Kegiatan Lokakarya Menulis Sastra Anak untuk Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris

Dalam rangka perayaan ARTEC Fair Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Program Studi (Prodi) Sastra Inggris mengadakan lokakarya pelatihan penulisan sastra anak dan buku cerita bergambar. Lokakarya ini merupakan kegiatan pelatihan yang diperuntukkan mahasiswa Prodi Sastra Inggris angkatan 2018 yang sedang mendapatkan mata kuliah Children’s Literature pada semester ini.

Narasumber pada kegiatan pelatihan ini adalah penulis buku anak dan pendiri Kelompok Pencinta Bacaan Anak (KPBA), Ibu Dr. Murti Bunanta. Beliau merupakan doktor pertama dari Universitas Indonesia yang meneliti sastra anak-anak sebagai topik disertasi. Beliau juga menulis berbagai buku anak di antaranya mendapat 7 penghargaan internasional. Selain itu, beliau juga merupakan seorang folklorist dan ahli sastra anak yang mendapatkan 13 penghargaan internasional untuk dedikasinya pada sastra anak.

Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Bu Murti membawa berbagai buku cerita anak yang ditulis dan para mahasiswa diberikan kesempatan secara langsung untuk dapat melihat dan membaca buku-buku tersebut. Buku cerita anak juga memiliki kategori tersendiri, dimulai dari buku cerita bergambar, buku illustrasi, sampai dengan novel ataupun cerita cerita pendek.

Pelatihan dimulai dengan pengenal kepada jenis sastra anak dan teori-teori mengenai sastra anak. Para mahasiswa yang sedang mendapatkan mata kuliah Children’s Literature diajak untuk mengingat kembali tentang kategorisasi, teori, serta unsur-unsur pada sastra anak atau buku cerita anak. Selanjutnya, pelatihan langsung memasuki tahapan brainstorming atau penulisan outline cerita. Para mahasiswa diharapkan dapat menghasilkan satu cerita anak pada akhir sesi pelatihan ini.

Pada tahap brainstorming ini mahasiswa diperbolehkan melihat dan membaca berbagai buku anak yang dibawa oleh Bu Murti sebagai inspirasi untuk cerita mereka nantinya. Mereka mulai menuliskan outline cerita yang nantinya dipresentasikan dan didiskusikan dengan Bu Murti. Kegiatan yang berlangsung menjadi dua sesi ini dimulai pukul 09.00-15.00. Pada sesi kedua yaitu pukul 13.00, mahasiswa melakukan presentasi individual mengenai outline cerita anak yang dituliskan sebelumnya.

Berbagai ide cerita dipresentasikan oleh mahasiswa dan mendapat sambutan yang sangat baik dari Bu Murti. Beberapa mahasiswa bahkan ikut menyertakan gambaran ilustrasi cerita yang dibuat. Pada dasarnya, penulisan cerita anak merupakan proses yang cukup sederhana dan untuk mendapatkan inspirasi tentunya bisa berasal dari mana saja. Dalam kehidupan sehari-hari, sastra anak merupakan media pembelajaran untuk mengenal nilai-nilai di masyarakat dan kebiasaan-kebiasaan tertentu yang akan berguna bagi perkembangan anak-anak nantinya.