“FBS STAR”, Mahasiswa Baru FBS, CAKRAWALA Dunia

“FBS STAR”, Mahasiswa Baru FBS, CAKRAWALA Dunia

Sebagai puncak kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) T.A. 2021/2022, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS)  menghelat dengan meriah FBS STAR yang sekaligus menjadi penutup kegiatan PKKMB tingkat fakultas. FBS STAR dilaksanakan pada Minggu, 22 Agustus 2021 secara daring melalui zoom meet. Kegiatan dihadiri oleh Dekan beserta jajarannya, Koordinator Program Studi, Dosen Pembimbing BEM, para dosen, Pengurus BEM fakultas dan program studi, Himpunan Mahasiswa, Ketua Pelaksana beserta panitia, serta 752 mahasiswa baru FBS.

Kegiatan dibuka dengan doa sebagai ucapan syukur atas karunia nikmat sehat yang telah diberikan oleh Allah SWT dan permohonan agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar. Lagu Indonesia Raya, Mars UNJ, dan Mars FBS selanjutnya mengalun dalam semangat jiwa para undangan dan peserta. Alvin Haria Putra, Ketua Pelaksana PKKMB FBS, dalam sambutannya berharap agar para mahasiswa baru dapat segera menyesuaikan diri sebagai bagian dari FBS dan menjadi mahasiswa CAKRAWALA: Cerdas, Aktif, Kreatif, dan ber-Wawasan Luas. “Tantangan mahasiswa di era baru saat ini adalah tanggung jawab yang lebih besar. Konsistensi dalam bertanggung jawab akan menghasilkan output yang diharapkan. Masuk ke dunia kampus adalah masa transisi yang sangat kontras. Mahasiswa baru dituntut banyak hal, khususnya yang berkaitan dengan tanggung jawab. Pesan saya, tetap semangat jaga selalu nama baik fakultas dan jadikan acara ini acara yang bisa dimaksimalkan untuk mengenal kampus, budaya, dan aktivitas di fakultas,” tutup Alvin dalam prakatanya.

Ketua Umum Badan Eksekutif Mahasiswa FBS, Rizki Dewanto membuka sambutannya dengan mengapresiasi ketua pelaksana dan seluruh panitia atas terlaksananya kegiatan PKKMB dengan baik. Ucapan terima kasih, khususnya disampaikan kepada pimpinan fakultas yaitu Dekan dan Wakil Dekan III FBS yang telah mendukung dan membimbing para pantia selama berlangsungnya kegiatan. Serta tidak kalah spesial, para mahasiswa baru yang dengan antusias mengikuti rangkaian PKKMB dari awal hingga akhir.  “PKKMB online pertama kali diadakan tahun lalu. Alhamdulillah kegiatan ini masih berlanjut hingga tahun ini. Hal ini karena PKKMB adalah media yang sangat baik untuk kalian mengenal kampus. Kegiatan ini merupakan gerbang awal menjadi mahasiswa yang sebenarnya. Di kampus, kalian akan mengenal Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu: Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian Pada Masyarakat. Setelah kedua poin awal Tridharma Perguruan Tinggi, kita tidak boleh melupakan Tridharma yang ketiga, Pengabdian Pada Masyarakat karena kita dididik di kampus untuk kembali kepada masyarakat, menjadi calon pemimpin, menjadi sosok-sosok yang berpengaruh di negeri ini. Selamat memulai petualangan-petualangan kalian di FBS UNJ!” pesan Rizki sebagai motivasi untuk mahasiswa baru FBS. Tak ketinggalan, ibu Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd., Dekan FBS, memberikan apresiasinya kepada seluruh panitia dan mahasiswa baru. Sukses acaranya dan sehat selalu!” ujar Ibu Lili.

Sesi Talkshow Mawapres mengikuti agenda selanjutnya yang menghadirkan narasumber Mawapres tahun 2017, 2019, dan 2020, berturut-turut yaitu Heri Samtani, M. Ikrom Azzam, dan Aditya Gilang Rumpaka. Sementara itu, Siti Pujawati Nirmalasari, Mawapres 2021 dari Program Studi Pendidikan Musik memandu acara sebagai moderator talkshow. Ketiga narasumber memberikan tips-tips serta saran kepada mahasiswa baru dalam menghadapi dunia perkuliahan. Para narasumber juga memotivasi mahasiswa baru untuk mencetak prestasi tidak hanya di tingkat fakultas tetapi hingga ke universitas bahkan nasional dan internasional.

Sesuai nama kegiatan ini yaitu FBS STAR, maka puncak acara ditandai dengan pemberian apresiasi dalam “Award Peserta” bagi bintang-bintang mahasiswa baru di program studinya masing-masing. Kategori penghargaan pertama adalah Video Kreasi Program Studi Terfavorit. Penilaian kategori ini berdasarkan jumlah like terbanyak pada Instagram dan ketentuan-ketentuan lain yang ditetapkan. Berikut urutan penghargaan Kategori Video Kreasi Program Studi Terfavorit:

Video Kreasi Terfavorit 1 : Program Studi Pendidikan Tari, dengan 685 likes

Video Kreasi Terfavorit 2 : Program Studi Pendidikan Musik, dengan 590 likes

Video Kreasi Terfavorit 3 : Program Studi Sastra Inggris, dengan 402 likes

Kategori penghargaan selanjutnya adalah Mahasiswa Baru Terbaik Pria, yang diberikan kepada Abdul Malik Siregar dari Program Studi Pendidikan Tari diikuti dengan kategori penghargaan Mahasiswa Baru Terbaik Wanita yang jatuh kepada Fathin Difani dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Penilaian kategori ini didasarkan pada kesesuaian dalam pemenuhan tugas yang diberikan.

Kegiatan ditutup dengan kesan dan pesan oleh para mahasiswa baru. Para mahasiswa baru menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah memandu kegiatan dengan baik sehingga PKKMB berjalan meriah dan menyenangkan. Melalui kegiatan ini, para mahasiswa baru memperoleh wawasan dan materi yang sangat memotivasi sehingga mereka mampu menyelesaikan semua penugasan yang diberikan oleh panitia dengan baik. Penugasan tersebut tentunya sangat bermanfaat dalam membekali mahasiswa baru memasuki dunia kampus yang dinamis dan kompetitif, sarat dengan semangat kolaboratif untuk mencapai target optimal. Ucapan selamat dan ungkapan motivasi juga saling bergayung sambut di antara mahasiswa baru atas kesuksesan masing-masing memasuki dunia universitas, UNJ. Semoga mahasiswa baru FBS bisa menjadi duta penerus estafet nama besar FBS UNJ dalam pencapaian prestasi di bidang bahasa, sastra, dan seni di kancah nasional maupun internasional. Rengkuhlah cakrawala dunia dengan kepakkan sayap prestasi kalian. Selamat dan sukses!  (hp/ren)