Kurikulum
Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNJ merancang perkuliahan dalam empat semester dengan dua belas mata kuliah wajib dan enam mata kuliah pilihan yang dua di antaranya wajib diikuti mahasiswa. Distribusi mata kuliah dan jumlah sks atau kredit setiap mata kuliah dapat dilihat dalam table di bawah ini.
Tabel 1: Mata Kuliah Wajib, Kredit, dan Distribusi dalam Semester
No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS |
SEMESTER I | |||
1 | 22361003 | Philosophy of Science | 3 |
2 | 22362003 | Critical Literacy | 3 |
3 | 22361043 | English Language Education Planning and Evaluation | 3 |
4 | 22361053 | English Language Learning, Teaching, and Assessing | 3 |
5 | 22361013 | Research Methodology in English Language Education | 3 |
Sub-total | 15 | ||
SEMESTER II | |||
1 | 22361063 | English Proficiency for Teachers | 3 |
2 | 22362103 | Linguistics in English Language Education | 3 |
3 | 22361073 | Critical Review of Influential Ideologies in Education | 3 |
4 | 22362102 | Elective Course 1 ( Academic Writing) | 2 |
5 | 22362132 | Elective Course 2 ( Current Issues in Education) | 2 |
Sub-total | 13 | ||
SEMESTER III | |||
1 | 22362162 | Thesis Proposal | 2 |
2 | 22363026 | Thesis | 6 |
Sub-total | 8 | ||
SEMESTER IV | |||
1 | 22363026 | Thesis (Lanjutan) | |
Total | 36 |
Tabel 2: Mata Kuliah Pilihan (Elective Courses) dan Kredit, dan Distribusi dalam Semester
No | Kode MK | Mata Kuliah Pilihan | SKS |
1 | 22362102 | Academic Writing | 2 |
2 | 22362132 | Current Issues in Education | 2 |
3 | 22362122 | English for Specific Purposes | 2 |
4 | 22361012 | Statistics in English Language Education | 2 |
5 | 22362112 | Research in English Language Education | 2 |
6 | 22362142 | Program Evaluation | 2 |
Tabel 3: Mata Kuliah untuk Program Matrikulasi
No | Kode MK | Mata Kuliah Pilihan | SKS |
1 | 22361042 | English Language Teaching Methodology | 2 |
2 | 22361052 | Teaching Practicum | 2 |
*Dua mata kuliah Kependidikan wajib ditempuh mahasiswa dari prodi sarjana non- kependidikan
Mata kuliah wajib dan pilihan dilaksanakan dengan menggunakan salah satu dari tiga bentuk pembelajaran, yaitu:
- pembelajaran tatap muka untuk setiap pertemuan (face-to-face meeting learning);
- pembelajaran berbasis masalah/proyek (problem/project-based learning); dan
- pembelajaran melalui penelitian (research).
Ketiga bentuk pembelajaran ini berbeda dalam aspek lingkungan pembelajaran (learning environment) dan moda pembelajaran (modes of instruction). Perbedaan ketiga bentuk ini juga akan berbeda dalam hal luaran atau produk pembelajaran. Secara umum, bentuk pembelajaran tersebut dapat dilihat dalam tabel berikut:
Tabel 4:
|
|
|
Bentuk pembelajaran tatap muka untuk setiap pertemuan (face-to-face meeting learning) dikemas dalam 10 mata kuliah dengan total bobot 36 SKS. Pembelajaran dilakukan dengan 100% tatap muka atau tatap maya ataupun Blended Learning. Bentuk pembelajaran berbasis masalah/proyek (problem/project-based learning) juga dikemas dengan mata kuliah dan bobot kredit yang sama namun pembelajaran dilakukan dengan 20 – 30% tatap muka, 70 – 80% Kerja Lapangan dengan moda Blended Learning. Bentuk pembelajaran melalui penelitian (research) ditempuh melalui mata kuliah dan bobot kredit yang sama tetapi pembelajaran dilakukan dengan 10 – 20% tatap muka, 80 – 90% Penelitian dengan moda Blended Learning.