Briefing PKKMBP Prodi Pendidikan Bahasa Perancis 2018

Jumat, 17 Agustus 2018 telah dilaksanakan kegiatan Briefing PKKMBP Prodi Pendidikan Bahasa Perancis. Acara ini berlangsung selama sehari yang dimulai pada siang hari sebelum pelaksanaan salat Jumat. Acara ini merupakan perbekalan bagi mahasiswa baru Prodi Pendidikan Bahasa Perancis 2018 untuk menghadapi Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus yang akan dimulai pada tanggal 3 September 2018.

Acara ini dimulai dengan penjemputan mahasiswa baru dari Aula Latief oleh panitia K3 dan 1 panitia acara. Mahasiswa masuk berbaris ke dalam kelas tempat berlangsungnya acara. Kemudian setelah semuanya masuk ke dalam ruangan dan duduk dengan rapi, panitia membacakan pembagian kelompok mentoring. Kemudian panitia K3 mengantarkan mahasiswa baru untuk salat Jumat berjamaah. Selama mahasiswa baru putra sedang salat Jumat, yang putri berkumpul bersama mentornya masing-masing untuk mentoring, makan siang kemudian salat zuhur.

Pada pukul 13.20 siang seluruh panitia K3 mengondisikan kembali mahasiswa baru untuk duduk kembali dalam ruangan kelas. Acara pun dimulai dengan pembukaan oleh pembawa acara yang dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran. Selanjutnya pembawa acara membacakan susunan acara pada hari ini. Kemudian dilanjutkan sambutan oleh Ketua Pelaksana. Pada kesempatan kali ini Laras Oktiviani dari mahasiswa ProdiPendidikan Bahasa Perancis angkatan 2017 menjadi ketua pelaksana PKKMBP Prodi Pendidikan Bahasa Perancis.

Setelah pembukaan selesai, acara memasuki ke kegiatan inti. Pada bagian ini, acara dimulai dengan pengenalan seluruh panitia acara PKKMBP Prodi Pendidikan Bahasa Perancis. Perkenalan ini dimulai dari Ketua Pelaksana yang kemudian dilanjutkan ke sekretaris, bendahara, seksi acara, seksi HPD, seksi Konsumsi, seksi Kesehatan, seksi Perkap, dan ditutup oleh seksi K3. Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan tata tertib oleh panitia K3.

Setelah pembacaan tata tertib acara dilanjutkan dengan pembacaan Penugasan. Penugasan ini adalah semua hal yang harus dikerjakan dan disiapkan selama acara PKKMBP nanti berlangsung. Kemudian acara dihentikan sementara untuk salat ashar.

Setelah salat ashar selesai, diadakan pemilihan ketua angkatan dari mahasiswa baru. Calon dari ketua ini dipilih 5 orang secara acak yang terdiri dari putra dan putri. Kemudian kandidat ini membacakan visi dan misinya jika terpilih menjadi ketua angkatan mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Perancis 2018.  Setelah berkampanye secara singkat, para mahasiswa dipersilakan untuk memilih dengan mengacungkan tangan ketika salah satu calon ketua disebutkan. Setelah melalui diskusi dan penilaian dari para panitia, alhasil terpilihlah Kharisma dan Restu sebagai pasangan ketua angkatan mahasiswa ProdiPendidikan Bahasa Perancis 2018.

Acara pada hari ini diakhiri dengan simulasi Yel-yel dan Slogan-slogan yang nantinya akan disemarakkan pada saat acara PKKMBP Prodi Pendidikan Bahasa Perancis 2018. Acara kemudian ditutup oleh pembawa acara dan peserta dipersilakan pulan dengan tertib. Dengan diadakannya acara ini diharapkan mahasiswa baru dapat lebih siap melaksanakan seluruh kegiatan PKKMBP Prodi Pendidikan Bahasa Perancis 2018 sekaligus masa Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus Universitas Negeri Jakarta 2018.