Sosialisasi Aplikasi Turn It In (Turnitin)

sosialisasi aplikasi

Dewasa ini, tingkat plagiarisme di kalangan mahasiswa baik tingkat strata 1 hingga strata 3 masih sangat tinggi. Tepatnya pada 8 November 206, Program Studi Sastra Indonesia menyelenggarakan Sosialisasi Aplikasi Turnitin  pada mahasiswa tingkat akhir angkatan 2013. Sosialisasi ini bertujuan ntuk menumbuhkan tingkat kesadaran dan pentingnya budaya menulis di kalangan mahasiswa, terutama mahasiswa tingkat akhir yang sebentar lagi akan membuat skripsi.

Aplikasi Turnitin merupakan aplikasi berbayar yang difasilitasi oleh UNJ untuk meminimalisir tingkat plagiarisme mahasiswa UNJ. Aplikasi ini mampu mendeteksi tingkat plagiarisme dalam karya ilmiah seseorang. Tidak hanya itu, sumber-sumber yang digunakan pun akan terlihat dengan membedakan warna di setiap kata atau kalimat yang terindikasi plagiarisme. Oleh karena itu, Dr. Miftahulkhairah Anwar, M.Hum selaku Ketua Prodi Sastra Indonesia menganggap bahwa hal ini penting dan harus diterapkan kepada mahasiswa sedari dini.

Antusias yang ditunjukan oleh mahasiswa beragam. Ada yang kaget, takut, atau pun optimis. Hal ini dikarenakan ketika mahasiswa telah melewati ambang batas tingkat plagiarisme, mahasiswa tersebut harus mengulang kembali tulisan yang telah di buat. Selain itu, Bu Hera-nama panggilan Ketua  Prodi Sastra Indonesia- mengemukakan bahwa mulai dari angkatan 2013, setiap dosen pembimbing skripsi 2 (metodologi) wajib memeriksa tulisan mahasiswa di aplikasi turnitin ini.

Dengan langkah tersebut, diharapkan ketika mahasiswa sudah menyelesaikan tulisannya tidak ada tingkat plagiarisme yang tinggi atau melebihi ambang batas. Oleh karena itu, pentingnya budaya menulis, memperhatikan setiap kutipan dan pendapat para ahli pun harus disertai dengan sumber agar tidak terindikasi sebagai plagiarisme. Jadi, selamat mencoba dan semoga berhasil.