Kuliah Umum: Cermat dan Santun Berbahasa Bersama Ibu Felicia Nuradi Utorodewo

[easingslider id=”1175″]

Senin, 5 Maret 2018, Mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta, melangsungkan awal perkuliahan yang dikemas dalam bentuk kuliah umum. Digelar di Aula Lantai 9, Gedung Ki Hajar Dewantara, kuliah umum  ini menghadirkan seorang dosen sekaligus pakar bahasa Indonesia sebagai narasumber, Dr. Felicia Nuradi Utorodewo dari Universitas Indonesia.

Dibuka oleh sambutan  Wakil Dekan 1 Fakultas Bahasa dan Seni, Dr. Ifan Iskandar, acara kuliah umum ini dihadiri pula oleh Dosen Sastra Indonesia bersama dengan Ibu Miftahulkhairah Anwar sebagai Koordinator Program Studi Sastra Indonesia.

Di hadapan seluruh Mahasiswa Sastra Indonesia, Bu Sis—panggilan akrab narasumber—membawakan materi mengenai “Berbahasa Indonesia secara Baik, Cermat, dan Santun” didampingi moderator, Bapak Krisanjaya.

Mahasiswa diberi banyak penjelasan mengenai bahasa. Mulai dari fungsi bahasa sampai bagaimana menjadi seorang ahli bahasa. Pembawaan Bu Sis yang begitu kekinian membuat aula pecah dalam tawa. Cara memberikan kuliah umum yang begitu berbeda dari Bu Sis rupanya mampu menarik perhatian mahasiswa dan menjauhkan mereka dari rasa kantuk. Selain menyampaikan materi yang serius, Bu Sis pun beberapa kali menyelipkan pengalaman berbahasanya, atau pengalaman mahasiswa-mahasiswanya di kampus. Benar-benar segar dan membuka dengan apik perkuliahan di semester 108.

Usai pemberian materi dari Bu Sis, dibuka sesi tanya jawab. Beberapa mahasiswa dari setiap angkatan mengangkat tangan untuk mengajukan pertanyaan yang tentunya dijawab dengan sangat baik oleh narasumber. Kuliah umum ditutup oleh kesimpulan dari moderator, “Sebaik-baiknya fungsi bahasa sebagai alat, yang terpenting tetaplah penggunanya”.