Karyawisata Siswa SMP IT Al-Fawwaz ke Program Studi Pendidikan Tari UNJ sebagai Ajang Motivasi Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi

[easingslider id=”353″]

Pada Senin, 22 April 2019, pukul 10.00-12.00, di Aula Gedung S Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Program Studi Pendidikan Tari menerima kunjungan siswa dari SMP IT Al-Fawwaz, Cikarang. Rombongan SMP IT Al-Fawwaz yang terdiri atas 100 orang siswa kelas VII dan 10 orang guru pendamping tersebut melaksanakan karyawisata ke UNJ. Kepala rombongan SMP IT Al-Fawwaz, Aang Darojat, S.Pd., menyampaikan bahwa karyawisata tersebut bertujuan untuk mengenalkan lingkungan perguruan tinggi kepada siswa secara lebih dekat dan nyata, sehingga siswa semakin termotivasi untuk mempersiapkan diri dalam melanjutkan pendidikan, khususnya ke perguruan tinggi negeri dan salah satunya adalah UNJ.

Karyawisata tersebut dibuka dengan pemberian sambutan oleh Wakil Dekan III FBS, Dr. Syamsi Setiadi, M.Pd., yang dilanjutkan dengan penyampaian informasi terkait profil UNJ oleh Koordinator Program Studi Pendidikan Tari, Dr. Dwi Kusumawardani, M.Pd. Selain itu, Bapak Aang Darojat sebagai Kepala Rombongan Karyawisata dan Kunjungan SMP IT Al-Fawwaz juga menyampaikan sambutan serta ucapan terima kasih atas diterimanya rombongan siswa di kampus UNJ. Selanjutnya, dilakukan sesi tanya jawab oleh para siswa. Pertanyaan-pertanyaan siswa tentang sejarah berdirinya UNJ dijawab oleh Koordinator Prodi Pendidikan Tari. Dosen Mata Kuliah Kritik Tari tersebut memaparkan bahwa pada awalnya UNJ merupakan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di Universitas Indonesia. Kemudian, FKIP tersebut berdiri sendiri menjadi sebuah institut yang disebut Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta dan berkembang menjadi sebuah universitas yang sekarang dikenal sebagai Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Beliau juga memaparkan berbagai jalur penerimaan mahasiswa baru di UNJ yang meliputi SNMPTN, SBMPTN, SPMB, serta program beasiswa. Pada sesi tanya jawab, Wakil Dekan III FBS, Dr. Syamsi Setiadi, M.Pd., juga memaparkan tentang beberapa keunggulan yang akan didapatkan oleh mahasiswa yang mengenyam pendidikan, khususnya di perguruan tinggi negeri di Indonesia. Keunggulan tersebut terutama meliputi kualitas pendidikan yang didapat dan besaran biaya yang dikeluarkan selama masa pendidikan. Rangkaian acara pertama dari rombongan karyawisata SMP IT Al-Fawwaz diakhiri dengan pemberian cenderamata oleh pihak SMP IT Al-Fawwaz kepada Koorprodi Pendidikan Tari FBS UNJ.

Setelah beramah-tamah dan bertanya jawab dengan Wakil Dekan III FBS UNJ serta Koorprodi Pendidikan Tari, rombongan karyawisata SMP IT Al-Fawwaz mengunjungi beberapa kelas untuk mengamati kegiatan perkuliahan mahasiswa Program Studi Pendidikan Tari yang tengah melaksanakan Ujian Tengah Semester (UTS). Kelas pertama yang dikunjungi adalah Kelas Mata Kuliah Tari Sulawesi. Di kelas tersebut, para siswa SMP IT Al-Fawwaz menyaksikan penampilan mahasiswa semester enam yang sedang melaksanakan UTS praktik menari. Setelah mengunjungi Kelas Mata Kuliah Tari Sulawesi, siswa mengunjungi Kelas Mata Kuliah Iringan Tari Sunda dan turut menikmati penampilan mahasiswa semester dua yang tengah melaksanakan UTS praktik memainkan gamelan langgam Sunda. Karyawisata pun diakhiri dengan aktivitas memainkan gamelan Sunda oleh para siswa SMP IT Al-Fawwaz yang dipandu oleh Dosen Mata Kuliah Iringan Tari Sunda, Bapak Ojang Cahyadi, S.Sn., M.Pd.