Pelatihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (PKMP) Program Studi Pendidikan Tari 2019

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Program Studi (Prodi) Pendidikan Tari Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyelenggarakan Kegiatan Pelatihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (PKMP). PKMP Prodi Pendidikan Tari diselenggarakan selama 3 hari, pada 18-20 Oktober 2019. Peserta PKMP merupakan mahasiswa baru Prodi Pendidikan Tari dan dilaksanakan di Studio Tari, Gedung Dewi Sartika, Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Hari pertama, 18 Oktober 2019, kegiatan dimulai pukul 17.00 WIB dengan pengondisian peserta PKMP serta pengecekan atribut dan barang bawaan peserta oleh panitia. Kemudian latihan untuk apel pembukaan PKMP dipimpin oleh penanggung jawab apel. Setelah istirahat dan salat magrib peserta PKMP yang dibagi menjadi beberapa kelompok mempresentasikan materi Pengabdian Kemasyarakat. Sekitar pukul 21.30 WIB, kegiatan presentasi kelompok selesai dan peserta PKMP dipersilakan untuk beristirahat.

Hari kedua, 19 Oktober 2019, kegiatan PKMP dimulai dengan apel pembukaan PKMP yang dilaksanakan pukul 07.00 WIB. Setelah itu, diisi dengan sambutan ketua BEM Prodi Pendidikan Tari oleh Ananda Nabilah, sambutan pembimbing BEM Prodi Pendidikan Tari oleh Dra. Nursilah, M.Si., dan terakhir sambutan Koordinator Prodi Pendidikan Tari oleh Dr. Dwi Kusumawardani, M.Pd., sekaligus membuka kegiatan PKMP Prodi Pendidikan Tari. Pada hari tersebut ada 3 pemateri yang memberikan mahasiswa materi, yaitu Ketua BEM UNJ 2019, M.Abdul Basit, memberikan materi Kepemimpinan dan Public Speaking disampaikan oleh Ketua BEM FBS 2019, Rizky Andika Darmawan, memberikan materi Kepekaan Sosial, dan Luciana Amelia dari FE memberikan materi Mekanisme Pemilu.

Hari ketiga, 20 Oktober 2019, kegiatan dimulai pukul 06.15 WIB dengan senam pagi. Kemudian peserta PKMP sarapan dan menerima materi hari terakhir PKMP. Pada hari ini ada 2 pemateri yaitu Nur Devi Vani dari FMIPA memberikan materi Mekanisme Sidang dan KaDeptAdvokasi BEM UNJ 2019, Naufal Ario Wibowo, memberikan materi Manajemen Advokasi. Setelah istirahat, salat, dan makan siang, peserta dikumpulkan untuk kegiatan gim, lalu kegiatan pengenalan alumni Prodi Pendidikan Tari dari angkatan 2013-2017. Setelah evaluasi kegiatan secara keseluruhan, kegiatan PKMP Prodi Pendidikan Tari 2019 selesai. (SO)