Gravitasi FBS 2021, FBS Generasi Peraih Medali PIMNAS

Gravitasi FBS 2021, FBS Generasi Peraih Medali PIMNAS

Pada 2 Oktober 2021, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta (FBS UNJ) menggelar Grand Launching Gebyar Kreativitas Ilmiah (Gravitasi) secara virtual melalui zoom meeting. Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FBS, Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd., Wakil Dekan III, Dr. Dinny Devi Triana, M.Pd., Tim Pengembang Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, para koordinator program studi di lingkungan FBS,  dosen pembimbing BEM, Ketua dan anggota BEM FBS, para mahasiswa FBS, serta peserta Grand Launching Gravitasi FBS 2021. Kegiatan yang diusung oleh FBS ini bertujuan untuk memberikan umpan kepada para mahasiswa agar ke depannya, bisa meneruskan prestasi  yang telah diraih oleh FBS dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

Kegiatan dibuka dengan laporan Ketua Gravitasi FBS 2021, Farid Alfarabi. Dalam laporannya, Farid menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk memotivasi peserta dan memberikan pancingan agar mahasiswa gemar mengekspresikan gagasan atau ide-idenya sehingga menjadi sebuah inovasi  yang dituangkan dalam karya ilmiah. Implikasinya, para mahasiswa dapat berpartisipasi dalam kegiatan PIMNAS. Eep Saifulhaq, mewakili Ketua BEM FBS dalam sambutannya mengemukakan, “Situasi covid-19 yang masih melanda hingga saat ini menyebabkan mahasiswa merasa terkekang karena mereka harus melakukan pembelajaran dari rumah. Akibatnya, produktivitas mahasiswa pun serasa terpenjara karena terbatasnya mobilitas untuk beraktivitas optimal. Oleh karena itu, melalui kegiatan ini, kami memfasilitasi teman-teman untuk terus berinovasi dan berprestasi.”

Ibu Dinny, punggawa Bidang Kemahasiswaan FBS selanjutnya berharap agar kegiatan yang bersifat penalaran seperti ini akan semakin diminati oleh para mahasiswa untuk melahirkan semakin banyak proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang layak diikutsertakan dalam PIMNAS hingga tingkat nasional demi mengharumkan nama UNJ. “Sebagai tahap awal dalam penulisan proposal, saya sarankan untuk menulis esai terlebih dahulu sehingga ide akan muncul sebagai stimulus dan jika mewakili, berpotensi untuk dilombakan di tingkat nasional. Hal ini tentunya menjadi pemikiran awal dalam penulisan proposal yang baik,” tambah Ibu Dinny.

Apresiasi disampaikan oleh Ibu Dekan kepada peserta Gravitasi FBS, panitia kegiatan, dan terutama kepada para narasumber yang akan memberikan bimbingannya kepada peserta. Ibu Liliana kemudian meresmikan peluncuran utama kegiatan Gravitasi UNJ 2021 dengan doa agar kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan kandidat-kandidat mahasiswa luar biasa yang mampu bersaing.

Narasumber hebat didapuk untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa FBS berkaitan dengan penulisan karya tulis ilmiah. Testimoni dari 3  tim mahasiswa UNJ  yang telah meraih juara PIMNAS pada 2020 mengisi sesi lanjut. Ketiga tim tersebut masing-masing diwakili oleh Revo Mauldi dari tim ‘E-Balita’ dengan dosen pembimbing Dr. Umiatin M.Si.; Ulfatun Widiastuti dari tim ‘The Free Hajj’ dengan dosen pembimbing Winda Dewi Listyasari, M.Pd.; serta Axel Siregar dengan dosen pembimbing Eka Nurcahyani, M.Hum. Mereka dengan antusias menceritakan pengalamannya menyusun karya ilmiah serta menjalani masa bimbingan dengan dosen. Tips and tricks tak lupa diutarakan oleh dosen pembimbing pada sesi ini agar para peserta dapat meneruskan langkah-langkah sukses seniornya.

Acara inti Gravitasi, yaitu diskusi PKM bersama para narasumber, mewarnai agenda selanjutnya. Diskusi dimoderatori oleh Siti Pujawati Nurmalasari, Peringkat I Mahasiswa Berprestasi UNJ tahun 2021. Sedangkan narasumber dalam kegiatan ini ialah Aam Amaningsih Jumhur, Ph.D., Dr. Happy Karlina Marjo, M.Pd., dan Prasetyo Wibowo, S.T., M.Eng. Ketiga narasumber memaparkan tentang jenis-jenis PKM yang dapat diikuti oleh mahasiswa, panduan penyusunan karya ilmiah, serta tips untuk meraih medali dalam kegiatan PIMNAS. 2 tips jitu yang harus diperhatikan adalah kekuatan presentasi dan poster. Khususnya dari UNJ, bidang yang bisa dikuasai adalah bidang bahasa dan seni yang memiliki peluang besar. Selain itu, mental juara juga menjadi kunci utama yang mutlak dimiliki oleh mahasiswa agar mampu mendulang sukses dalam PIMNAS.

Pengalaman UNJ menduduki peringkat 20 besar pada PIMNAS 2020 bukan pencapaian yang instan tetapi pencapaian ini telah melalui upaya maksimal yang didukung oleh seluruh komponen UNJ. Hal ini tidak hanya membanggakan secara pribadi mahasiswa namun juga semakin menggaungkan nama UNJ secara eksternal.

Pada sesi paparan, para narasumber menjelaskan ide-ide unik yang dapat disusun menjadi proposal dan memberikan saran dan rekomendasi agar proposal tersebut dapat didanai. Tips yang diberikan adalah dengan melakukan penelitian pecahan dari penelitian dosen. Atau jika mahasiswa sudah memiliki ide, bisa didiskusikan dengan dosen pembimbing untuk mengulas kembali kebaharuan ide tersebut. Tips lainnya dalam penyusunan proposal, mahasiswa harus berpedoman pada panduan agar dapat melahirkan karya tulis yang tersusun secara sistematis. Kekuatan prposal harus benar-benar dicermati sebab 20% penilaian tergantung dari poin ini.

Proposal juga harus memiliki unsur inovasi dan kreativitas yang tinggi agar memperbesar peluang pendanaan. Mahasiswa wajib memperbanyak aktivitas membaca dengan merujuk pada referensi yang mendukung studi literatur terkait ide-ide mereka agar dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi disamping untuk mengetahui apakah ide tersebut pernah diteliti sebelumnya. Keterkaitan antara ide dan dana penelitian harus berkorelasi dan relevan. Para reviewer akan melihat korelasi dan relevansi ini melalui bentuk dan proses penelitian yang akan dilaksanakan. Misalnya, jika dana yang diusulkan terlalu rendah dibandingkan dengan tingkat kebutuhan penelitian, maka yang terjadi, penelitian tersebut akan terhenti. Hal-hal semacam ini tentunya akan menjadi penilaian utama para reviewer ketika mereka menentukan kelayakan karya ilmiah yang diusulkan.

Kegiatan paparan juga diikuti dengan diskusi bersama para narasumber. Diskusi berlangsung sangat interaktif terbukti dari pertanyaan-pertanyaan kritis yang diajukan oleh mahasiswa. Penjelasan narasumber atas pertanyaan-pertanyaan tersebut sangat bermanfaat dan menjadi pendorong semangat bagi mahasiswa untuk segera berkarya menelurkan gagasan-gagasan kreatif dan inovatif yang akan dituangkan dalam karya tulis ilmiah. Kegiatan Gravitasi menjadi ajang pembibitan calon-calon peneliti muda yang andal dan siap berkompetisi secara nasional dan global membawa nama besar UNJ, meraih medali dan menjadi pemenang dalam kegiatan PIMNAS. Pada penghujung sesi, panjatan doa disampaikan, “Semoga kegiatan Gravitasi dapat memotivasi mahasiswa, khususnya mahasiswa FBS, untuk terus produktif menghasilkan luaran karya tulis ilmiah yang berkualitas dan memiliki daya kompetisi tinggi di tingkat nasional bahkan internasional. (hp/ren).Hesti Parai (hp)