SIDANG TERBUKA DOKTOR ASEP SUPRIYANA, M.PD.

[easingslider id=”1869″]

Kabar bahagia kembali datang dari Prodi Sastra Indonesia. Tepat di awal bulan Juli ini, salah satu dosen Prodi Sastra Indonesia menjalani Sidang Terbuka Doktor, yaitu Bapak Asep Supriyana M.Pd. Pada acara yang dilaksanakan pukul 10.00 WIB, Bapak Asep menyampaikan disertasinya dengan judul Pengaruh Metode Pembelajaran Membaca dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Kemampuan Menyunting Artikel Ilmiah. Setelah berhasil menjawab pertanyaan dari para penguji yang terdiri atas Prof, Dr. Aceng Rahmat, M.Pd., Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd., dan Prof. Dr. Hj. Nenden Sri Lengkanawati, M.Pd. dan mempertahankan hasil penelitiannya, Bapak Asep pun dinyatakan lulus. Acara sidang terbuka tersebut dilaksanakan secara vitual menggunakan Zoom Meeting karena kondisi pandemi Covid-19. Namun begitu, acara tersebut dihadiri oleh keluarga, rekan-rekan dosen di Prodi Sastra Indonesia, rekan kerja, dan tamu undangan lainnya.

Hasil penelitian yang dilakukan Bapak Asep ini membuktikan bahwa kemampuan menyunting artikel ilmiah mahasiswa yang diberi perlakuan dengan metode DRTA berbeda dengan mahasiswa yang diberi perlakuan dengan metode ECOLA. Terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan menyunting artikel ilmiah mahasiswa. Kemampuan menyunting artikel ilmiah mahasiswa yang diberi perlakuan dengan metode DRTA dan memiliki kemampuan berpikir kritis rendah. Kebaruan hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan berpikir kritis mempengaruhi pemilihan metode membaca sehingga dosen (pengajar) perlu mengetahui kemampuan berpikir kritis sebelum menggunakan metode pembelajaran membaca dalam kuliah pe-nyuntingan; (2) pemilihan metode pembelajaran membaca yang tepat berpengaruh terhadap kemampuan menyunting artikel ilmiah sehingga dosen (pengajar) perlu mengetahui karakteristik metode pembelajaran membaca dan tujuan pembelajaran penyuntingan.

Kelulusan Bapak Asep ini menambah jumlah doktor di Prodi Sastra Indonesia. Diharapkan dengan bertambahnya kuantitas jumlah doktor ini dapat meningkatkan kualitas akademik di Prodi Sastra Indonesia. Selamat untuk Dr. Asep Supriyana, M.Pd. atas kelulusannya! Semoga ilmu yang didapatkan menjadi berkah bagi kita semua! (sw)