Kurikulum

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNJ merancang perkuliahan dalam empat semester dengan dua belas mata kuliah wajib dan enam mata kuliah pilihan yang dua di antaranya wajib diikuti mahasiswa. Distribusi mata kuliah dan jumlah sks atau kredit setiap mata kuliah dapat dilihat dalam table di bawah ini.

Tabel 1: Mata Kuliah Wajib, Kredit, dan Distribusi dalam Semester

No Kode MK Mata Kuliah SKS
SEMESTER I
1 22361003 Philosophy of Science 3
2 22362003 Critical Literacy 3
3 22361043 English Language Education Planning and Evaluation 3
4 22361053 English Language Learning, Teaching, and Assessing 3
5 22361013 Research Methodology in English Language Education 3
Sub-total 15
SEMESTER II
1 22361063 English Proficiency for Teachers 3
2 22362103 Linguistics in English Language Education 3
3 22361073 Critical Review of Influential Ideologies in Education 3
4 22362102 Elective Course 1 ( Academic Writing) 2
5 22362132 Elective Course 2 ( Current Issues in Education) 2
Sub-total 13
SEMESTER III
1 22362162 Thesis Proposal 2
2 22363026 Thesis 6
Sub-total 8
SEMESTER IV
1 22363026 Thesis (Lanjutan)
Total 36

Tabel 2: Mata Kuliah Pilihan (Elective Courses) dan Kredit, dan Distribusi dalam Semester

No Kode MK Mata Kuliah Pilihan SKS
1 22362102 Academic Writing 2
2 22362132 Current Issues in Education 2
3 22362122 English for Specific Purposes 2
4 22361012 Statistics in English Language Education 2
5 22362112 Research in English Language Education 2
6 22362142 Program Evaluation 2

Tabel 3: Mata Kuliah untuk Program Matrikulasi

No Kode MK Mata Kuliah Pilihan SKS
1 22361042 English Language Teaching Methodology 2
2 22361052 Teaching Practicum 2

*Dua mata kuliah Kependidikan wajib ditempuh mahasiswa dari prodi sarjana non- kependidikan

Mata kuliah wajib dan pilihan dilaksanakan dengan menggunakan salah satu dari tiga bentuk pembelajaran, yaitu:

  • pembelajaran tatap muka untuk setiap pertemuan (face-to-face meeting learning);
  • pembelajaran berbasis masalah/proyek (problem/project-based learning); dan
  • pembelajaran melalui penelitian (research).

Ketiga bentuk pembelajaran ini berbeda dalam aspek lingkungan pembelajaran (learning environment) dan moda pembelajaran (modes of instruction). Perbedaan ketiga bentuk ini juga akan berbeda dalam hal luaran atau produk pembelajaran. Secara umum, bentuk pembelajaran tersebut dapat dilihat dalam tabel berikut:

Tabel 4:

10-20%     80-90%                                      √                B
20-30%     70-80%                                      √                A
30-40%     60-70%                                      √                A

Bentuk pembelajaran tatap muka untuk setiap pertemuan (face-to-face meeting learning) dikemas dalam 10 mata kuliah dengan total bobot 36 SKS. Pembelajaran dilakukan dengan 100% tatap muka atau tatap maya ataupun Blended Learning. Bentuk pembelajaran berbasis masalah/proyek (problem/project-based learning) juga dikemas dengan mata kuliah dan bobot kredit yang sama namun pembelajaran dilakukan dengan 20 – 30% tatap muka, 70 – 80% Kerja Lapangan dengan moda Blended Learning. Bentuk pembelajaran melalui penelitian (research) ditempuh melalui mata kuliah dan bobot kredit yang sama tetapi pembelajaran dilakukan dengan 10 – 20% tatap muka, 80 – 90% Penelitian dengan moda Blended Learning.