International Seminar on Languages, Literature, Arts, and Education (ISLLAE) 2018

 Fakultas Bahasa dan Seni menyelenggarakan International Seminar on Languages, Literature, Arts, and Education (ISLLAE) pada tanggal 5-6 September 2018 di Gedung Dewi Sartika Kampus A Universitas Negeri Jakarta. Seminar internasional yang merupakan agenda tahunan FBS UNJ kali ini mengambil tema pendidikan literasi bahasa, seni, dan sastra dalam era revolusi industri 4.0.

Sejumlah ahli bahasa, sastra, dan seni dari negara Jerman, Jepang, Perancis, Tiongkok, Korea, dan Indonesia menjadi pembicara dalam sesi keynote speech. Presenter yang tampil dalam sesi panel ISLLAE datang dari banyak daerah di Indonesia, di antaranya dari Jakarta, Bandung, Bogor, dan Surabaya.

Dosen-dosen Sastra Inggris Universitas Negeri Jakarta berpartisipasi sebagai presenter ISLLAE. Mereka mempresentasikan makalah penelitian dan pengabdian masyarakat dalam beberapa tema, seperti penerapan nilai-nilai integritas dan sikap tolong menolong melalui pengajaran bahasa, seni, dan sastra; dan pluralisme budaya dalam pengajaran bahasa, seni, dan sastra.

Beberapa dosen juga melibatkan mahasiswa yang tergabung dalam kelompok payung penelitian dosen untuk mempresentasikan makalah tugas akhir mereka di sesi panel ISLLAE. Dosen dan mahasiswa Sastra Inggris tampil percaya diri tampil mempresentasikan tulisan mereka di depan forum internasional. ISLLAE menjadi wadah untuk mempublikasikan hasil penelitian para dosen. Makalah hasil penelitian tersebut untuk selanjutkan akan diterbitkan dalam prosiding dan jurnal terakreditasi nasional dan internasional.