Sarana dan prasarana di jurusan Bahasa Prancis dikelola oleh fakultas dan jurusan. Ruang kajur dan administrasi serta ruang dosen dikelola dan dipelihara oleh jurusan, demikian pula ruang-ruang untuk belajar (kelas), sedangkan laboratorium sepenuhnya dikelola dan dipelihara oleh fakultas.

1. Ruang kuliah

Untuk melaksanakan kegiatan belajar, Jurusan Bahasa Prancis menggunakan tiga ruang kuliah yang masing-masing berukuran 4m x 5,5m. Ketiga ruang tesebut terletak di gedung E lantai I. Masing-masing ruang dapat menampung 25 orang mahasiswa untuk satu mata kuliah. 2 ruang kuliah memiliki 2 unit proyektor yakni di ruang E.108 dan E.109. Dalam waktu dekat akan dipasang proyektor di 2 kelas yang lain. Pada setiap ruang kelas terpasang 1 papan tulis, hiasan dinding yang beruhubungan dnegan negara Prancis, televisi, CD player. Di samping itu ruang-ruang kuliah tersebut ada pula ruang di gedung IDB I (Dewi Sartika) dan gedung IDB II (Kartini) yang dapat dipergunakan sebagai ruang kuliah.

2. Ruang Ketua, Sekretaris dan Administrasi Jurusan

Ketua, sekretaris dan administrasi jurusan menempati ruang berukuran 4m x 5,5m. Pada ruang tersebut terdapat 3 unit komputer, 1 unit printer, 1 unit pesawat telepon, 1 unit mesin fax, 2 unit lemari filing, 1 unit lemari, 1 unit lemari arsip dan 2 unit AC.

3. Ruang Dosen

Ruang dosen berukuran 4m x 5,5m, dilengkapi dengan 2 unit lemari berisi buku-buku, komputer, radio, tape recorder, dispenser, lemari es, 1 buffet.

4. Perpustakaan

Koleksi buku yang terdapat diperpustakaan mahasiswa Jurusan Bahasa Prancis sangat bervariasi, misalnya buku-buku mengenai metodologi, novel, roman, jurnal, proseding, dan sebagainya.

5. Ruang Rapat

Untuk melaksanakan rapat, rapat seminar, lokakarya dan sejenisnya. JBP menggunakan ruang belajar (E 109) dan ruang sidang (E 214).

6. Ruang Konsultasi

Komunikasi bagi mahasiswa dilaksanakan di ruang dosen, ruang kuliah dan ruang lainnya yang berada di gedung E.

7. Laboratorium Bahasa

Laboratorium bahasa milik FBS terletak di gedung Q lantai 2 dengan kapasitas masing-masing 30 orang.

8. Ruang BEMJ Bahasa Prancis

Ruang kegiatan BEMJ dilengkapi dengan 1 unit computer, 1 unit kulkas, dan 1 unit dispenser sehingga dapat memperlancar kegiatan BEMJ.

  1. Ruang IDB I (R.A. Kartini)
  2. Ruang IDB II
  3. Aula Gedung Syafei
  4. Aula Sergur
  5. Aula Gedung S
  6. Aula Perpustakaan UNJ