Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Negeri Jakarta telah lama dikenal reputasinya di bidang pendidikan Bahasa Inggris di tingkat lokal, regional, dan nasional. Menjawab kebutuhan akan sumber daya manusia profesional yang dapat memenuhi kebutuhan di lapangan serta memiliki daya saing tinggi, Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris mengembangkan jenjang pendidikannya dengan menyelenggarakan Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris (PMPBI).

PMPBI mempersiapkan lulusan yang memiliki kompetensi mengembangkan kurikulum/silabus program pendidikan bahasa Inggris, materi dan kegiatan pembelajaran, metolodologi pembelajaran; melaksanakan penilaian hasil belajar; serta memiliki keterampilan manajerial untuk mengelola dan mengembangkan program pendidikan bahasa Inggris secara profesional. Lapangan kerja bagi lulusan PMPBI meliputi sektor pendidikan formal, nonformal, dan informal antara lain: dosen, guru, instruktur, teacher-trainer, tutor, perencana dan pengelola program pelatihan/pendidikan termasuk untuk homeschooling; pengembang kurikulum, materi, media, evaluasi, serta kebijakan dalam bidang pendidikan Bahasa Inggris atau bidang lain yang relevan.

KURIKULUM

Sistem perkuliahan pada Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta adalah sistem semester. Satu tahun akademik terdiri dari dua semester (ganjil dan genap). Setiap semester terdiri atas 16 sesi perkuliahan yang terdiri atas tatap muka, tugas terstruktur, tugas mandiri, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester.

Penerimaan mahasiswa baru dimulai bulan Februari hingga Juli setiap tahun. Awal perkuliahan mengikuti sistem kalender akademik Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu semester ganjil di bulan September dan semester genap di bulan Februari.

Kurikulum PMPBI dengan jumlah SKS yang minimal (41 SKS) dirancang untuk memungkinkan mahasiswa menyelesaikan studi dalam waktu 3 – 4 semester. Masa studi maksimal mahasiswa untuk menyelesaikan program magister adalah 6 semester.

STRUKTUR KURIKULUM

Kurikulum PMPBI terdiri atas 12 mata kuliah inti dan penunjang dan tesis dengan bobot total 41 SKS dengan rincian dan distribusinya sebagai berikut:

 
SEMESTER 1
1 2236-100-3 Philosophy of Science 3
2 2236-101-3 Critical Literacy 3
3 2236-102-3 Language Acquisition and Foreign Language Teaching 3
4 2236-103-3 ICT and TEFL Methodology 3
SEMESTER 2
1 2236-200-3 Research Methodology in English Language Education 3
2 2236-201-3 Statistics in English Language Education 3
3 2236-202-3 Discourse Analysis 3
4 2236-203-3 Curriculum and Materials Development 3
SEMESTER 3
1 2236-300-3 Evaluation and Assessment 3
2 2236-301-3 English Language Education Management 3
3 An elective course* 3
4 2236-302-8 Thesis 8
Sub Total 17
SEMESTER 4

1

2236-302-8 Thesis (Lanjutan)

-

Total

41

*Elective Courses (Pilih salah satu)

 
No Kode MK Mata Kuliah Pilihan SKS
1 2236-204-3 Approaches to Grammar for Language Educators 3
2 2236-205-3 Academic Writing 3
3 2236-206-3 Translation for Language Teaching and Learning 3

KELULUSAN

Setiap mahasiswa PMPBI diuji kemampuannya melalui ujian tulis dan lisan. Nilai mata kuliah ditentukan berdasarkan hasil ujian tengah semester (bobot 30%), tugas mandiri (bobot 30%), dan ujian akhir semester (bobot 40%) yang dinyatakan dalam skala 0 – 100. Nilai mutu final setiap mata kuliah dinyatakan dengan huruf dengan konversi sebagai berikut:

Nilai Huruf dan Bobot Nilai

 
Nilai Angka Nilai Huruf Bobot Nilai
91 – 100 A 4,00
81 – 90 A- 3,70
76 – 80 B+ 3,30
71 – 75 B 3,00
≤ 70 TL 0

Mahasiswa dinyatakan lulus PMPBI apabila sudah memenuhi persyaratan akademik sebagai berikut:

  1. memperoleh Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 atau lebih tanpa nilai E;
  2. lulus ujian kompehensif;
  3. lulus ujian tesis dengan nilai minimal B.

Predikat kelulusan PMPBI ditetapkan sebagai berikut:

  1. IPK 3,00 – 3,40 : lulus memuaskan
  2. IPK 3,41 – 3,70 : lulus sangat memuaskan
  3. IPK 3,71 – 4,00 : lulus dengan pujian (cum laude)

METODE PEMBELAJARAN

Sejalan dengan kurikulum PMPBI yang dirancang untuk mengembangkan pengetahuan dan pengalaman mengajar mahasiswa melalui pembahasan luas dan mendalam tentang praktik pembelajaran dalam berbagai konteks pendidikan, sosial dan budaya, metode pembelajaran yang dikembangkan berorientasi kepada partisipasi aktif mahasiswa melalui presentasi, studi lapangan, diskusi, dan penulisan makalah. Pendekatan dan metode pembelajaran yang digunakan dalam program ini didesain untuk membentuk mahasiswa sebagai pembelajar yang reflektif, kolaboratif dan otonom sehingga mampu terus belajar secara mandiri untuk mengembangkan profesionalismenya (autonomous learners for life-long learning).Setelah menyelesaikan program ini, lulusan akan mampu menjalani profesinya sebagai pendidik/pengajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing secara kompeten dan penuh rasa percaya diri, membuat berbagai keputusan pedagogis yang rasional, memahami dengan baik hubungan antara belajar dan pembelajaran bahasa, menunjukkan pemahaman lintas budaya yang baik, mengidentifikasi berbagai masalah dalam praktik pembelajaran serta menemukan solusi rasional dan objektif melalui kajian penelitian, serta secara cerdas mensintesiskan, menyajikan dan mempertahankan ide dan gagasannya.

Beban belajar untuk setiap mata kuliah (MK) tersebut adalah 3 jam belajar tatap muka per minggu, 3 jam kegiatan belajar terstruktur (menyelesaikan tugas terkait MK), dan 3 jam belajar mandiri. Kegiatan belajar tatap muka melibatkan kegiatan belajar dengan metode ceramah, diskusi kelompok, dan presentasi disertai evaluasi dan balikan dari pengajar maupun rekan belajar (peer-review and evaluation). Kegiatan belajar terstruktur mencakup kegiatan menyelesaikan tugas belajar di luar ruang kelas yang mencakup antara lain, tugas membaca dan menganalisis, menyusun makalah dan/atau laporan reflektif, dan membuat rancangan program & materi. Tugas akhir dari setiap MK umumnya merupakan proyek penelitian skala kecil di bidang kajian MK bersangkutan.

GELAR AKADEMIK

Setiap mahasiswa yang telah menyelesaikan proses pendidikan PMPBI sebanyak 36 SKS dan telah memenuhi persyaratan akademik dan administratif yang telah ditetapkan selanjutnya berhak mendapatkan gelar akademik Magister Pendidikan (M.Pd.) dan dapat melanjutkan studi ke jenjang S-3 bidang kajian TEFL, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa, Linguistik Terapan, Manajemen Pendidikan, Teknologi Pendidikan, dan sebagainya.