PRANCIS Kegiatan PERSOALAN GURU DALAM “MERDEKA BELAJAR” BERSAMA JIMMY PH PAAT

PERSOALAN GURU DALAM “MERDEKA BELAJAR” BERSAMA JIMMY PH PAAT

PERSOALAN GURU DALAM “MERDEKA BELAJAR” BERSAMA JIMMY PH PAAT post thumbnail image

Merdeka belajar merupakan sebuah slogan yang selalu menarik untuk dibahas. Sejak diperkenalkan oleh Mendikbud, Bapak Nadiem Makarim, beberapa waktu yang lalu, sloga ini terus dibahas di berbagai ruang lingkup. Kali ini, Forum Diskusi Pedagogik (FDP) IKA UNJ bekerja sama dengan website berita channel9.id akan membahas topik tersebut dalam diskusi online melalui aplikasi google meet pada Rabu, 15 April 2020,  dari pukul 13:00 WIB s.d. pukul 15:30 WIB.

Acara tersebut diisi oleh tiga narasumber: Monsieur Jimmy Philip Paat, D.E.A., Nina Krisna Ramdhani, S.Pd., M.M., dan Guru SMA Labschool Rawamangun, Satriwan Salim, S.Pd. Menurut Monsieur Jimmy, persoalan guru dalam merdeka belajar menjadi suatu diskusi yang menarik, terutama pada frasa “Merdeka Belajar”. Frasa tersebut merupakan salah satu bentuk “rumusan”. Rumusan tersebut menurut Olivier Reboul (1984) dalam buku “Le langage de l’éducation” (Bahasa pendidikan) disebut sebagai slogan yang salah satu cirinya  cenderung menyembunyikan dirinya sebagai slogan agar  tampak dan ditangkap yang lain.

Untuk itu, slogan tersebut tentu menjadi menarik dan penting untuk didiskusikan oleh para guru, dosen dan semua yang berminat, serta ingin mendalami pedagogik untuk mengikuti diskusi ini tanpa dipungut biaya. (yl)

Related Post