Gandeng Universitas Kebangsaan Malaysia, JBSI Gelar Seminar Antarbangsa

DCIM100MEDIA

“Riset linguistik dan pembelajaran bahasa harus dipublikasikan dalam skala internasional,” ungkap Sintowati Rini Utami, Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Jakarta (JBSI UNJ) pada Seminar Antarbangsa, Kamis (14/5), di Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM).

Selain Sintowati, ada lima dosen pemakalah bertopik linguistik dan pembelajaran bahasa, yaitu Ahmad HP, Sam Mukhtar Chaniago, Helvy Tiana Rosa, dan Dendy Sugono. Dari program studi Linguistik UKM juga ada lima pemakalah yang menyampaikan hasil riset mereka, yaitu Syarifah Raihan Syed Jaafar, Fazal Mohamed Sultan, Mohammad Fadzeli Jaafar, Norsimah Mat Awal, dan Nor Hashimah Jalaludin. Terhimpun  21 makalah pendamping dalam seminar ini yang akan diterbitkan dalam prosiding bertajuk Linguistik dan Pembelajaran Bahasa.

 Di samping untuk kepentingan publikasi ilmiah, kegiatan ini sekaligus digelar untuk merujuk mutu manajemen kelembagaan dengan program studi Linguistik UKM.  Pasalnya, tidak hanya dosen yang turut dalam acara ini melainkan staf administrasi dan pustakawan.

 “Staf tata usaha dan pustakawan kami libatkan, mereka harus belajar tata kelola jurusan terutama berkaitan perpustakaan digital,” terang Sintowati.

 Seminar ini juga menjadi momentum penandatanganan kerja sama di bidang pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat antara Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia UNJ dan Program Studi Linguistik UKM. Diharapkan dapat bekerja sama dengan sinergis di hari mendatang. (nrs)