Sambut Mahasiswa Baru Fakultas Bahasa dan Seni dalam Pengenalan Kehidupan Kampus: “Mahasiswa Baru Penerus Estafet Perjuangan dan Cita-Cita Bangsa”

Sambut Mahasiswa Baru Fakultas Bahasa dan Seni dalam Pengenalan Kehidupan Kampus: “Mahasiswa Baru Penerus Estafet Perjuangan dan Cita-Cita Bangsa”

Selamat datang Mahasiswa Baru Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta (FBS UNJ) TA. 2021/2022!  Penyambutan kepada mahasiswa baru ini digelar dengan semarak dan penuh suka cita  dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang dilaksanakan secara berkesinambungan mulai dari tingkat universitas, fakultas, hingga program studi. Sejalan dengan semangat mahasiswa baru memasuki jenjang pendidikan lanjut, FBS menyelenggarakan kegiatan PKKMB tingkat fakultas pada 18 Agustus 2021 secara daring melalui zoom meeting yang dihadiri oleh sejumlah 812 undangan dan peserta, terdiri atas Dekan beserta jajarannya, Koordinator Program Studi, dosen pembimbing Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Koordinator Layanan, Pengurus BEM fakultas dan program studi, serta seluruh mahasiswa baru FBS. Rangkaian acara penyambutan mahasiswa baru dan pengenalan kegiatan kampus ini dirancang oleh BEM di bawah konsolidasi dan koordinasi Wakil Dekan III FBS, Dr. Dinny Devi Triana, M.Pd., yang menggawangi bidang Kemahasiswaan.

Sebelum kegiatan dimulai, hadirin disuguhi dengan tampilan puisi, musik, serta tarian tradisi yang dipersembahkan oleh mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia, Pendidikan Musik, dan Pendidikan Tari. Ini merupakan kekhasan FBS yang dalam setiap momen kegiatan selalu menonjolkan apresiasi terhadap karya-karya mahasiswanya. Tak ketinggalan, Mars FBS turut diperdengarkan setelah berkumandangya Lagu Indonesia Raya.

Kegiatan PKKMB dibuka dengan pembacaan doa oleh perwakilan panitia agar dapat berjalan lancar, serta panjatan doa untuk para pemimpin negara, pemimpin universitas, seluruh civitas akademika UNJ, serta mahasiswa baru UNJ,  agar dapat menjadi generasi yang lebih baik lagi ke depannya.  Ketua BEM 2021, Rizki Dewanto, mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, mengawali sesi PKKMB dengan ucapan selamat bergabung kepada para mahasiswa baru di kampus tercinta Fakultas Bahasa dan Seni.  “Mahasiswa bukanlah kutu buku yang tidak mengenal lingkungan di sekitarnya. Mahasiswa bukan hanya mengejar IPK atau angka yang menjadi simbol bahwa mereka bisa menyandang gelar siswa yang maha. Mahasiswa  bukan hanya bicara perkara mengejar gelar sarjana atau untuk mencari pekerjaan yang bisa membuat kaya. Sejatinya mahasiswa lebih dari itu. Mahasiswa adalah agent of change, sang pembawa perubahan, merekalah yang menjadi pelaku social control, sang pengendali tatanan kehidupan sosial.  Mereka pula yang bertindak sebagai moral force atau pembentuk moral dan merekalah iron stock yang akan meneruskan estafet perjuangan demi meneruskan cita-cita bangsa,” pesan dan harap Rizki kepada para mahasiswa baru.

Ucapan selamat datang dan motivasi untuk menumbuhkan kebanggaan terhadap almamater disampaikan pula oleh Dekan FBS, Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. Apresiasi tinggi diutarakan kepada para panitia PKKMB yang selalu bersemangat melaksanakan PKKMB di tengah pandemi, serta atas untaian sambutan Ketua BEM yang memberikan wawasan kepada mahasiswa baru tentang makna dan tanggung jawab moral seorang mahasiswa. Pada sesi in pula, Dekan FBS memperkenalkan seluruh jajaran pimpinan dan dosen pembimbing BEM serta para Koordinator Layanan  dan seluruh tenaga kependidikan di lingkungan FBS. Adapun para Pimpinan selain Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, dan Wakil Dekan III yang diperkenalkan, Ibu Dekan juga menyapa seluruh Koordinator Program Studi mulai dari Program Studi tertua, yaitu Koordinator Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Prancis, Pendidikan Bahasa Jerman, Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Tari, Pendidikan Musik, Pendidikan Bahasa Jepang, Pendidikan Bahasa Mandarin, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, dan Sastra Inggris. Di akhir sambutannya, Ibu Dekan berpesan, “Kuliah tidak hanya di dalam kelas tetapi juga aktif dalam organisasi karena keterampilan mengelola konflik,  mengelola kesabaran,  serta pembelajaran soft skill lainnya  tidak diperoleh di dalam kelas tetapi melalui pengalaman berorganisasi yang kesemuanya akan sangat bermanfaat bagi lulusan ketika terjun di masyarakat.”

Selain sesi penyambutan dan perkenalan, para peserta juga dibekali dengan wawasan tentang layanan di Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, serta layanan di Bidang Umum, khususnya terkait sarana dan prasarana, melalui sesi pemaparan materi yang masing-masing disajikan dengan gamblang oleh Fatihah, S.Pd. selaku Koordinator Layanan Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan, serta Ria Ester Novita, S.S. selaku Koordinator Layanan Administrasi Umum. Tujuan dari pemaparan materi ini agar mahasiswa baru mendapatkan gambaran secara menyeluruh tentang fasilitas pembelajaran serta jenis dan prosedur layanan sehingga mereka mengetahui kewajiban dan hak-haknya dalam lingkup akademik. Untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta, penyajian materi disertai pula dengan evaluasi yang diberikan pada akhir sesi.

Kegiatan PKKMB fakultas ditutup dengan sesi foto bersama dan ucapan selamat dan sukses kepada panitia untuk kegiatan PKKMB tingkat program studi pada tahap selanjutnya. Seluruh peserta, sangat bersemangat dan antusias mengikuti rangkaian acara dari hari ke hari. “Sukses selalu untuk mahasiswa baru, bersama mengukir prestasi, mengharumkan nama FBS di kancah nasional dan internasional, serta terus belajar agar menjadi lulusan yang kompetitif di era global. Semoga pandemi berlalu dan kita dapat segera bertemu dan bertatap muka di kampus kita tercinta Fakultas Bahasa dan Seni,” Liliana menutup acara. (hp/ren)