mengapresiasi UNJ atas dukungan dan pelaksanaan yang sangat baik sehingga kegiatan ini dapat terlaksana.

Susunan acara selanjutnya, sepatah kata dari salah satu mahasiswa Konstanz University, Rumesya Efilti, perwakilan mahasiswa Konstanz. Ia mengungkapkan bahwa ia dan seluruh mahasiswa Konstanz University sangat senang dapat ikut program BIPA di Indonesia. Ia juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada seluruh pihak di UNJ yang menerima mereka dan akan memberikan pengalaman belajar di UNJ.

Mengakhiri kegiatan, seluruh pimpinan UNJ, Para peserta pembukaan yang hadir, serta mahasiswa Konstanz melakukan foto bersama untuk mendokumentasikan kegiatan pembukaan program ini. Selanjutnya para mahasiswa Konstanz akan melanjutkan kegiatan bersama para pengajar BIPA untuk mendapatkan orientasi pembelajaran BIPA selama 2 minggu akan datang (HP).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.