Program Studi Sastra Inggris Menghadiri Diskusi Forum Ilmiah Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta

 

      Pusat Kajian dan Jurnal Bahasa (PKJB) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengadakan Forum Ilmiah perdana 2021. Program Studi (Prodi) Sastra Inggris menjadi peserta pada kegiatan diskusi ilmiah tingkat universitas yang diadakan pada Selasa, 9 Februari 2021. Acara dibuka pukul 08.30 oleh MC lalu sambutan Ketua PKJB, Dr. Nia Setiawati, M.Pd. Beliau memaparkan berbagai program kegiatan PKJB selama setahun ke depan.

      Sambutan selanjutnya diberikan oleh Wakil Dekan III, Bapak Dr. Ifan Iskandar. Beliau menyampaikan undangan terbuka kepada para anggota PKJB dan juga yang lainnya untuk memberikan saran mengenai tema yang layak diangkat untuk dijadikan sebagai topik diskusi di forum ilmiah. Kegiatan ini dapat mendukung Indikator Kinerja Utama di tingkat universitas. Beliau juga mengajak para peserta diskusi untuk melakukan brainstorming dan melihat permasalahan dari rendahnya luaran publikasi, yang disebabkan adanya permasalahan teknis dalam penulisan atau ketidakpercayaan diri dalam melakukan penelitian ketika menulis. Untuk itu sebagai akademisi, sangat perlu untuk terus mengeksplorasi hal-hal substansial dan tidak hanya terpaku pada teknik-teknik penulisan saja. Dengan diadakannya forum ilmiah ini diharapkan para dosen dapat berbagi ilmu, pengalaman, dan mengeksplorasi berbagai tema substansi yang dapat dikembangkan untuk menjadi motivasi dalam penelitian.

      Acara selanjutnya pembacaan doa oleh Ihwan Rahman Bahtiar, M.Pd. Narasumber pada kegiatan forum ilmiah perdana ini adalah Dr. Siti Drivoka, M.Pd., yang membawakan topik berjudul Defining and Measuring Student-Centered Outcomes. Kegiatan diskusi berlangsung selama kurang lebih 2 jam, dengan pemaparan yang sangat menarik dari narasumber.