Kurikulum

Visi, misi, tujuan Jurusan Bahasa Prancis (JBP), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang telah ditetapkan, menjadi acuan dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran di JBP. Salah satunya berupa implementasi kurikulum pendidikan. Kurikulum pendidikan dipahami sebagai seperangkat rencana pembelajaran berupa materi ajar, deskripsi materi ajar, tujuan, rujukan dan evaluasi.

Untuk mengembangkan kurikulum, JBP mengedepankan mutu. Oleh sebab itu dalam merancang kurikulumnya, mata kuliah yang disiapkan tidak hanya bersifat teori tetapi juga praktek. Mata kuliah yang bersifat teori berjumlah 67%, dan yang bersifat praktek ada 34%. Mata kuliah terdiri dari Mata Kuliah Umum (MKU), Mata kuliah Dasar Kependidikan (MKDK), Mata Kuliah Bidang Keahlian dan Penunjang (MKBKP) dan Mata Kuliah Pembelajaran (MKP).

Kurikulum tersebut disesuaikan dengan visi JBP yakni menjadi jurusan yang diunggulkan dalam pengajaran bahasa Prancis dan penelitian di bidang pengajaran bahasa Prancis pada tahun 2017. Visi tersebut akan melahirkan lulusan yang terdidik dengan kualifikasi sarjana pendidikan bahasa Prancis dan dipersiapkan bekerja di bidang pendidikan dan pengajaran serta penelitian pada bidang pendidikan bahasa.

Kompetensi utama

Lulusan JBP diharapkan memiliki kompetensi untuk :

  • Merancang perangkat pembelajaran sesuai dengan kebutuhan pengajaran dan pembelajaran serta menerapkannya dengan penuh tanggung jawab.
  • Menguasai teori, pendekatan, konsep, prinsip kebahasaan dan pembelajaran bahasa serta menerapkannya dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Prancis.
  • Mengaplikasikan bidang bahasa Prancis dengan memanfaatkan IPTEKS dalam penyelesaian masalah serta beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi sebagai tenaga ahli di bidang pendidikan, pengajaran dan penelitian bahasa Prancis.
  • Memecahkan masalah belajar dan pembelajaran bahasa Prancis dengan mengacu pada teori, konsep, desain dan model pembelajaran bahasa Prancis yang sesuai.
  • Menguasai beberapa konsep teoritis tentang kesusastraan Prancis, kebudayaan Prancis, terjemahan dan bahasa Prancis khusus (FOS).

 Kompetensi pendukung

Kompetensi pendukung berupa

  • Kemampuan di bidang Bahasa Prancis khusus (FOS) yang berguna dalam lapangan pekerjaan bidang kesekretarisan, perkantoran yang menggunakan bahasa Prancis.
  • Kemampuan mengajar bahasa Prancis untuk anak-anak (enseignement pr√©cose).

Kompetensi lainnya/pilihan

Kompetensi ini merupakan keahlian di luar bidang pendidikan bahasa Prancis, yakni:

  • Kompetensi bahasa Itali, Mandarin, Turki (bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah pilihan bahasa-bahasa tersebut).

Struktur Kurikulum

Jumlah SKS minimum untuk kelulusan sebanyak 145 SKS (wajib), yang tersusun sebagai berikut :

krp1

 

 

 

 

krp2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

krp3

krp4 krp5