Université de la francophonie

Senin sd. Jumat, 23 Juli-3 Agustus 2018 terdapat sebuah program kegiatan pelatihan untuk guru bahasa Perancis di Perancis. Program tersebut adalah GRAND JEU-CONCOURS de FRANCOPHONIA : « J’aime la France, j’aime Nice ».

Program ini merupakan sebuah kegiatan yang pada awalnya terdapat seleksi yang cukup ketat.  Persaingan antara ratusan partisipan dari 40 negara bersaing untuk merebutkan kesempatan mengikuti kegiatan ini. Dari penyeleksian tersebut akhirnya terpilihlah 26 guru dari 21 negara untuk ikut serta pelatihan guru bahasa Perancis di Université de la francophonie selama dua minggu. Dan pada kesempatan kali ini, Pramelia Hapsari berhasil menjadi satu-satunya peserta yang berasal dari Indonesia. Pramelia Hapsari merupakah salah seorang mahasiswa dari Prodi Pendidikan Bahasa Perancis UNJ.

Kegiatan ini dimulai dengan keberangkatan peserta menuju ke Paris, Perancis. Pada hari pertama peserta diajak untuk berkeliling ke tempat-tempat wisata. Lalu di hari berikutnya peserta kunjungan ke universitas-universitas yang ada di Paris, Perancis. Kemudian selama kunjungan tersebut peserta diajak untuk berdiskusi dengan para pengajar disana terkait pendidikan kebahasaan, teknik mengajar serta buku yang tepat untuk para peserta didik. Kemudian juga, dalam kunjungna tersebut diadakan seminar dengan para professor disana. Kegiatan seminar ini juga menjadi ajang pertukaran budaya.

Dengan mengikuti kegiatan ini peserta diharapkan dapat mengembangkan pengetahuannya terkait dengan pendidikan bahasa Perancis serta dapat menjadi pengajar yang baik.