STRUKTUR KURIKULUM

  1. A. Kurikulum Reguler
  2. Struktur
No Kelompok Mata Kuliah SKS
1. Mata Kuliah Umum (MKU) 18
2. Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK) 12
3. Mata Kuliah Program Studi (MKPS)
3.1.   Mata kuliah bidang keahlian dan penunjang (MBKP) 100
3.2.   Mata kuliah pembelajaran (MKP) 14
JUMLAH 144
  1. Sebaran
No Kode MK Mata Kuliah SKS SEMESTER
1 2 3 4 5 6 7 8
A.  Mata Kuliah Umum (MKU)
1 0005-312-3 Pendidikan Agama 3 3
2 0005-112-2 Pancasila 2 2
3 0005-114-2 Bahasa Indonesia 2 2
4 0005-106-2 Pendidikan Kewarganegaraan 2 2
5 0005-113-2 Bahasa Inggris 2 2
6 0005-107-2 IAD/ISBD* 2 2
7  2415-294-3 Praktik Lapangan Persekolahan (PLP) 3  3
8  2415-293-2 Coding dan Big Data 2 2
Sub Jumlah 18 7 8  3
B. Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK)
9 0005-213-4 Landasan Ilmu Pendidikan 4 4
10 0005-215-2 Perkembangan Peserta Didik 2 2
11 0005-214-4 Teori Belajar dan Pembelajaran 4 4
12 0005-212-2 Sistem Pendidikan 2 2
Sub Jumlah 12 4 2 4 2
C. Mata Kuliah Program Studi
C.1. Mata Kuliah Bidang Keahlian dan Penunjang
13 2415-011-2 Gambar Bentuk 2 2
14 2415-145-2 Gambar Teknik 2 2
15 2415-245-2 Nirmana 2 Dimensi 2 2
16 2415-188-2 Aplikasi Komputer 2 2
17 2415-058-2 Tipografi 2 2
18 2415-086-2 Sejarah Seni Rupa Timur 2 2
19 2415-120-2 Sketsa 2 2
20 2415-246-2 Nirmana 3 Dimensi 2 2
21 2415-201-2 Seni Grafis 2 2
22 2415-026-2 Bahan dan Proses 2 2
23 2415-129-2 Gambar Anatomi Plastis 2 2
24 2415-093-2 Ragam Hias 2 2
25 2415-085-2 Sejarah Seni Rupa Barat 2 2
26 2415-092-2 Komunikasi Visual 2 2
27 2415-221-2 Teori Seni 2  2
28 2415-051-2 Gambar Model 2 2
29 2415-138-2 Kriya  Keramik 2 2
30 2415-196-2 Kriya Tekstil 2 2
31 2415-287-2 Budaya Visual 2 2
32 2415-228-2 Seni Lukis 2 2
33 2415-216-2 Desain Komunikasi Visual 2 2
34 2415-111-2 Desain Produk 2 2
35 2415-029-2 Desain Tekstil 2 2
36 2415-067-2 Fotografi 2 2
37 2415-066-2 Ilustrasi 2 2
38 2415-227-2 Multimedia 2 2
39 0002-519-2 Filsafat Ilmu 2 2
40 2415-229-2 Seni Patung 2 2
41 2415-278-2 Professional Internship 1 (Instuktur) 2 2
42 2005-201-2 Metodologi Penelitian Seni Rupa 2 2
43 2415-226-2 Videografi 2 2
44 2415-279-2 Kriya Bahan Alam dan Sintetik* 2 2
45 2415-140-2 Kriya Kulit*
46 2415-136-2 Kriya Kayu*
47 2415-257-2 Kewirausahaan Industri Kreatif 2  2
48 2415-071-2 Pameran Seni Rupa 2 2
49 2415-186-2 Pendidikan Multikultur 2 2
50 2415-212-2 Manajemen Seni 2 2
51 2415-274-1 KKL 1 1
52 2415-251-3 Sosiologi seni 2 2
53 2415-252-2 Psikologi Seni 2 2
54 2415-082-2 Kritik Seni 2 2
55 2415-298-3 Pengantar Penelitian Seni Rupa Murni** 3 3
56 2415-299-3 Pengantar Penelitian Seni Rupa Desain**
57 2415-300-3 Pengantar Penelitian Seni Rupa Kriya**
58 2415-301-3 Pengantar Penelitian Seni Rupa Pengkajian***
59 2415-243-4 Studio Desain** 4 4
60 2415-242-4 Studio Murni**
61 2415-244-4 Studio Kriya**
62 2415-302-4 Lab Riset Seni Rupa***
63 2415-278-2 Professional Internship  2 (Manager) 2 2
64 2005-100-2 Estetika 2 2
65 2415-303-4 Perencanaan Skripsi Penciptaan** 4 4
66 2415-304-4 Perencanaan Skripsi Pengkajian***
67 2415-307-6 Skripsi Penciptaan** 6 6
68 2415-306-6 Skripsi Pengkajian***
C.2. Mata Kuliah Pembelajaran
69 2415-205-2 Pengantar Pendidikan Seni Rupa 2 2
70 2415-258-4 Perencanaan, Pelaksanaan, dan Penilaian Pembelajaran Seni Rupa 4 4
71 2415-207-2 Media Pembelajaran Seni Rupa 2  2
72 2415-254-2 Kurikulum dan Model Pembelajaran Seni Rupa 2 2
73 2415-128-2 Microteaching 2 2
74 2415-218-2 Pembelajaran Seni Terpadu 2 2
Sub Jumlah 114 23 22 22 22 21 19 9 6
 TOTAL 144

Keterangan:

Teori

Praktik

(*)      Pilihan wajib 1 mata kuliah berdasarkan peminatan

(**)    Pilihan wajib 1 mata kuliah hanya bagi peminat skripsi penciptaan

(***)   Pilihan wajib 1 mata kuliah hanya bagi peminat skripsi pengkajian

  1. Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

 

  1. Stuktur Kurikulum MBKM
No Kelompok Mata Kuliah SKS
1 Mata Kuliah Umum (MKU) 15
2 Mata Kuliah Dasar Pendidikan (MKDK) 12
3 Mata Kuliah Program Studi (MKPS) 58
4 Mata kuliah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)
4.1. Mata kuliah magang di sekolah 20
4.2. Mata kuliah luar prodi dalam perguruan tinggi (LPDPT) 20
4.3. Mata kuliah magang praktik industri 20
JUMLAH 145

 

b. Sebaran
No Kode MK Mata Kuliah SKS SEMESTER
1 2 3 4 5 6 7 8
1.  Mata Kuliah Umum (MKU)
1 0005-312-3 Pendidikan Agama 3 3
2 0005-112-2 Pancasila 2 2
3 0005-114-2 Bahasa Indonesia 2 2
4 0005-106-2 Pendidikan Kewarganegaraan 2 2
5 0005-113-2 Bahasa Inggris 2 2
6 0005-107-2 IAD/ISBD* 2 2
7  2415-293-2 Coding dan Big Data 2 2
Sub Jumlah 15 7 8    
2. Mata Kuliah Dasar Pendidikan (MKDK)
8 Landasan Pendidikan 4 4
9 Perkembangan Peserta Didik 2 2
10 Teori Belajar dan Pembelajaran 4 4
11 Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PPTK) 2 2
Sub Jumlah 12 4 2 4 2
3. Mata Kuliah Program Studi (MKP)
3.1. Mata Kuliah Bidang Keahlian dan Penunjang
12 2415-011-2 Gambar Bentuk  dan Model 2 2
13 2415-145-2 Gambar Teknik 2 2
14 2415-245-2 Nirmana 2 2
15 2415-188-2 Aplikasi Komputer 2 2
16 2415-058-2 Tipografi 2 2
17 2415-086-2 Sejarah Seni Rupa 2 2
18 2415-120-2 Sketsa 2 2
19 2415-201-2 Seni Grafis 2 2
20 2415-026-2 Bahan dan Proses 2 2
21 2415-093-2 Ragam Hias 2 2
22 2415-221-2 Teori Seni 2 2
23 2415-138-2 Keramik 2 2
24 2415-196-2 Tekstil 2 2
25 2415-287-2 Budaya Visual 2 2
26 2415-228-2 Seni Lukis 2 2
27 2415-216-2 Desain Komunikasi Visual 2 2
28 2415-067-2 Fotografi 2 2
29 2415-066-2 Ilustrasi 2 2
30 2415-227-2 Seni Multimedia 2 2
31 0002-519-2 Filsafat Ilmu 2 2
32 2415-229-2 Seni Patung 2 2
33 2415-226-2 Videografi 2 2
34 2415-251-3 Sosiologi Seni 2 2
35 2415-082-2 Kritik Seni 2 2
36 Psikologi  Seni 2 2
37 2005-100-2 Estetika 2 2
38 2415-307-6 Skripsi Penciptaan** 6 6
39 2415-306-6 Skripsi Pengkajian***
Sub Jumlah 58 12 10 14 16       6
4. Mata Kuliah Kampus Merdeka (MKKM)
D.1. Magang di Sekolah  
40   Professional Internship 1 (Instuktur) 2 2
41   Microteaching 2 2
42   PKM/PPL 2 2
43   Pengantar Pendidikan Seni Rupa 2 2
44   Perencanaan, Pelaksanaan, dan Penilaian Pembelajaran Seni Rupa 4 4
45   Bahan ajar dan Media Pembelajaran Seni Rupa 2 2
46   Kurikulum dan Model Pembelajaran Seni Rupa 2 2
47   Pengantar dan Metodologi Penelitian Seni Rupa** Murni 4 4
48   Pengantar dan Metodologi Penelitian Seni Rupa** Desain
49   Pengantar dan Metodologi Penelitian Seni Rupa** Kriya
50   Pengantar dan Metodologi Penelitian Seni Rupa** Pengkajian
    Jumlah 20 20
C.2 Magang luar prodi dalam perguruan tinggi (LPDPT)
51 e-commers 2 2
52 Fashion Mode 2 2
53 Manajemen Pertunjukan 2 2
54 Public Speaking 2 2
55 Komunikasi Bisnis 2 2
56 Konstruksi Pola Busana 2 2
57 Neuroscience 2 2
58 Musik Pendidikan 2 2
59 Tari Pendidikan 2 2
60 Pengembangan Bahasa dan
Komunikasi bagi Anak Berkebutuhan
2 2
Jumlah 20 20
     
C.3. Magang Praktik Industri  
61 Professional Internship  2 (Manager) 2 2
62 KKL 2 2
63 Studio Desain** 4 4
64 Studio Murni** (
65 Studio Kriya** (rotan, logam, kulit, tekstil, serat, sintetik, kayu, bambu)
66 Lab Riset Seni Rupa**
67 Manajemen Seni Rupa 2 2
68 Pameran Seni Rupa 2 2
69 Kewirausahaan Seni 2 2
70 Wawasan Industri Kreatif 2 2
71 Perencanaan Penelitian Pengkajian Seni Rupa** 4 4
72 Perencanaan Penelitian Penciptaan Seni Rupa**
Jumlah 20 20
Sub Jumlah 60
 TOTAL 145 23 20 18 18 20 20 20 6

 

  1. Metode Penilaian
  2. Portofolio
  3. Prosentasi kehadiran (%)
  4. Responsi
  5. Simulasi
  6. Presentasi
  7. Praktek di dalam dan luar kampus
  8. Hasil karya
  9. Laporan/ makalah
  10. Pameran
  11. Ujian Tengah Semester (UTS)
  12. Ujian Akhir Semester (UAS)
Tingkat Penguasaan Nilai Bobot
86 – 100 A 4
81 – 85 A- 3,7
76 – 80 B+ 3,3
71 –  75 B 3
66 – 70 B- 2,7
61 – 65 C+ 2,3
56 – 60 C 2
51 – 55 C- 1,7
46 – 50 D 1
0 – 45 E 0
  1. Deskripsi Matakuliah
2415-011-2 Gambar Bentuk (Reguler) 2 SKS

 

Mata Kuliah gambar bentuk menunjukkan keterampilan dalam teknik menggambar dengan objek berbagai bentuk. Menguasai pengetahuan teori dan teknik gambar bentuk dan visualisasinya. Mengetahui berbagai media dan alat untuk memvisualisasikan dalam proses menggambar bentuk – bentuk dasar, perspektif, komposisi, karakter bahan dan terang gelap. Memberikan latihan menggambar bentuk dimulai dengan objek yang simple/ sederhana/ mudah sampai dengan bentuk – bentuk yang beragam. Bersikap mandiri dan bertanggung jawab secara rasional berdasarkan teori dan teknik yang digunakan terhadap penciptaan hasil karya.
 

2415-011-2

 

Gambar Bentuk dan Model (MBKM)

 

2 SKS

Mata Kuliah gambar bentuk dan Model merupakan matakuliah yang terdiri dari matakuliah gambar bentuk dan gambar model. Dalam materi gambar bentuk menunjukkan keterampilan dalam teknik menggambar dengan objek berbagai bentuk. Menguasai pengetahuan teori dan teknik gambar bentuk dan visualisasinya. Mengetahui berbagai media dan alat untuk memvisualisasikan dalam proses menggambar bentuk – bentuk dasar, perspektif, komposisi, karakter bahan dan terang gelap. Memberikan latihan menggambar bentuk dimulai dengan objek yang simple/ sederhana/ mudah sampai dengan bentuk – bentuk yang beragam. Bersikap mandiri dan bertanggung jawab secara rasional berdasarkan teori dan teknik yang digunakan terhadap penciptaan hasil karya. Dalam materi Gambar Model menunjukkan kemampuan kerja menggambarkan proporsi tubuh dan wajah manusia yang sesuai/tepat dengan arah sudut pandang modelnya. Ketepatan ditinjau dari aspek anatomi, karakter berdasarkan usia dan jenis kelaminnya melalui penguasaan teknik kering dan basah serta pengetahuan konsep atau teori dan teknik yang mendukung terbentuknya sikap mandiri, bertanggung jawab.
2415-245-2 Nirmana 2 Dimensi (Reguler) 2 SKS
Mata Kuliah Nirmana 2 Dimensi menunjukkan kemampuan kerja yang meliputi keterampilan teknik pengorganisasian unsur-unsur rupa melalui latihan  keterampilan teknis yang meliputi ilmu tata seni, tata visual atau tata rupa dengan memperhatikan kepekaan artistik dan kreativitas dalam bereksplorasi sesuai karakter bahan, alat, metode, menjadi karya desain dua dimensi menyusun unsur-unsur seni rupa dan prinsip-prinsip desain sehingga memiliki penguasaan pengetahuan dasar, konsep atau teori tentang bahasa rupa meliputi unsur-unsur rupa dan prinsip seni rupa sebagai dasar-dasar seni dan desain yang artistik yang mendukung terbentuknya sikap mandiri, bertanggung jawab dalam menampilkan karya dasar dua dimensi untuk berkomunikasi melalui bahasa visual dua dimensional.
  Nirmana (MBKM) 2 SKS
Mata Kuliah Nirmana menunjukkan kemampuan kerja yang meliputi keterampilan teknik pengorganisasian unsur-unsur rupa melalui latihan  keterampilan teknis yang meliputi ilmu tata seni, tata visual atau tata rupa dengan memperhatikan kepekaan artistik dan kreativitas dalam bereksplorasi sesuai karakter bahan, alat, metode, menjadi karya desain dua dimensi menyusun unsur-unsur seni rupa dan prinsip-prinsip desain sehingga memiliki penguasaan pengetahuan dasar, konsep atau teori tentang bahasa rupa meliputi unsur-unsur rupa dan prinsip seni rupa sebagai dasar-dasar seni dan desain yang artistik yang mendukung terbentuknya sikap mandiri, bertanggung jawab dalam menampilkan karya dasar dua dimensi untuk berkomunikasi melalui bahasa visual dua dimensional.
2415-086-2 Sejarah Seni Rupa Timur (Reguler) 2 SKS
Mata kuliah Sejarah Seni Rupa Timur menunjukkan kemampuan memahami konsep perkembangan seni rupa secara historis dalam konteks lokal-global sehingga mampu mengapresiasi dan mengkaji latar sosio kultural dan nilai estetik dari Sejarah Seni Rupa Timur yang meliputi perkembangan Sejarah Seni Rupa Indonesia (masa Hindu, Budha, dan Islam), perkembangan Seni Rupa Mesopotamia, Mesir, Persia, India serta perkembangan Seni Rupa di Asia yang dipresentasikan secara lisan dan tertulis sesuai kaidah akademik.
2415-120-2 Sketsa (Reguler/MBKM) 2 SKS
Mata kuliah Sketsa menunjukkan kemampuan kerja mengungkapkan kesan perasaan suatu bentuk/objek yang unik dan artistik dalam ungkapan garis yang esensial, ekspresif dan spontan dengan berbagai media menggunakan teknik kering dan basah melalui penguasaan pengetahuan konsep atau teori dan teknik yang mendukung terbentuknya sikap mandiri, bertanggung jawab terhadap pencapaian hasil karya.
2415-205-2 Pengantar Pendidikan Seni Rupa (Reguler/MBKM) 2 SKS
Mata Kuliah Pengantar Pendidikan Seni Rupa menunjukkan kemampuan mengenali, memahami, menguasai, mengkaji, dan menerapkan pengetahuan tentang landasan filosofis, konsep, prinsip, fungsi, dan peran pendidikan seni rupa. Kajian mata kuliah meliputi: pengenalan potensi kreatif dan karakteristik karya seni rupa peserta didik berdasarkan perkembangan (periodisasi) serta tipologi seni rupa anak hingga dewasa. Mampu menggunakan pendekatan pengembangan instruksional untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik baik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan proses pembelajaran.  Mampu merancang metode dan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik di Indonesia dan mancanegara pada sektor formal dan non formal. Mampu mengamalkan sikap kritis, apresiatif, mandiri, dan bertanggungjawab atas tugas individual maupun kelompok.
2415-145-2 Gambar Teknik (Reguler/MBKM) 2 SKS
Mata Kuliah Gambar Teknik menginternalisasi semangat kemandirian, daya juang, dan kewirausahaan serta menjalankan semangat kerja dan kemampuan bekerjasama secara mandiri dalam penyelenggaraan pameran Gambar Teknik sekaligus pengamalan sikap bertanggungjawab juga profesional sebagai pendidik seni rupa. Kajian mata kuliah ini meliputi pengetahuan terkait fungsi Gambar Teknik serta penerapannya dalam merancang dan membuat Gambar Teknik secara manual maupun digital sesuai dengan prinsip perspektif gambar kerja produk. Penguasaan terhadap IT dalam menciptakan dan mempresentasikan nilai inovasi dan bisnis plan suatu desain gambar kerja produk berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur pembuatan gambar teknik. Mampu menganalisis elemen-elemen Gambar Kerja yang meliputi prinsip perspektif, bayangan, proyeksi, gambar kerja, detail irisan, detail gambar, penggunaan bahan, hingga perhitungan harga produk.
2415-058-2 Tipografi (Reguler/MBKM) 2 SKS
Mata kuliah Tipografi menunjukkan kemampuan kerja dalam membuat berbagai karakter jenis huruf, dan adanya kepekaan menggunakan typeface dalam mempelajari evolusi huruf sebagai sarana komunikasi dan informasi melalui pemahaman kelompok huruf, penguasaan konsep tentang karakteristik huruf yang dapat digunakan untuk memperkuat sebuah pesan melalui pemilihan jenis huruf, komposisi, dan warna yang tepat dengan memanfaatkan teknologi dan software pembuatan font sehingga mendukung terbentuknya sikap akademik yang kreatif, mandiri, dan bertanggung jawab terhadap pencapaian hasil kerja.
2415-246-2 Nirmana 3 Dimensi (Reguler) 2 SKS
Matakuliah Nirmana 3 Dimensi menunjukan kemampuan dalam mengolah dan menerapkan unsur-unsur rupa dan bentuk melalui eksplorasi material, dengan penekanan kepada ruang dan volume yang bersifat non-fungsional, orisinal dan unik berdasarkan prinsip-prinsip pengolahan rupa. Sehingga mampu melatih kepekaan estetik, pengenalan karakter bahan, pengolahan sisi, sudut dan permukaan pada karya tiga dimensional dan penyusunan bentuk pada konstruksi bidang, konstruksi masif, dan konstruksi rangka, serta pengaplikasian unsur-unsur rupa sebagai ungkapan ide visual pada karya secara kreatif, artistik dan menarik, sehingga mendukung terbentuknya sikap mandiri, bertanggung jawab dalam menampilkan karya dasar tiga dimensi untuk berkomunikasi melalui bahasa visual tiga dimensional.
2415-093-2 Ragam Hias (Reguler/MBKM) 2 SKS
Mata kuliah Ragam Hias memberikan kemampuan dalam mengkaji seni rupa Nusantara, memodifikasi, dan mengembangkan beragam motif dan pola ragam hias Nusantara dan Mancanegara berdasarkan ragam gaya, fungsi, simbol dan makna. Mata kuliah ini juga mengasah keterampilan peserta didik dalam mengimplementasikan dan memamerkan hasil karyanya pada pameran bersama secara bertanggung jawab, apresiatif dan mandiri.
2415-085-2 Sejarah Seni Rupa Barat (Reguler) 2 SKS
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki pengetahuan tentang konsep-konsep perkembangan sejarah seni rupa pra sejarah sampai post modern. Kajian mata kuliah ini meliputi: pra sejarah Eropa, Yunani dan Romawi, Kristen awal, Bizantium, Romanes, Gotik dan Renaisance (Renaisance, Barok, Rocco, hingga post modern). dengan mengkaji kepustakaan, melalui beragam sumber (buku dan internet) diskusi, dan membuat rangkuman.
2415-092-2 Komunikasi Visual 2 SKS
Mata kuliah Komunikasi Visual menampilkan kemampuan menulis wacana komunikasi dari teks-teks visual berdasarkan aturan penulisan ilmiah tertentu, menggambarkan pesan visual secara kreatif-komunikatif, dan mampu beradaptasi secara kritis-analitis, serta komunikatif terhadap problem komunikasi visual yang dihadapi, melalui penguasaan referensi pendekatan multidisiplin, antara lain psikologi persepsi, kognisi, persepsi visual, literasi visual, komunikasi, media, retorika visual, sosiologi, semiotika, dan narasi visual, serta teknik penggambaran visual sederhana, yang internalisasinya membentuk sikap terpelajar dan komunikatif dalam pengambilan keputusan berdasarkan analisis informasi dan data, serta mampu bertanggungjawab dalam memandu penyeleksian berbagai alternatif solusi wacana komunikasi visual, baik secara individual maupun kelompok.
                       Sejarah Seni Rupa (MBKM)                                                       2 SKS  
Mata kuliah Sejarah Seni Rupa ini terdiri dari dua pembahasan yakni Sejarah Seni Rupa Timur dan Sejarah Seni Rupa Barat. Mata Kuliah ini bertujuan agar  mahasiswa menunjukkan kemampuan memahami konsep perkembangan seni rupa secara historis dalam konteks lokal-global sehingga mampu mengapresiasi dan mengkaji latar sosio kultural dan nilai estetik dari Sejarah Seni Rupa Timur yang meliputi perkembangan Sejarah Seni Rupa Indonesia (masa Hindu, Budha, dan Islam), perkembangan Seni Rupa Mesopotamia, Mesir, Persia, India serta perkembangan Seni Rupa di Asia, pengetahuan tentang konsep-konsep perkembangan sejarah seni rupa pra sejarah sampai post modern. Kajian mata kuliah ini meliputi: pra sejarah Eropa, Yunani dan Romawi, Kristen awal, Bizantium, Romanes, Gotik dan Renaisance (Renaisance, Barok, Rocco, hingga post modern). dengan mengkaji kepustakaan, melalui beragam sumber (buku dan internet) membuat rangkuman, diskusi yang dipresentasikan secara lisan dan tertulis sesuai kaidah akademik.
2415-026-2 Bahan dan Proses (Reguler/MBKM) 2 SKS
Mata kuliah Bahan dan Proses memberikan kemampuan kerja pada mahasiswa berupa keterampilan dalam mengidentifikasi, mendokumentasi, mengolah, mengeksplorasi serta mempresentasikan hasil eksplorasi kreatif    melalui penguasaan konsep, prinsip, prosedur dari beragam karakteristik bahan berbasis kearifan lokal dan teknik pengolahan tepat guna dalam menciptakan karya Seni Rupa yang ramah lingkungan secara bertanggung jawab dan professional.
2415-129-2 Gambar Anatomi Plastis (Reguler) 2 SKS
Mata kuliah Gambar Anatomi Plastis menunjukkan kemampuan kerja yang meliputi keterampilan berbagai kreatifvitas dengan latihan teknik menggambar anatomi manusia meliputi pada usia dewasa, remaja dan anak-anak yang dikerjakan secara analog maupun digital pada era 4.0, dengan mengikuti standard operasional prosedur sehingga proses di dalam menggambar sangat memperhatikan pada aspek proporsi yang benar dengan otot-ototnya sinergi kepada struktur tulang-tulang badan manusia sehingga proporsional. Menggunakan teknik arsiran yang konsisten, unik, dan artistik melalui penguasaan pengetahuan dasar, dengan konsep atau teori dan teknologi drawing digital komputer kekinian yang mendukung terbentuknya sikap mandiri, bertanggung jawab serta mampu bekerjasama dalam mengelola team di dalam menampilkan hasil karya pada pameran kekinian.
2415-216-2 Desain Komunikasi Visual (Reguler/MBKM) 2 SKS
Mata kuliah Desain Komunikasi Visual memberikan kemampuan dalam mengkaji, merancang dan mencipta produk DKV secara mandiri, kreatif dan profesional berdasarkan pengembangan fungsi, tujuan melalui penguasaan konsep, prinsip dan prosedur yang dipresentasikan secara lisan dan tertulis sehingga terbentuk sikap akademis yang bertanggungjawab.
2415-067-2 Fotografi (Reguler/MBKM) 2 SKS
Mata kuliah fotografi menunjukkan kemampuan kerja yang meliputi keterampilan teknik memotret dan eksplorasi seni dan desain foto secara manual ataupun digital dalam proses produksi yang memperhatikan kreativitas di dalam penciptaan karya yang tidak lepas dari konsep fotografi Rules of Third dan Triangle of Exposure. Penguasaan pengetahuan dasar diawali dengan penguasaan kamera, perlengkapan studio, Triangle of Exposure, komposisi, white balance, dan kemampuan editing dasar maupun digital imaging yang nantinya mampu menghasilkan foto dengan berbagai jenis-jenis karya fotografi. Kemampuan memvisualkan karya dan melihat objek sebagai satu tema fotografi menjadi bagian dari proses berkarya fotografi sehingga mampu bekerjasama dengan tim maupun mengelola studio fotografi sehingga mahasiswa dapat menampilkan hasil karyanya dalam pameran fotografi.
2415-066-2 Ilustrasi (Reguler/MBKM) 2 SKS
Mata kuliah Ilustrasi menunjukkan kreatifvitas dan kemampuan kerja dalam berbagai ide gagasan membuat gambar ilustrasi sebagai sarana mengkomunikasikan sesuatu informasi melalui penguasaan bahasa visual, dengan menggunakan teknik analog atau digital  di era 4.0 yang sesuaikan dengan standard operasional prosedur aplikatif sehingga terbentuk sikap akademis yang kreatif, mandiri, dan bertanggung jawab atas karyanya.
0002-519-2 Filsafat Ilmu (Reguler/MBKM) 2 SKS
Mata kuliah Filsafat Ilmu menunjukkan kemampuan kerja dalam menggali pengetahuan melalui pengenalan konsep teoretis dengan memanfaatkan IPTEKS di dalam menyelesaikan masalah. Kajian mata kuliah meliputi penguasaan pengetahuan tentang hakikat filsafat ilmu serta penerapannya, mengembangkan cara berpikir kritis, dimensi logika, etika dan estetika serta mampu mengidentifikasi karakteristik ilmu melalui analisis ontologis, epistemologis dan aksiologis sebagai pengantar metode ilmiah. Menerapkan kemampuan manajerial dalam mengambil keputusan berdasarkan kerja sama dengan menganalisis informasi dan data serta penalaran dan logika di dalam membangun asumsi. Mempraktikkan kriteria kebenaran melalui sikap tanggung

jawab pada tugas sendiri maupun kelompok yang membentuk sikap mandiri, bertanggung jawab dan cepat merespon sebagai penerapan sumber pengetahuan, sumber kebenaran, dan metode ilmiah melalui sarana berpikir ilmiah.

2415-258-4 Perencanaan, Pelaksanaan, dan Penilaian Pembelajaran Seni Rupa (Reguler/MBKM) 4 SKS
Mata kuliah perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran seni rupa menunjukkan kemampuan kerja yang meliputi; kemampuan menerapkan teori-teori pembelajaran dengan keterampilan dan kreativitasnya dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian yang relevan dengan karakteristik peserta didik sesuai kurikulum pendidikan formal dan non formal yang mendukung terbentuknya sikap mandiri, bertanggungjawab serta profesional sebagai pendidik seni rupa.
2415-254-2 Kurikulum dan Model Pembelajaran Seni Rupa (Reguler/MBKM) 2 SKS
Matakuliah Kurikulum dan Model Pembelajaran Seni Rupa menunjukkan kemampuan menerapkan konsep, menggunakan kurikulum, model pembelajaran seni rupa formal dan non formal, mengidentifikasi dan menganalisis kurikulum seni budaya serta menganalisis model pembelajaran sesuai kebutuhan masa kini dan kemajuan teknologi dan informatika yang mendukung terbentuknya sikap mandiri, bertanggungjawab dan profesional sebagai pendidik seni rupa.
2415-051-2 Gambar Model (Reguler) 2 SKS

 

Mata Kuliah Gambar Model menunjukkan kemampuan kerja menggambarkan proporsi tubuh dan wajah manusia yang sesuai/tepat dengan arah sudut pandang modelnya. Ketepatan ditinjau dari aspek anatomi, karakter berdasarkan usia dan jenis kelaminnya melalui penguasaan teknik kering dan basah serta pengetahuan konsep atau teori dan teknik yang mendukung terbentuknya sikap mandiri, bertanggung jawab.
2415-138-2 Kriya Keramik (Reguler) 2 SKS

 

Mata kuliah Kriya Keramik menunjukkan kreativitas dan kemampuan praktik pembuatan kriya keramik yang meliputi pengembangan ide-ide kreatif, keterampilan dalam pembentukan dan dekorasi kriya keramik secara manual atau semi masinal dalam proses produksi kriya keramik melalui penguasaan pengetahuan dasar, konsep atau teori, fungsi dan teknologi keramik yang memperhatikan aspek keselamatan kerja serta mampu mempresentasikannya secara lisan dan tertulis sesuai kaidah ilmiah sehingga terbentuk sikap akademis yang apresiatif dan mandiri, bertanggung jawab, memiliki jiwa wirausaha dan mampu bekerjasama dalam mengelola studio keramik serta pameran kriya keramik.
2415-196-2 Kriya Tekstil (Reguler) 2 SKS

 

Mata kuliah Kriya Tekstil menunjukkan kemampuan kerja dalam mengapresiasi dan   memproduksi karya kriya berbahan tekstil dengan beragam teknik melalui penguasaan teori, wawasan serta prosedur praktik sehingga mampu mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan kriya tekstil untuk menghasilkan karya yang memiliki manfaat bagi masyarakat. Mata kuliah ini memotivasi peserta didik agar memiliki kemampuan untuk mempresentasikan secara lisan dan tertulis karyanya sesuai kaidah akademis sehingga terbentuk sikap apresiatif, mandiri, bertanggung jawab, dan memiliki jiwa wirausaha, serta mampu bekerjasama dalam menyelenggarakan pameran kriya tekstil yang berkualitas.
2415-029-2 Desain Produk (Reguler) 2 SKS

 

Mata kuliah Desain Produk akan memberikan pengetahuan dasar tentang cara menyusun langkah-langkah merencanakan desain produk berdasarkan kajian produk sebagai benda pakai konsumsi umum, peraga pendidikan, dan mengajarkan pada sektor pendidikan yang meliputi buku ajar untuk mata pelajaran seni budaya di sekolah menengah. Mata kuliah ini akan mempersiapkan mahasiswa untuk dapat membuat benda produk, buku ajar, baik untuk konsumsi umum maupun untuk dunia pendidikan. Selain berorientasi pada level akademik, mata kuliah ini juga diorientasikan pada level professional. Pada level akademik, pembahasan materi akan difokuskan pada prosedur-prosedur penciptaan dan pengajaran desain produk, sementara pada level keterampilan teknis pembahasan materi akan ditekankan pada praktik penciptaan desain produk.
2415-227-2 Multimedia (Reguler/MBKM) 2 SKS

 

Mata Kuliah ini memberikan sebagai pengetahuan dasar multimedia yang mengimplementasikan 5 komponen (audio, video, animasi, teks, image, hyperlink). Pada mata kuliah ini mahasiswa diberikan dasar-dasar animasi 2 dimensi, manipulasi, dan aplikasi-aplikasi yang terkait seperti android, Virtual Reality, dan Augmented reality menjadi satu bahan kajian materi multimedia. Perkuliahan akan lebih banyak membahas media-media yang ada, media yang disesuaikan era revolusi industri 4.0, serta menelaahnya dan mengembangkan ide-ide media yang menarik untuk dijadikan media pembelajaran.
2415-278-2 Professional Internship 1 (Instruktur) (Reguler/MBKM) 2 SKS

 

Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki pengalaman lapangan/ empiris sebagai instruktur seni rupa dalam kegiatan mempersiapkan materi pembelajaran, merancang, mengembangkan, memanfaatkan, dan mengelola serta mengevaluasi program, proses, dan produk seni rupa serta industri kreatif di lembaga pendidikan non formal secara lebih intensif dan terprogram.
2415-226-2 Videografi (Reguler/MBKM) 2 SKS

 

Mata Kuliah Videografi menunjukkan kemampuan kerja yang meliputi keterampilan teknik pengambilan gambar secara komprehensif, pemilihan lokasi, storyboard, pembagian tugas kerja proses pra produksi, produksi dan manipulasi dalam paska produksi dengan aplikasi editing video yang tepat dengan dukungan teori fotografi yang mumpuni dalam proses produksi media videografi yang memperhatikan aspek alur pekerjaan, keselamatan kerja dan kreatifitas didalam penciptaan karya videografi yang unik, artistik dan komunikatif melalui penugasan pengetahuan dasar, konsep atau teori dan teknologi alat videografi dengan kualitas tinggi yang mendukung terbentuknya sikap mandiri, bertanggungjawab dan jiwa wirausaha serta mampu bekerjasama dalam mengelola studio videografi dan menampilkan hasil karyanya baik dan di implementasi secara virtual baik itu dalam bentuk video seni, media belajar maupun film. Hasil interpretasi kemampuan mahasiswa ditunjukkan dengan dilakukannya kegiatan Visual Art Award dengan melakukan pemutaran film pendek yang berbasis kepada media pembelajaran.
2415-186-2 Pendidikan Multikultur  (Reguler/MBKM) 2 SKS

 

Mata kuliah Pendidikan Multikultural menunjukkan kemampuan mengkaji secara komprehensif konsep dan orientasi teoritis Pendidikan Multikultural, Seni Budaya Nusantara dan Mancanegara agar mampu mengidentifikasi pemikiran yang bias, permasalahan multikultur, keunikan komunikasi silang budaya dan sistem nilai, agar mampu menganalisa atau mereview hasil-hasil kajian berdasarkan perkembangan teori pendidikan multikultural yang dipresentasikan secara lisan dan tertulis sesuai kaidah akademik sehingga mampu mengimplementasikan sikap toleran, peduli dan humanis dalam kehidupannya.
2005-100-2 Estetika (Reguler/MBKM) 2 SKS

 

Mata kuliah Estetika menunjukkan kemampuan mengkaji secara komprehensif dasar-dasar filosofis, historis, sosio-kultural dari teori dan konsep dasar Estetika Barat dan Timur melalui kemampuan berpikir analitik dengan berbagai pendekatan seni sehingga terbentuk sikap apresiatif terhadap nilai-nilai estetis, pengalaman estetis, ekspresi, kreativitas para seniman dan karya seninya dalam bidang seni rupa, seni tari, seni musik, teater dan sastra sesuai paradigma seni pramodern, modern dan kontemporer serta melakukan praktik kesenian dalam konteks budaya lokal dan global yang dipresentasikan secara lisan dan tertulis sesuai kaidah akademik.
2415-207-2 Media Pembelajaran Seni Rupa (Reguler) 2 SKS

 

Mata kuliah Media Pembelajaran Seni Rupa memberikan kompetensi yang meliputi kemampuan menyusun bahan ajar, mengkaji teori ‘kerucut pengalaman’ dari Edgare Dale, klasifikasi media menurut para ahli, karakteristik media audio, visual,  dan audio visual, karakteristik media teknologi sederhana dan teknologi komputer, konsep media cetak, media non-cetak, konsep desain pengembangan media pembelajaran, analisis kebutuhan media pembelajaran,  langkah-langkah pembuatan media pembelajaran, praktek produksi media pembelajaran dalam konteks komunikasi pendidikan dan dalam sistem pembelajaran, sesuai karakteristik bidang studi seni rupa di berbagai jenjang pendidikan formal.
2415- Bahan Ajar dan Media Pembelajaran Seni Rupa (MBKM) 2 SKS

 

Mata kuliah Bahan ajar dan Media Pembelajaran Seni Rupa memberikan kompetensi yang meliputi kemampuan menyusun bahan ajar, mengkaji teori ‘kerucut pengalaman’ dari Edgare Dale, klasifikasi media menurut para ahli, karakteristik media audio, visual,  dan audio visual, karakteristik media teknologi sederhana dan teknologi komputer, konsep media cetak, media non-cetak, konsep desain pengembangan media pembelajaran, analisis kebutuhan media pembelajaran,  langkah-langkah pembuatan media pembelajaran, praktek produksi media pembelajaran dalam konteks komunikasi pendidikan dan dalam sistem pembelajaran, sesuai karakteristik bidang studi seni rupa di berbagai jenjang pendidikan formal. Sehingga mendukung terbentuknya sikap professional, kreatif, bertanggung jawab dalam membuat bahan ajar dan media pembelajaran.

2415-201-2 Seni Grafis (Reguler/MBKM) 2 SKS

 

Penguasaan kemampuan dan keterampilan dasar seni grafis dalam teknik cetak mencetak (print making). Mampu menguasai berbagai teknik cetak. Cetak tinggi, cetak dalam, cetak datar, cetak etsa, dan cetak saring. Kajian meliputi sejarah seni grafis, pengertian, wawasan seni grafis, karakter, macam-macam seni cetak, penguasaan teknik cetak, merancang desain grafis, mampu mempresentasikan karya grafis sebagai seni terapan, serta mampu berkarya seni grafis dengan berbagai acuan cetak, wood cut, linografi, lithografi, etsa, cetak saring, serta memahami digital printing.
2415-221-2 Teori Seni Rupa  (Reguler/MBKM) 2 SKS

 

Mata kuliah Teori Seni Rupa merupakan performa menulis wacana seni rupa dalam aspek teoritik penciptaan  dan aspek teoritik pengamatan dari karya-karya seni rupa berdasarkan aturan penulisan ilmiah tertentu, dan mampu beradaptasi secara kritis-analitis, serta komunikatif terhadap problem kesenirupaan yang dihadapi, melalui penguasaan referensi teori-teori seni rupa pramodern, modern, dan kontemporer, serta disiplin ilmu-ilmu pendukung sebagai perspektif untuk meninjau karya seni rupa,  yang internalisasinya membentuk sikap terpelajar dan komunikatif dalam pengambilan keputusan berdasarkan analisis informasi dan data, serta mampu bertanggungjawab dalam memandu penyeleksian berbagai alternatif solusi wacana kesenirupaan, baik secara individual maupun kelompok.
2415-287-2 Budaya Visual (Reguler/MBKM) 2 SKS

 

Mata kuliah Budaya Visual mempresentasikan kemampuan menulis wacana budaya dari teks-teks visual pada berbagai tempat dan waktu berdasarkan aturan penulisan ilmiah tertentu, dan mampu beradaptasi secara kritis-analitis, serta komunikatif terhadap problem budaya visual yang dihadapi, melalui penguasaan referensi pendekatan budaya visual sebagai bidang studi tentang konstruksi budaya dari wujud visual dalam kehidupan sehari-hari, berdasarkan mazhab sejarah seni rupa, dan teknologi visual, yang internalisasinya membentuk sikap terpelajar dan komunikatif dalam pengambilan keputusan berdasarkan analisis informasi dan data, serta mampu bertanggungjawab dalam memandu penyeleksian berbagai alternatif solusi problematika budaya visual, baik secara individual maupun kelompok.
2415-228-2 Seni Lukis (Reguler/MBKM)   2 SKS

 

Mata Kuliah Seni Lukis menunjukkan objek estetik, proses keterampilan dan teknik menciptakan karya, mengetahui, memiliki pengetahuan tentang berbagai media alat dan bahan seni lukis. Mampu menggunakannya sebagai media untuk berekspresi menciptakan karya seni lukis, memiliki kemampuan mengembangkan objek, keterampilan dan teknik melukis sesuai dengan kreatifitasnya. Mempunyai konsep – konsep argumentatif berdasarkan penguasaan terhadap teori dan teknik melukis. Mandiri dalam bersikap dan bertanggung jawab secara rasional terhadap menciptakan seni lukis.
2415-029-2 Desain Tekstil (Reguler) 2 SKS

 

Mata kuliah Desain Tekstil mengembangkan kompetensi  menunjukkan sikap bertanggungjawab atas penciptaan karya  disain tekstil secara mandiri, mamdiri, bermutu, dan terukur, menguasai konsep berkarya disain  tekstil reka rakit dan reka latar  serta mengembangkan kreativitas seni, estetika dan apresiasi serta produksi disain  tekstil  dengan beragam konsep, operasional dan visual sesuai   segmentasi dan kebutuhan  pasar melalui studi ilmiah hingga realisasi produk tekstil berkualitas dan berdaya saing tinggi.
2415-229-2 Seni Patung (Reguler/MBKM) 2 SKS

 

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa menguasai prinsip dasar seni patung secara teoretik, seleksi material, proses analisis teknis dan produksi sehingga dapat menghasilkan karya patung secara konseptual. Selain itu juga bertujuan agar mahasiswa sebagai calon guru menguasai prinsip dan strategi edukasi seni patung. Kajian mata kuliah ini meliputi: teori seni patung, klasifikasi seni patung, persepsi visual dan kinestetik, struktur seni patung, medium, alat, dan teknik mematung, konsep perancangan seni patung, prosedur penciptaan seni patung, edukasi seni patung
2415-201-2 Metodologi Penelitian Seni Rupa (Reguler) 2 SKS

 

Mata kuliah Metodologi Penelitian menunjukkan pemahaman tentang metode dan prosedur penyusun proposal penelitian dalam rangka penulisan skripsi melalui penguasaan pengetahuan tentang hakikat penelitian ilmiah, proses penelitian, penggolongan penelitian, permasalahan penelitian (kuantitatif dan kualitatif), kerangka teoritik, kerangka berpikir dan pengajuan hipotesis penelitian, variabel penelitian, populasi dan teknik pengambilan sampel, (dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif), desain penelitian (korelasi, ekspost facto, eksperimen), teknik pengumpulan dan pengolahan data (kuantitatif maupun kualitatif), sumber data, rancangan instrumen pengumpulan data penelitian, uji coba kesahihan dan keterandalan instrumen yang dipresentasikan secara lisan dan tertulis dalam rancangan proposal.
 

Mata kuliah pilihan wajib* (pilih salah satu)  2 SKS                                                                            

 

2415-279-2

 

Kriya Bahan Alam dan Sintetik* (Reguler)

 

 

Mata kuliah Kriya Bahan Alam dan Sintetik memberikan kemampuan pemetaan kriya berbahan alami dan sintetis, pengetahuan tentang bahan dan proses kriya alami dan sintetis, keterampilan yang diperlukan untuk mengolah bahan alami dan sintetis. Mata kuliah ini juga memotivasi dan membimbing mahasiswa untuk melakukan eksplorasi karya kriya berbahan alam dan sintetik berdasarkan riset serta observasi dan partisipasi di lapangan secara bertanggung jawab.
2415-140-2 Kriya Kulit* (Reguler)  

 

Mata Kuliah Kriya Kulit menerapkan kemampuan kerja yang meliputi kreativitas dan keterampilan dalam mengolah dan membentuk kulit tersamak maupun kulit sintetik sebagai bahan utama dari produk kriya kulit serta teknik yang digunakan dalam menciptakan motif hias dengan karakteristik seni kriya nusantara yang kreatif dan inovatif yang memperhatikan aspek keselamatan kerja. Kajian mata kuliah ini meliputi keterampilan dan kreativitas dalam penciptaan produk kriya kulit di bidang fashion maupun furniture melalui penguasaan pengetahuan dasar, konsep atau teori dan penerapan teknologi yang mendukung terbentuknya sikap mandiri, tanggung jawab, dan jiwa kewirausahaan dalam merancang biaya produksi, harga jual produk, serta memasarkan produk kriya kulit pada penyelenggaraan pameran produk kriya kulit.
2415-136-2 Kriya Kayu* (Reguler)
Mata kuliah kriya kayu akan memberikan pengetahuan dasar tentang cara menyusun langkah langkah pekerjaan membuat karya kriya kayu berdasarkan kajian konseptual, apresiatif dan tindakan kreatif produktif sebagai landasan berkarya. Menciptakan karya kriya kayu sebagai media ekspresi dan sebagai alat peraga pendidikan, menyelenggarakan pameran secara profesional dan menyelenggarakan uji coba pada sektor pendidikan yang meliputi buku ajar untuk mata pelajaran seni budaya di sekolah menengah. Mata kuliah ini akan mempersiapkan mahasiswa untuk dapat membuat kriya kayu, buku ajar, baik untuk konsumsi umum maupun untuk dunia pendidikan. Selain berorientasi pada level akademik, mata kuliah ini juga diorientasikan pada level profesional. Pada level akademik,pembahasan materi akan difokuskan pada prosedur-prosedur penciptaan dan pengajaran seni kriyakayu, sementara pada level profesional pembahasan materi akan ditekankan pada praktik penciptaan, pameran seni kriya kayu, dan simulasi sosialisasi alat peraga pendidikan.
2415-274-1 KKL (Reguler/MBKM) 1 SKS

 

Mata Kuliah Kerja Lapangan melatih kemampuan kerja kreatif melalui proses interaksi dan pengalaman langsung praktik berkarya dengan narasumber khusus bidang seni murni, desain atau kriya yang memiliki keunggulan sebagai bahan perbandingan atau referensi praktik untuk melakukan penelitian, magang dan praktik Tugas Akhir sehingga terbentuk sikap akademis yang mandiri, bertanggung jawab, apresiatif, kreatif dan professional.
2415-278-2 Professional Internship 2 (Manajer) (Reguler/MBKM) 2 SKS

 

Mata kuliah ini memberikan pengalaman lapangan/ empiris sebagai penata laksana seni rupa dalam sebuah kegiatan, mulai dari merancang, mengembangkan, memanfaatkan, dan mengelola serta mengevaluasi program, proses dan produk seni rupa dan industri kreatif di perusahaan atau instansi secara lebih intensif dan terprogram dan membentuk penata laksana seni yang professional, cepat tanggap, bertanggung jawab, serta memiliki sikap kerja yang penuh integritas.
2415-128-2 Microteaching (Reguler/MBKM) 2 SKS

 

Mata kuliah Microteaching menunjukkan kemampuan kerja berupa praktik terbimbing mengajar mikro sebagai calon guru seni rupa secara terencana dan sistematis, dengan memanfaatkan Laboratorium microteaching dan memanfaatkan IPTEKS di Pusat Sumber Belajar, dengan penguasaan pengetahuan yang meliputi; pembuatan perangkat pembelajaran meliputi: rancangan pembelajaran, media, instrumen dan model evaluasi, serta melakukan supervisi klinis, melaksanakan keterampilan terbatas yang meliputi; membuka dan menutup pelajaran, menjelaskan, bertanya dasar dan lanjut, penguatan, membimbing kelompok kecil, keterampilan melakukan variasi metode, melaksanakan pembelajaran dengan latihan menggambar di papan tulis, dari seni rupa lainnya serta terampil mempraktikan manajerial dalam membimbing kelompok guna membentuk sikap dan tata nilai dalam bertanggung jawab serta percaya diri di bidang pendidikan dan keguruan.
2415-294-3 Praktik Lapangan Persekolahan (PLP)/PKM (Reguler/MBKM) 3 SKS

 

Mata kuliah Praktek Lapangan Persekolahan (PLP) menunjukkan kemampuan kerja memahami proses sebagai pengajar seni rupa melalui pengalaman lapangan/ empiris sehingga memiliki kualitas secara akademik di lembaga pendidikan formal melalui penguasaan keterampilan 8 kompetensi dasar pembelajaran (microteaching).
2415-071-2 Pameran Seni Rupa (Reguler/MBKM) 2 SKS
Mata kuliah ini bertujuan untuk memungkinkan mahasiswa untuk memiliki pengetahuan tentang berbagai aspek dalam menciptakan dan mengelola pameran seni, termasuk memiliki konsep, meneliti seniman dan karya seni, memulai anggaran dan kontrak. Merencanakan program penjangkauan, merancang rencana pameran, mempromosikan acara, mendokumentasikan acara dan menulis laporan. Mata kuliah ini melibatkan simulasi pameran nyata yang di adakan di Jakarta di mana setiap mahasiswa memperoleh pengalaman langsung memainkan peran yang berbeda dalam konteks pameran.

Tekstil (MBKM)                                                                               2 SKS

Mata kuliah Tekstil mengembangkan kompetensi kriya dan desain tekstil dengan menunjukkan sikap menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain dalam lingkup nasional  dan global dengan menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, menguasai konsep berkarya disain  tekstil reka rakit dan reka latar  serta mengembangkan kreativitas seni, estetika dan apresiasi serta produksi disain  tekstil  dengan beragam konsep, operasional dan visual sesuai   segmentasi dan kebutuhan  pasar melalui studi ilmiah hingga realisasi produk tekstil berkualitas dan berdaya saing tinggi. Menguasai konsep berkarya Desain dan Tekstil serta mengembangkan kreativitas seni, estetika dan apresiasi seni kriya dan desain tekstil Nusantara dan mancanegara dengan mengutamakan pendalaman konsep, operasional dan visual berdasarkan kaidah kriya dan desain.

 2415-212-2 Manajemen Seni Rupa (Reguler/MBKM) 2 SKS
     
Mata kuliah ini menitikberatkan pada pengembangan kemampuan pengelolaan seni rupa di berbagai sektor: pendidikan seni rupa maupun industri seni rupa sektor profit dan non-profit. Peserta didik diberikan kompetensi untuk mengkaji dan mengelola kegiatan dan organisasi seni rupa secara profesional dan bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan, memberikan arahan prosedur pengelolaan seni yang strategis, efisien, aktual dan sesuai dengan kondisi lapangan kerja.
2415-251-2 Sosiologi Seni (Reguler/MBKM) 2 SKS
     
Mata kuliah Sosiologi Seni menunjukkan kemampuan kerja penerapan interaksi individu dengan masyarakat dalam lingkungan dan budaya untuk memahami sebuah peradaban seni, dengan bekal penguasaan pengetahuan yang meliputi prinsip, komponen dan sistem kerja dalam dunia seni (art world),  hubungan antara institusi, isi, dan efek seni dalam masyarakat, produksi dan reproduksi bentuk sosial dalam karya seni, yang internalisasinya membentuk sikap terpelajar dan komunikatif dalam pengambilan keputusan berdasarkan analisis informasi dan data, serta mampu bertanggungjawab dalam memandu penyeleksian berbagai alternatif solusi problematika sosiologi seni, baik secara individual maupun kelompok.
2415-252-2 Psikologi Seni (Reguler/MBKM) 2 SKS

 

Mata kuliah Psikologi Seni menunjukkan kemampuan dalam mengkaji secara komprehensif relevansi psikologi dan kreativitas dalam pendidikan seni khususnya seni rupa yang difokuskan pada penguasaan pengetahuan tentang hakikat kreativitas, jenis kreativitas, mekanisme kreativitas, tahapan proses kreasi menurut beberapa pakar psikologi untuk memahami permasalahan dalam seni dan penerapan psikologi seni yang lebih luas konteksnya hingga mencakup aktivitas kreasi seni dan penafsiran atau pembacaan karya seni melalui penerapankonsep dan teori-teori proses kreasi yang terhubung dengan aspek kesadaran (conscious) dan aspek ketaksadaran (unconscious) dalam struktur kepribadian manusia yang dianalisa dengan pendekatan psikologi umum dan psikoanalisis menurut para pakar sehingga terbentuk sikap akademis yang kritis, berpikiran terbuka, apresiatif dan humanis.
2415-082-2 Kritik Seni (Reguler/MBKM) 2 SKS

 

Mata kuliah Kritik Seni menunjukkan kemampuan dalam mengkaji pemahaman, penggunaan teori kritik seni dan pemilihan alternatif standar penilaian kritis yang tepat untuk menilai kualitas karya pramodern, modern, dan posmodern secara logis, argumentatif, dan akademis melalui penguasaan pengetahuan dasar kritik seni yang meliputi hakikat dan tujuan kritik seni,tipe kritik seni, standar penilaian kritis, penyajian kritik seni, deskripsi, analisis, interpretasi, dan evaluasi karya seni rupa sehingga terbentuk kompetensi dalam menemukan makna seni secara intrinsik dan ekstrinsik, serta mampu menilai seni secara lisan dan tertulis.

 

Mata kuliah pilihan wajib* (pilih salah satu sesuai peminatan)                     3 SKS

                                         

2415-298-3 Pengantar Penelitian Seni Rupa Murni* (Reguler)  

Mata kuliah Pengantar Penelitian Seni Rupa Murni memperformakan usulan (proposal) aplikasi prosedur ilmiah sebagai solusi dalam menghadapi problematika seni rupa murni secara kreatif, dan original, berdasarkan aturan penulisan ilmiah tertentu, melalui penguasaan prinsip dan prosedur berpikir ilmiah dalam menciptakan karya seni rupa murni, yang internalisasinya membentuk sikap terpelajar dan komunikatif dalam pengambilan keputusan berdasarkan analisis informasi dan data, serta mampu bertanggungjawab dalam memandu penyeleksian berbagai alternatif solusi problematika seni rupa murni, baik secara individual maupun kelompok.

2415-299-3 Pengantar Penelitian Seni Rupa Desain* (Reguler)  
Mata kuliah Pengantar Penelitian  Seni Rupa Desain memperformakan usulan (proposal) aplikasi prosedur ilmiah sebagai solusi dalam menghadapi problematika pengkajian atau penciptaan karya di bidang desain secara kreatif, dan original, berdasarkan aturan penulisan ilmiah tertentu, melalui penguasaan prinsip dan prosedur berpikir ilmiah dalam mengkaji atau menciptakan karya di bidang desain, yang internalisasinya membentuk sikap terpelajar dan komunikatif dalam pengambilan keputusan berdasarkan analisis informasi dan data, serta mampu bertanggungjawab dalam memandu penyeleksian berbagai alternatif solusi problematika pengkajian atau penciptaan karya di bidang desain, baik secara individual maupun kelompok.
2415-300-3 Pengantar Penelitian Seni Rupa Kriya*    (Reguler)                                                     
Mata kuliah Pengantar Penelitian Seni Rupa Kriya memperformakan usulan (proposal) aplikasi prosedur ilmiah sebagai solusi dalam menghadapi problematika pengkajian atau penciptaan karya di bidang seni rupa kriya secara kreatif, dan original, berdasarkan aturan penulisan ilmiah tertentu, melalui penguasaan prinsip dan prosedur berpikir ilmiah dalam mengkaji atau menciptakan karya di bidang seni rupa kriya, yang internalisasinya membentuk sikap terpelajar dan komunikatif dalam pengambilan keputusan berdasarkan analisis informasi dan data, serta mampu bertanggungjawab dalam memandu penyeleksian berbagai alternatif solusi problematika pengkajian atau penciptaan karya di bidang seni rupa kriya, baik secara individual maupun kelompok.
2415-301-3 Pengantar Penelitian Seni Rupa Pengkajian*    (Reguler)                                                     
Mata kuliah Pengantar Penelitian Seni Rupa Pengkajian memperformakan usulan (proposal) aplikasi prosedur ilmiah sebagai solusi dalam menghadapi problematika pengkajian atau penciptaan karya di bidang pendidikan seni rupa atau seni rupa secara kreatif, dan original, berdasarkan aturan penulisan ilmiah tertentu, melalui penguasaan prinsip dan prosedur berpikir ilmiah dalam mengkaji atau menciptakan karya di bidang pendidikan seni rupa atau seni rupa, yanginternalisasinya membentuk sikap terpelajar dan komunikatif dalam pengambilan keputusan berdasarkan analisis informasi dan data, serta mampu bertanggungjawab dalam memandu penyeleksian berbagai alternatif solusi problematika pengkajian atau penciptaan karya di bidang pendidikan seni rupa atau seni rupa, baik secara individual maupun kelompok.

Di dalam mata kuliah ini terdapat empat pilihan jalur:

1). Pengkajian Pendidikan Seni Rupa, 2). Pengkajian Seni Rupa, 3). Penciptaan Pendidikan Seni Rupa, dan 4). Penciptaan Seni Rupa. Setiap jalur diampuh oleh dosen yang berbeda. Mahasiswa agar memperhatikan pilihan dosen pengampuh sesuai dengan peminatan jalurnya.

  Pengantar dan Metodologi Penelitian Seni Rupa Murni* (MBKM)      

Mata kuliah Pengantar dan Metodolgi Penelitian Seni Rupa Murni Mata kuliah menunjukkan pemahaman tentang metode dan prosedur penyusun proposal penelitian dalam rangka penulisan skripsi melalui penguasaan pengetahuan tentang hakikat penelitian ilmiah, proses penelitian, penggolongan penelitian, permasalahan penelitian (kuantitatif dan kualitatif), kerangka teoritik, kerangka berpikir dan pengajuan hipotesis penelitian, variabel penelitian, populasi dan teknik pengambilan sampel, (dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif), desain penelitian (korelasi, ekspost facto, eksperimen), teknik pengumpulan dan pengolahan data (kuantitatif maupun kualitatif), sumber data, rancangan instrumen pengumpulan data penelitian, uji coba kesahihan dan keterandalan instrumen yang dipresentasikan secara lisan dan tertulis dalam rancangan proposal. Memperformakan usulan (proposal) aplikasi prosedur ilmiah sebagai solusi dalam menghadapi problematika seni rupa murni secara kreatif, dan original, berdasarkan aturan penulisan ilmiah tertentu, melalui penguasaan prinsip dan prosedur berpikir ilmiah dalam menciptakan karya seni rupa murni, yang internalisasinya membentuk sikap terpelajar dan komunikatif dalam pengambilan keputusan berdasarkan analisis informasi dan data, serta mampu bertanggungjawab dalam memandu penyeleksian berbagai alternatif solusi problematika seni rupa murni, baik secara individual maupun kelompok.

  Pengantar dan Metodologi Penelitian Seni Rupa Desain* (MBKM)      
Mata kuliah Pengantar dan Metodologi Penelitian  Seni Rupa Desain menunjukkan pemahaman tentang metode dan prosedur penyusun proposal penelitian dalam rangka penulisan skripsi melalui penguasaan pengetahuan tentang hakikat penelitian ilmiah, proses penelitian, penggolongan penelitian, permasalahan penelitian (kuantitatif dan kualitatif), kerangka teoritik, kerangka berpikir dan pengajuan hipotesis penelitian, variabel penelitian, populasi dan teknik pengambilan sampel, (dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif), desain penelitian (korelasi, ekspost facto, eksperimen), teknik pengumpulan dan pengolahan data (kuantitatif maupun kualitatif), sumber data, rancangan instrumen pengumpulan data penelitian, uji coba kesahihan dan keterandalan instrumen yang dipresentasikan secara lisan dan tertulis dalam rancangan proposal. Memperformakan usulan (proposal) aplikasi prosedur ilmiah sebagai solusi dalam menghadapi problematika pengkajian atau penciptaan karya di bidang desain secara kreatif, dan original, berdasarkan aturan penulisan ilmiah tertentu, melalui penguasaan prinsip dan prosedur berpikir ilmiah dalam mengkaji atau menciptakan karya di bidang desain, yang internalisasinya membentuk sikap terpelajar dan komunikatif dalam pengambilan keputusan berdasarkan analisis informasi dan data, serta mampu bertanggungjawab dalam memandu penyeleksian berbagai alternatif solusi problematika pengkajian atau penciptaan karya di bidang desain, baik secara individual maupun kelompok.
2415-300-3 Pengantar dan Metodologi Penelitian Seni Rupa Kriya*  (MBKM)    
Mata kuliah Pengantar dan Metodologi Penelitian Seni Rupa Kriya menunjukkan pemahaman tentang metode dan prosedur penyusun proposal penelitian dalam rangka penulisan skripsi melalui penguasaan pengetahuan tentang hakikat penelitian ilmiah, proses penelitian, penggolongan penelitian, permasalahan penelitian (kuantitatif dan kualitatif), kerangka teoritik, kerangka berpikir dan pengajuan hipotesis penelitian, variabel penelitian, populasi dan teknik pengambilan sampel, (dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif), desain penelitian (korelasi, ekspost facto, eksperimen), teknik pengumpulan dan pengolahan data (kuantitatif maupun kualitatif), sumber data, rancangan instrumen pengumpulan data penelitian, uji coba kesahihan dan keterandalan instrumen yang dipresentasikan secara lisan dan tertulis dalam rancangan proposal. Memperformakan usulan (proposal) aplikasi prosedur ilmiah sebagai solusi dalam menghadapi problematika pengkajian atau penciptaan karya di bidang seni rupa kriya secara kreatif, dan original, berdasarkan aturan penulisan ilmiah tertentu, melalui penguasaan prinsip dan prosedur berpikir ilmiah dalam mengkaji atau menciptakan karya di bidang seni rupa kriya, yang internalisasinya membentuk sikap terpelajar dan komunikatif dalam pengambilan keputusan berdasarkan analisis informasi dan data, serta mampu bertanggungjawab dalam memandu penyeleksian berbagai alternatif solusi problematika pengkajian atau penciptaan karya di bidang seni rupa kriya, baik secara individual maupun kelompok.
2415-301-3 Pengantar dan Metodologi Penelitian Seni Rupa Pengkajian*    (MBKM)    
Mata kuliah Pengantar dan Metodologi Penelitian Seni Rupa Pengkajian menunjukkan pemahaman tentang metode dan prosedur penyusun proposal penelitian dalam rangka penulisan skripsi melalui penguasaan pengetahuan tentang hakikat penelitian ilmiah, proses penelitian, penggolongan penelitian, permasalahan penelitian (kuantitatif dan kualitatif), kerangka teoritik, kerangka berpikir dan pengajuan hipotesis penelitian, variabel penelitian, populasi dan teknik pengambilan sampel, (dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif), desain penelitian (korelasi, ekspost facto, eksperimen), teknik pengumpulan dan pengolahan data (kuantitatif maupun kualitatif), sumber data, rancangan instrumen pengumpulan data penelitian, uji coba kesahihan dan keterandalan instrumen yang dipresentasikan secara lisan dan tertulis dalam rancangan proposal. Memperformakan usulan (proposal) aplikasi prosedur ilmiah sebagai solusi dalam menghadapi problematika pengkajian atau penciptaan karya di bidang pendidikan seni rupa atau seni rupa secara kreatif, dan original, berdasarkan aturan penulisan ilmiah tertentu, melalui penguasaan prinsip dan prosedur berpikir ilmiah dalam mengkaji atau menciptakan karya di bidang pendidikan seni rupa atau seni rupa, yanginternalisasinya membentuk sikap terpelajar dan komunikatif dalam pengambilan keputusan berdasarkan analisis informasi dan data, serta mampu bertanggungjawab dalam memandu penyeleksian berbagai alternatif solusi problematika pengkajian atau penciptaan karya di bidang pendidikan seni rupa atau seni rupa, baik secara individual maupun kelompok.

Di dalam mata kuliah ini terdapat empat pilihan jalur:

1). Pengkajian Pendidikan Seni Rupa, 2). Pengkajian Seni Rupa, 3). Penciptaan Pendidikan Seni Rupa, dan 4). Penciptaan Seni Rupa. Setiap jalur diampuh oleh dosen yang berbeda. Mahasiswa agar memperhatikan pilihan dosen pengampuh sesuai dengan peminatan jalurnya.

                  Pengantar dan Metodologi Penelitian Seni Rupa Kriya* (MBKM)     4 SKS                                                       

Mata kuliah Pengantar dan Metode Penelitian Pendidikan Seni Rupa (Kriya) menampilkan pengetahuan dalam menulis wacana pendidikan seni rupa khususnya kriya, baik lingkup Indonesia maupun Mancanegara berdasarkan aturan penulisan ilmiah, melalui penguasaan teori, metode, praktik dan sejarah kriya dalam lingkup formal, nonformal, maupun informal dengan sumber di Indonesia dan Mancanegara. Peserta didik menulis dengan memperhatikan aturan penulisan ilmiah melalui referensi tulisan yang relevan dan kontekstual baik berupa buku maupun artikel jurnal untuk mendukung terbentuknya sikap akademik yang mandiri, dan bertanggung jawab baik bagi perseorangan maupun tim kerja.

 

  Mata kuliah pilihan wajib* (pilih salah satu sesuai peminatan)                     4 SKS                                                       

 

2415-243-4

 

Studio Desain*  (Reguler)

 
Mata kuliah Studio Desain bertujuan agar mahasiswa dapat menunjukkan kemampuan kerja pada keterampilan di bidang desain secara mandiri, bertanggung jawab dan profesional dalam mengkaji, melakukan pemetaan, merancang, mengeksplorasi dan mengimplementasikan alternatif solusi dari sebuah permasalahan yang ada pada masyarakat. Mata kuliah ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang berminat pada jalur penciptaan karya desain. Pemilihan topik tiap mahasiswa dikhususkan sesuai dengan permasalahan yang berkembang di masyarakat  pada saat ini (up-to-date). Kemudian topik tersebut dicermati dan dirancang jalan keluarnya berdasarkan konsep, prinsip dan prosedur desain yang telah ditetapkan secara sistematik dan komprehensif. Selanjutnya, rancangan berupa solusi dari permasalahan akan diuji kelayakannya untuk diajukan ke tingkat perencanaan skripsi penciptaan karya desain sehingga mendukung terbentuknya sikap akademis yang mandiri, bertanggungjawab dan peduli terhadap permasalahan di masyarakat.
2415-242-4 Studio Murni* (Reguler)  
Mata kuliah Studio Seni Rupa Murni merupakan presentasi performa teknis penciptaan karya seni rupa murni dalam prinsip estetik modern atau kontemporer secara khas, kreatif, dan original,  melalui kegiatan eksplorasi aspek visual dan operasional, serta pengembangan referensi praktik yang relevan dan terkini, yang internalisasinya membentuk sikap terpelajar dan komunikatif dalam pengambilan keputusan berdasarkan analisis informasi dan data, serta mampu bertanggungjawab dalam memandu penyeleksian berbagai alternatif solusi problematika penciptaan karya seni rupa murni, baik secara individual maupun kelompok.
2415-244-4 Studio Kriya* (Reguler)  
Mata kuliah Studio Kriya menunjukkan kreativitas dan kemampuan kerja dalam praktik penciptaan karya seni rupa yang berfokus pada eksplorasi dan penajaman gagasan,eksperimentasi yang terukur serta keterampilan pembuatan produk kriya melalui berbagai media dan teknik secara komprehensif dan akademik yang dicapai melalui penguasaan metodologi riset, teori, serta referensi. Praktik kriya selanjutnya diuji kelayakannya untuk diajukan ke tingkat seminar penciptaan karya seni rupa sehingga mendukung terbentuknya sikap akademis yang mandiri dan bertanggungjawab.
  2415-302-4 Lab Riset Seni Rupa* (Reguler)  
Mata kuliah Lab Riset Seni Rupa menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, sistematis dan kreatif dalam konteks implementasi nilai-nilai edukatif serta penerapan IPTEKS dalam penelitian pendidikan seni rupa dengan jenis pendekatan kuantitatif maupun kualitatif yang relevan melalui penguasaan konsep penelitian ilmiah yang meliputi fungsi, pendekatan, unsur-unsur, dan masalah penelitian; jenis-jenis penelitian; instrumen penelitian; teknik pengumpulan, pengolahan dan analisis data yang dituliskan dalam proposal penelitian pendidikan seni rupa sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah sehingga terbentuk sikap akademis yang disiplin, mandiri, tangguh, menjunjung etika ilmiah, bertanggung jawab, dan peduli terhadap masalah pendidikan seni rupa.
2415-210-2 Pembelajaran Seni Terpadu  (Reguler) 2 SKS
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa menguasai wawasan pengetahuan tentang model-model pembelajaran seni terpadu, pembentukan sikap apresiatif terhadap pembelajaran seni terpadu, mampu berkolaborasi dan bersinergi dengan bidang ilmu lainnya, menerapkan keterampilan dan kreativitas merancang serta melaksanakan pembelajaran seni terpadu dalam pendidikan formal.
2415-257-2 Kewirausahaan Industri Kreatif  (Reguler/MBKM) 2 SKS
Mata kuliah Kewirausahaan industri kreatif bertujuan agar mahasiswa memiliki pemahaman tentang berbagai teori/konsep dalam kewirausahaan dan implementasinya dalam praktik berwirausaha di bidang seni. Mata kuliah membahas tentang konsep,teori dan prinsip kewirausahaan serta praktek memulai dan melaksanakan usaha. Pembelajaran akan dilaksanakan dengan menerapkan project-based learning. Mahasiswa akan mencari, merancang konsep usaha (business plan), serta mengimplementasikan praktek berwirausaha di bidang pendidikan seni dan industri kreatif. Hal ini diharapakan dapat menumbuhkembangkan kepekaan dan jiwa kewirausahaan yang profesional dan bertanggung jawab di bidang kreatif pada mahasiswa pendidikan seni rupa.

Mata kuliah pilihan wajib* (pilih salah satu sesuai peminatan)                     4 SKS                                           

2415-303-4 Perencanaan Skripsi Penciptaan* (Reguler/MBKM)  
Mata kuliah Perencanaan Skripsi Penciptaan menunjukkan kemampuan mengonstruksi dan menyeminarkan rencana penciptaan karya di bidang pendidikan seni rupa atau seni rupa secara kreatif dan original, berdasarkan pedoman penulisan skripsi penciptaan. Bagi peminat jalur penciptaan, selain rencana penciptaan dalam bentuk tulisan, juga mampu menghasilkan karya contoh (dummy/mock-up/karya jadi). Kemampuan tersebut dicapai melalui penguasaan prinsip dan prosedur berpikir ilmiah dalam menciptakan karya di bidang pendidikan seni rupa atau seni rupa, pengetahuan referensial tulisan dan karya yang relevan dan terkini, serta pengetahuan aturan penulisan ilmiah.  Khusus bagi peminat jalur penciptaan harus mendapatkan pengalaman konseptual, visual dan operasional dari narasumber praktik (magang). Internalisasinya membentuk sikap terpelajar dan komunikatif dalam pengambilan keputusan berdasarkan analisis informasi dan data, serta mampu bertanggungjawab dalam memandu penyeleksian berbagai alternatif solusi problematika pengkajian atau penciptaan karya di bidang pendidikan seni rupa atau seni rupa, baik secara individual maupun kelompok.
2415-304-4 Perencanaan Skripsi Pengkajian* (Reguler/MBKM)  
Mata kuliah Perencanaan Skripsi Pengkajian menunjukkan kemampuan mengonstruksi dan menyeminarkan rencana pengkajian di bidang pendidikan seni rupa atau seni rupa secara kreatif dan original, berdasarkan pedoman penulisan skripsi pengkajian. Kemampuan tersebut dicapai melalui penguasaan prinsip dan prosedur berpikir ilmiah dalam mengkaji di bidang pendidikan seni rupa atau seni rupa, pengetahuan referensial tulisan dan karya yang relevan dan terkini, serta pengetahuan aturan penulisan ilmiah. Internalisasinya membentuk sikap terpelajar dan komunikatif dalam pengambilan keputusan berdasarkan analisis informasi dan data, serta mampu bertanggungjawab dalam memandu penyeleksian berbagai alternatif solusi problematika pengkajian di bidang pendidikan seni rupa atau seni rupa, baik secara individual maupun kelompok.
2415-219-4 Skripsi Penciptaan* (Reguler/MBKM) 6 SKS
Mata kuliah Skripsi Penciptaan merupakan kemampuan melaksanakan, melaporkan, dan mempertahankannya dalam sidang, seluruh kegiatan pengkajian atau penciptaan karya di bidang pendidikan seni rupa atau seni rupa, berdasarkan pedoman penulisan skripsi penciptaan tertentu. Bagi peminat jalur penciptaan, selain laporan penciptaan dalam bentuk tulisan, juga mampu menghasilkan karya jadi sesuai konsep dan karya contoh yang telah disepakati dalam seminar, dan mempresentasikan dalam pameran kelompok. Kemampuan tersebut dicapai melalui penguasaan prinsip dan prosedur berpikir ilmiah dalam menciptakan karya di bidang pendidikan seni rupa atau seni rupa, pengetahuan referensial tulisan dan karya yang relevan dan terkini, serta pengetahuan aturan penulisan ilmiah. Internalisasinya membentuk sikap terpelajar dan komunikatif dalam pengambilan keputusan berdasarkan analisis informasi dan data, serta mampu bertanggungjawab dalam memandu penyeleksian berbagai alternatif solusi problematika penciptaan karya di bidang pendidikan seni rupa atau seni rupa, baik secara individual maupun kelompok.
2415-219-4 Skripsi Pengkajian*  (Reguler/MBKM) 6 SKS
Mata kuliah Skripsi Pengkajian merupakan kemampuan melaksanakan, melaporkan, dan mempertahankannya dalam sidang, seluruh kegiatan pengkajian di bidang pendidikan seni rupa atau seni rupa, berdasarkan pedoman penulisan skripsi. Kemampuan tersebut dicapai melalui penguasaan prinsip dan prosedur berpikir ilmiah dalam mengkaji di bidang pendidikan seni rupa atau seni rupa, pengetahuan referensial tulisan dan karya yang relevan dan terkini, serta pengetahuan aturan penulisan ilmiah. Internalisasinya membentuk sikap terpelajar dan komunikatif dalam pengambilan keputusan berdasarkan analisis informasi dan data, serta mampu bertanggungjawab dalam memandu penyeleksian berbagai alternatif solusi problematika pengkajian di bidang pendidikan seni rupa atau seni rupa, baik secara individual maupun kelompok.
  1. Dosen

 

No Nama Kode Dosen e-mail NIP/NIDN/NIDK
1. Dr. Sarnadi Adam, M.Sn. sadam@unj.ac.id 19560827 198603 1001
2. Drs. Panji Kurnia, M.Ds. pkurnia@unj.aci.id 19570728 198603 1001
3. Drs. Endra Sulendra S, M.Ds. 5268 endra@unj.ac.id 19581025 198803 1003
4. Dr. Ataswarin Oetopo, M.Pd. ataswarin@unj.ac.id 19590102 199203 2002
5. Dra. Mudjiati, M.Pd. 5274 mudjiati@unj.ac.id 19601121 198602 2001
6. Dr. Caecilia Tridjata, M.Sn. 5275 caeciliatridjat@unj.ac.id 19620630 198903 2002
7. Dr. Indro Moerdisuroso, M.Sn. 5273 indro@unj.ac.id 19630524 198703 1002
8. Maria Cornelia Wara Candrasari, S.Sn., M.Ds. 5281 wcandrasari@unj.ac.id 19760913 200501 2001
9. Rizki Taufik Rachman, S.Sn., M.Si. 5278 rizkitr@unj.ac.id 19771003 200112 1001
10. Zaitun Y.A Kherid, M.Pd. 5830 eza_kherid@unj.ac.id 19820422 20081 2001
11. Aprina Murwanti, S.Ds., Ph.D. 5280 aprina@unj.ac.id 19820430 200501 2002
12. Eko Hadi Prayitno, M.Pd. 9067 ekohadiprayitno@unj.ac.id NIDN: 0316108101
13. Ririn Despriliani, S.Pd., M.Si. 9062 ririndespriliani@unj.ac.id NIDK: 8869590019
14. Jeong Ok Jeon, BFA., MFA. 9056 jeongok@unj.ac.id