Prodi Pendidikan Tari Meraih Prestasi di Forum AP2SENI

Pelaksanaan Kongres II Asosiasi Prodi Pendidikan Seni, Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik) Indonesia (AP2SENI), Seminar dan Festival/Lomba Seni Mahasiswa diadakan di Fakultas Seni dan Desain (FSD) Universitas Negeri Makassar (UNM) pada 18-21 Juli 2019. Kegiatan ini dihadiri oleh 13 Prodi Sendratasik, 7 Prodi Pendidikan Musik, dan 7 Prodi Pendidikan Tari. Prodi yang menghadiri kongres tersebut berasal dari beberapa perguruan tinggi, antara lain UNJ, UNNES, UNILA, UNLAM, UNY, UNIMA, UNESA, UNMUH Tasikmalaya, Universitas Palangkaraya, Universitas Tanjung Pura, UPI, UNTIRTA, UNMED, UNSYAH, UM, UNM, IAKN, PGRI Banjarmasin, dan UNP.

Kongres tersebut dilaksanakan sekali dalam 2 tahun ini merupakan pertemuan antaranggota dan membicarakan program kegiatan AP2SENI seperti kurikulum Prodi Pendidikan Musik, Prodi Pendidikan Tari, Prodi Pendidikan Sendratasik dan Teater, seminar, workshop, festival seni, dan kegiatan lainnya. Kongres tersebut juga membahas pergantian pengurus AP2SENI untuk periode 2019-2020 dan peninjauan AD/ART AP2SENI terkait isu-isu terbaru tentang asosiasi Prodi.

Hari pertama, Kamis 18 Juli 2019 peserta Kongres II AP2SENI yang datang dari berbagai daerah melakukan registrasi. Setelah registrasi, acara Malam Ramah Tamah pada pukul 20.00-22.00 WITA. Hari kedua, Jumat 19 Juli 2019, pembukaan dan sambutan Rektor UNM. Pembicara utama dalam acara tersebut dari Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Hari ketiga, Sabtu 20 Juli 2019 diadakan Pemilihan Pengurus AP2SENI periode 2019-2022. Hasil dari kongres tersebut, menetapkan  bahwa Dosen dari Prodi Pendidikan Tari UNJ, Dr. Elindra Yetti, M.Pd., sebagai Ketua Umum AP2SENI periode 2019-2022 dan Koordinator Prodi (Koorprodi) Pendidikan Tari UNJ, Dr. Dwi Kusumawardani, M.Pd., sebagai Divisi Pendidikan.

Festival/Lomba Seni (vokal, tari, dan monolog), diikuti oleh mahasiswa dari Prodi Sendratasik seluruh Indonesia. Prodi Pendidikan Tari UNJ diwakili oleh 2 mahasiswa angkatan 2018, Irsyad Naufal Harits dan Mega Suryanti mengikuti Lomba Tari Berpasangan. Tarian yang dibawakan berjudul Demen de Demenan. Sinopsis tarian ini menceritakan kisah cinta antara seorang Jawara Betawi bernama Malih dengan Rohayeh, gadis cantik dari daerah Kemayoran yang belum lama ditemuinya. Sekeras-kerasnya Bang Malih melawan kompeni, ia tidak akan mampu, tetapi jika disentuh hatinya pasti akan luluh dan tidak berdaya. Lalu hubungan dekat terjalin antara Malih dan Rohayeh. Hasil dari Festival/Lomba Seni tersebut, Prodi Pendidikan Tari UNJ mendapatkan juara 1 dalam Lomba Tari Berpasangan dan acara tersebut berakhir. Hari keempat, Minggu 21 Juli 2019 peserta AP2SENI kembali ke daerah masing-masing. Mulai dari sambutan tuan rumah, lalu dukungan yang sangat luar biasa dari jajaran Dekan dan Rektorat UNM terhadap penyelenggaraan AP2SENI ini terlihat dari pelayanan dan fasilitas yang diberikan kepada seluruh delegasi yang menghadiri segala rangkaian acara di FSD UNM. Kesan tersebut disampaikan Koorprodi Pendidikan Tari UNJ, Dr. Dwi Kusumawardani, M.Pd., setelah menghadiri Kongres II AP2SENI tersebut. (SO)