Rangkaian Kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Baru Program Studi

Kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Baru (PKMP) Program Studi (Prodi) Sastra Inggris dilaksanakan sejak 19-27 Oktober 2019. Para mahasiswa baru Prodi Sastra Inggris Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengikuti rangkaian kegiatan PKMP yang terdiri dari Pra-PKMP, anjangsana, bakti sosial, dan pelatihan PKMP selama satu minggu. Peserta dibagi menjadi 7 kelompok dalam kegiatan PKMP ini. Pra-PKMP dilaksanakan pada 19 Oktober 2019 di Ruang 204, Gedung O UNJ. Kegiatan berlangsung pukul 08.00-15.30 ini merupakan acara pembuka dari rangkaian kegiatan PKMP.

Kegiatan Pra-PKMP yang berlangsung satu minggu sebelum puncak PKMP mengenalkan para peserta kepada panitia pelaksana dan berbagai penugasan untuk kegiatan PKMP. Pada kegiatan ini juga terdapat pemaparan materi yaitu Manajemen Organisasi, Mekanisme Sidang, Mekanisme Pemilu, dan Kepekaan Sosial. Agenda terakhir merupakan sosialisasi penugasan kelompok dan atribut-atribut yang dibawa oleh para peserta selama PKMP berlangsung.

Setelah kegiatan ini berlangsung para mahasiswa ditugaskan untuk melakukan anjangsana ke BEM Prodi lain yang ada di FBS. Selain itu, kegiatan bakti sosial juga dilakukan oleh para mahasiswa ke tempat-tempat di sekitar UNJ seperti panti asuhan dan musala. Setiap kelompok diwajibkan untuk melakukan anjangsana, bakti sosial, serta mempresentasikannya saat PKMP.