Torehkan Prestasi Internasional, Fakultas Bahasa dan Seni Ukir Kebanggaan dalam Wisuda Universitas Negeri Jakarta T.A. 2020/2021

Torehkan Prestasi Internasional, Fakultas Bahasa dan Seni Ukir Kebanggaan dalam Wisuda Universitas Negeri Jakarta T.A. 2020/2021

Masih menjalani momen wisuda dalam situasi pandemi Covid-19, euforia para wisudawan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta (FBS UNJ) semester Genap T.A. 2020/2021 tetap membahana. Wisuda bukan hanya tentang selebrasi tetapi juga sebagai pembuktian atas hasil dari sebuah perjuangan menyelesaikan satu jenjang pendidikan. Ini menjadi ikon awal langkah wisudawan mendedikasikan segala ilmu dan pengalaman mereka bagi masyarakat sebagai seorang profesional muda yang mampu mengepakkan sayapnya demi merengkuh masa depan dan memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara.

Perhelatan wisuda UNJ digelar secara hybrid, yaitu luring di Gedung Olah Raga Kampus B UNJ dan daring melalui Zoom Meet pada 13 Oktober 2021. Segenap jajaran Senat, Guru Besar, dan pimpinan UNJ hadir dalam acara wisuda yang juga mengundang Wakil Ketua MPR RI, Ketua Komisi X DPR RI, Ketua Komisi III DPD RI, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden RI sekaligus Ketua Dewan Penyantun UNJ dan para anggota Dewan Penyantun UNJ, Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan Bidang Komunikasi dan Politik sekaligus Ketua IKA UNJ beserta para pengurus IKA UNJ, Ketua Dewan Pengawas UNJ dan para anggota Dewan Pengawas, Plt. Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Kemdikbudristek RI, Ketua Yayasan Akademik Olahraga Prestasi Nasional (Akornas), Gubernur DKI Jakarta, Kapolda Metro Jaya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta, Konsultan PTNBH UNJ, Kepala BPH Labshool Cirende, serta para Rektor 12 LPTK se-Indonesia.

Sebagai apresiasi, hadir pula secara luring para wisudawan terbaik dari 8 fakultas dan Program Pascasarjana di lingkungan UNJ. Pada semester genap ini, FBS mewisuda 381 mahasiswa dari 13 program studi, yaitu Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Jerman, Pendidikan Bahasa Prancis, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Tari, Pendidikan Musik, Pendidikan Bahasa Jepang, Pendidikan Bahasa Mandarin, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, dan Magister Pendidikan Bahasa Inggris. Wisudawan FBS tersebut terdiri dari  374 mahasiswa Program Sarjana dan 7 mahasiswa Program Magister.

Mengawali sesi sidang terbuka wisuda, hadirin disuguhkan penampilan elegan Tari Merak, persembahan dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Tari FBS yang senantiasa memeriahkan rangkaian wisuda setiap semesternya. Rektor UNJ, Prof. Dr. Komarudin, M.Si. dalam sambutannya menyapa dan mengucapkan selamat kepada 3.069 wisudawan UNJ semester genap T.A 2020/2021 yang telah menyelesaikan program Diploma, Sarjana, Magister, dan Doktor. Tema yang diangkat dalam wisuda adalah “Strategi Percepatan Universitas Negeri Jakarta menuju PTNBH”. Komarudin menyampaikan bahwa UNJ dari hari ke hari semakin menunjukkan perkembangan ke arah yang lebih baik sehingga mendekatkan mimpi UNJ untuk menjadi PTNBH. “Guna mewujudkan langkah ini, UNJ telah merancang dan melaksanakan lima strategi UNJ menuju PTNBH yaitu penguatan kelembagaan, penguatan sistem pembelajaran, penguatan riset dan pengabdian masyarakat yang berdampak kepada masyarakat dan negara, perluasan kontribusi dan misi kemanusian sebagai tanggung jawab sosial perguruan tinggi, dan perluasan jejaring kerja sama,” kata Komarudin.

Ia meambahkan bahwa UNJ terus mengukir prestasi-prestasi seperti pengukuhan 25 Guru Besar terbanyak secara nasional yang mendapatkan berbagai apresisasi dari masyarakat. Di bidang kemahasiswaan, tercatat 401 prestasi mahasiswa UNJ yang telah diraih dalam kurun waktu Januari sampai dengan September 2021. Sumbangsih prestasi ini didominasi oleh FBS dengan prestasi tingkat internasional dan FIO dengan prestasi tingkat nasional. Prestasi dari FBS dipersembahkan oleh Mutiara Fadila Haren, Nabilah Maharani, Endaru Dwi Rahayu, Ari Nugroho Jati dan Haris Sakadian dari Progran Studi Pendidikan Tari sebagai juara 1 World Cup of Folklore Veliko Tarnovo Bulgaria IV 2021. Selain itu, Rania Particia Merry dari Program Studi Pendidikan Musik, tak kalah hebatnya, memenangkan juara 1 Grand Music Festival Competition 2021. Prestasi mahasiswa FBS ini sungguh membanggakan dan sangat memotivasi dan tak dipungkiri, FBS selalu mengharumkan nama UNJ di kancah internasional dalam setiap momen wisuda.

Prestasi lain dari FIO diraih pada Pagelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, 2 Oktober 2021 hingga 15 Oktober 2021 yang lalu. Sebanyak 78 mahasiswa, 84 alumni, dan 23 dosen UNJ berpartisipasi dalam ajang bergengsi tingkat nasional ini. Para atlit mahasiswa dan alumni UNJ berhasil menyumbangkan total 49 medali emas, 31 medali perak, dan 34 medali perunggu. Ucapan selamat dan apresiasi yang disampaikan oleh Bapak Rektor tentunya akan selalu menjadi penyemangat bagi mahasiswa UNJ khususnya FBS untuk tak henti-henti mendulang prestasi dan kegemilangan.

Di akhir sambutannya, Komarudin berpesan, “Tugas pendidikan sesungguhnya adalah membangun keteladanan kebijaksanaan (akhlak). Hal ini harus diposisikan di atas IPTEKS, terlebih dalam menghadapi tantangan era disrupsi saat ini. Dengan kesarjanaan yang diraih dan dikukuhkan hari ini, semoga semakin menguatkan keluhuran akhlak kita, terdepan dalam membela kaum yang lemah dan membutuhkan, dan dapat berkontribusi untuk bangsa serta negara. Selanjutnya, semoga Allah SWT meridhoi niat dan langkah kita memajukan UNJ menuju kampus PTNBH yang bereputasi di Kawasan Asia.”

Sesi wisuda dipermanis dengan persembahan musik oleh Rania Patricia Merry, yang memainkan seuntai instrumen piano, Sonata no.3 Op 46 1st movemenst -Allegro con moto. Lantunan melodi bercerita tentang keadaan Perang Dunia II di Uni Soviet yang segera berakhir, dan dimainkan dengan tidak sabar, cerah, cepat dan ringan dengan suasana perang ala Soviet. Dentingan sang pianis memanifestasikan perjuangan para mahasiswa pada masa kuliah hingga berhasil mencapai tahap akhir, yaitu seremoni wisuda.

Sebagai puncak apresiasi bagi wisudawan, Prof. Dr. Suyono, M.Si., Wakil Rektor Bidang Akademik UNJ, melaporkan kelulusan dan mengumumkan wisudawan terbaik dari 8 fakultas dan Program Pascasarjana pada sesi penghujung. Lulusan terbaik FBS, Mei Lusiana Sitorus dari Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris, mewakili seluruh wisudawan FBS, menerima penghargaan berupa medali yang disematkan langsung oleh Rektor UNJ. Mei meraih Indeks Prestasi Akhir (IPA) 3,94 dan predikat kelulusan: Pujian. Rasa haru dan bangga menggelayuti prosesi pengalungan medali kepada para wisudawan terbaik lainnya dari seluruh jenjang. Tak hanya Rektor, jajaran pimpinan dan Senat UNJ juga memberikan ucapan selamat kepada mereka.

Sesi wisuda diakhiri dengan pengumandangan ikrar wisudawan dan penyerahan wisudawan kepada Ikatan Alumni UNJ. Teriring pula ucapan terima kasih yang disampaikan oleh perwakilan wisudawan kepada seluruh sivitas akademika UNJ, yang telah mengantarkan mereka ke gerbang awal kesuksesan di masa depan.

Rangkaian agenda wisuda dilanjutkan dengan prosesi penyerahan ijazah kepada para wisudawan di fakultas masing-masing. Selamat kepada seluruh wisudawan! Jagalah nama baik dan nama besar UNJ, tataplah hari esok dengan penuh rasa optimisme, siap menghadapi kompetisi dunia! (ren)