TARIAN KOLOSAL MEMBUKA ACARA PEKAN OLAHRAGA MAHASISWA NASIONAL (POMNAS) 2019

Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) diselenggarakan pada Kamis, 19 September 2019 di Gelanggang Olah Raga (GOR) Soemantri Brojonegoro, Jakarta Selatan. Pukul 19.00 WIB, POMNAS 2019 resmi dibuka. Pembukaan ajang POMNAS ke-16 ini dihadiri beberapa tamu kehormatan yang terdiri atas perwakilan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, perwakilan Menteri Pemuda dan Olahraga, dan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia.

Acara pembukaan POMNAS dibuka dengan tarian kolosal yang menggambarkan keberagaman Indonesia. Sebanyak 600 lebih penari yang terdiri atas mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Tari, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ), mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNJ, mahasiswa Prodi Tata Rias UNJ, Unit Kesenian Mahasiswa (UKM) UNJ, Sanggar Sri Budaya, Sanggar Ratna Sari, pelajar SMP Negeri 52 Jakarta, pelajar SMK 57 Jakarta, dan pelajar SMA 44 Jakarta.

Rangkaian tarian tradisional yang ditampilkan saat pembukaan POMNAS yaitu tari Ondel-ondel dari Betawi, tari Pakarena dari Sulawesi, tari Kreasi Kalimantan, tari Legong dari Bali, tari Padang Ulan dari Jawa Timur, tari Rampak Galembong dari Sumatera Barat, tari Yamko Rambe Yamko dari Papua, dan Pencak Silat. Beberapa Dosen Prodi Pendidikan Tari dan Pendidikan Musik FBS UNJ terlibat sebagai penanggung jawab dan panitia pada acara pertunjukan tari kolosal di pembukaan POMNAS tersebut. Dosen-dosen yang terlibat antara lain Drs. Ida Bagus Ketut Sudiasa, M.Sn., sebagai Art Director, Romi Nursyam, S.Sn., M.Sn., sebagai Project Leader and Choreographer, B.Kristiono Soewardjo, S.E., S.Sn., M.Sn., sebagai Choreographer, Dra. Nursilah, M.Si., sebagai Tata Busana dan Rias, Dr. Rien Safrina, Ph.D. sebagai Music Director, R.M.Aditya , S.Pd., M.Sn., sebagai Arranger.