Belajar Mendigitalkan Bahasa Melalui Linguistik Komputasi

1

Program studi Sastra Indonesia, FBS Universitas Negeri Jakarta adalah institusi pertama yang menghadirkan mata kuliah Linguistik Komputasi di jenjang S-1. Linguistik adalah ilmu mengenai kebahasaan sedangkan komputasional merupakan subbidang ilmu komputer dan matematika. Ilmu komputasional adalah ilmu yang berfokus pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah sains. Mata kuliah ini diberikan di semester V.

Linguistik Komputasi adalah ilmu gagasan Noam Chomsky yang bertujuan melakukan instalasi dan inisialisasi bahasa untuk menghasilkan program tertentu. Banyak aplikasi yang terlahir dari bidang ilmu ini, di  antaranya siri pada ios, wordnet, mesin penerjemah, sistem tanya jawab, dialog system, CAPTCHA (kolom kode), text sumerization dan text categorization.

Pada semester 107, mata kuliah Linguistik Komputasi diampu oleh Totok Suhardiyanto, M. Hum, Ph.D. dan Drs. Krisanjaya, M.Hum.  Totok Suhardijanto, M. Hum., Ph.D. merupakan dosen tamu dari Universitas Indonesia, ahli dalam bidang linguistik komputasi, dan pernah bekerja di Google Asia Pasifik.

Melalui aplikasi AntConc mahasiswa diajarkan bagaimana membuat dan mengolah korpus data. Korpus data tersebut biasanya digunakan peneliti untuk melakukan penelitian kebahasaan, misalnya mencari kecenderungan pemakaian kata, mengombinasikan dua kata yang berkolokasi, serta mencari kata kunci. AntConc mempermudah pekerjaan penelitian kebahasaan. Selain AntConc,  mahasiswa juga diajari membuat kamus menggunakan aplikasi FieldWorks Language Explorer. Bagi mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah leksikografi,  aplikasi ini sangat berguna sebab format penyusunan kamus telah tersedia, yang diperlukan hanyalah memasukan data.

Ketua Program Studi Sastra Indonesia, Miftahulkhairah Anwar, berharap mata kuliah Linguistik Komputasi mampu menghasilkan mahasiswa yang memiliki kompetensi merancang dan mengaplikasikan digital untuk kepentingan penelitian bahasa dan sastra Indonesia. Mahasiswa Sastra Indonesia FBS UNJ harus sadar pentingnya penguasaan teknologi informasi bagi pengembangan kebahasaan dan kesastraan Indonesia.