Workshop e-Learning Program Studi Sastra Indonesia FBS UNJ

e-learning

Memasuki abad 21, pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menjadi tantangan sekaligus peluang bagi dunia pendidikan. Abad 21 mengubah pola kehidupan manusia dalam segala aspek, termasuk pembelajaran. Informasi dapat diakses dengan sangat mudah dan cepat oleh siapa pun. Ruang dan waktu melebur dan semakin sempit.  Segala macam tantangan dan peluang harus dihadapi agar dapat bertahan dalam abad informasi teknologi ini. Bila tidak siap dengan segala macam perubahan, siapa pun pasti akan tertinggal oleh zaman.

Menyikapi kondisi ini, Program Studi Sastra Indonesia FBS UNJ telah mengadakan Workshop e Learning pada Selasa, 26 Juli 2016. Workshop yang diadakan di Wisma UNJ ini bertujuan untuk mengefektifkan dan mengefesiensikan sistem pembelajaran di Prodi Sastra Indonesia. Pembelajaran tentu tak selalu harus dilakukan di dalam kelas dengan tatap muka langsung antara mahasiswa dan dosen, terlebih bila dosen pengampu sedang melakukan kegiatan tri darma perguruan tinggi di luar kampus. Abad 21, pembelajaran tak berbatas ruang dan waktu. Di mana dan kapan pun, mahasiswa tetap dapat mengikuti perkuliahan seperti biasa.

Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh Dosen Program Studi Sastra Indonesia. Hadir sebagai narasumber, Dr. Khairuddin, M.Pd, Dosen Teknologi Pendidikan UNJ yang saat ini sedang menjabat Kepala Pusat Sumber Belajar (PSB) Universitas Negeri Jakarta. Beliau memberi paparan tentang format penyusunan topik kuliah di setiap pertemuan, teknik unggah file bentuk foto, video, atau ppt ke website e-learning yang telah tersedia,  teknik unggah soal UTS dan UAS. Ketua Program Studi Sastra Indonesia, Dr. Miftahul Khairah, berharap kegiatan ini dapat memberi kontribusi positif bagi kegiatan belajar mengajar Dosen-Mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia (MH/TY).