Kegiatan Baku Mutu Mahasiswa Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNJ di UNY

Kegiatan Baku Mutu Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) diselenggarakan di Gedung General Lecture Building Lantai 3 Ruang Teater, UNY pada 30 September 2019. Kegiatan tersebut dimulai pukul 09.00-12.30 dihadiri oleh mahasiswa dari UNJ dan UNY, khususnya semester 3 (angkatan 2018). Selain itu, dihadir pula Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana UNY, Prof. Suwarsih Madya, Ph.D.

Kegiatan yang diketuai oleh Noke Dwi Ardiansah dari UNJ dan Laser Romios dari UNY, menjadi ajang bertukar ide mengenai topik-topik terkini yang dapat dijadikan judul untuk jurnal artikel maupun tesis. Hal-hal terkait cara penulisan jurnal artikel hingga publikasinya turut dibahas. Banyak hal yang dipelajari oleh kedua belah pihak. Satu hal yang tidak kalah penting yaitu momen tersebut dijadikan sebagai batu loncatan untuk melakukan joint research dan hal lain yang terkait. Selain itu, secara tidak langsung jejaring atau networking telah terlaksana saat dan pascaacara tersebut. Networking itu penting karena kedua belah pihak dapat melakukan kerja sama di bidang penelitian, karier, maupun bisnis di kemudian hari.

UNJ berterima kasih kepada pihak UNY yang sangat ramah dan bersedia menjadi tuan rumah pada kegiatan ini. Adapun harapan untuk ke depannya yaitu program semacam ini akan dilanjutkan dengan perencanaan yang lebih matang dengan jumlah peserta yang lebih besar. Dengan demikian, para mahasiswa sebagai generasi muda dapat melakukan sharing knowledge dan mengadakan joint research yang kelak dapat membantu memperbaiki kualitas kedua belah pihak. Jika perlu, acara ini berpotensi untuk dijadikan sebuah proyek tugas mata kuliah yang wajib dikontrak oleh mahasiswa.