Webinar HISKI seri 5 “Auto/Biografi sebagai Narasi Feminim/Feminis: Perlintasan Lokal-Global, Selebritas, dan Budaya Populer”

Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (HISKI) Komisariat Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang diketuai oleh Ibu Eva Leiliyanti, Ph.D., berhasil menyelenggarakan webinar seri kelima yang bertajuk Auto/Biografi sebagai Narasi Feminim/Feminis: Perlintasan Lokal-Global, Selebritas, dan Budaya Populer pada 15 Oktober 2020 pukul 10.00-12.00 melalui Zoom Meetings dan streaming Youtube. Webinar tersebut menghadirkan narasumber Prof. Aquarini Priyatna, Ph.D., dan moderator Ibu Eka Nurcahyani, M.Hum.

Acara dibuka dengan sambutan dari Wakil Dekan III Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNJ, Dr. Syamsi Setiadi, M.Pd. Setelah sambutan, webinar diambil alih oleh pewara yang disambung dengan moderator. Lalu berfoto bersama seluruh peserta dan pengisi acara yang dilanjutkan dengan paparan materi oleh pembicara.

Dalam paparannya, Prof. Aquarini Priyatna, Ph.D., menerangkan dunia selebritas lokal khususnya yang bernegoisasi dalam merangkap dua peran, yaitu sebagai selebritas di tanah air dan wanita yang dituliskan dalam auto/biografinya. Melalui tindak auto/biografis yang dilakukan, mereka mengevaluasi ulang dan menegaskan kembali feminitas dengan cara berbeda untuk merangkul nilai-nilai lokal dan global. Setelah pemaparan berakhir, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh peserta. Pada sesi tanya jawab, peserta mengajukan pertanyaan dengan sangat antusias.