PRANCIS Kegiatan PKKMB 2020

PKKMB 2020

PKKMB 2020 post thumbnail image

Rangkaian PKKMB untuk menyambut mahasiswa baru 2020 untuk lebih mengenal tempat mereka belajar. Acara tersebut telah dilaksanakan pada Senin, 14 September 2020 s.d. Sabtu, 19 September 2020. Acara tersebut diawali dengan PKKMB Universitas pada hari pertama, Senin, 14 September 2020. Acara dimulai dengan pembukaan melalui Youtube. Mahasiswa baru diajak mengetahui sejarah UNJ, tugas dan fungsi masing-masing bagian di UNJ, serta safari UNJ atau berkeliling untuk mengetahui letak gedung-gedung di UNJ.

Untuk pengenalan Fakultas dilaksanakan selama dua hari, sejak Selasa, 15 September 2020 s.d Rabu, 15 September 2020. Mahasiswa diajak melihat tarian serta musik sebagai hiburan. Selanjutnya Pembukaan PKKMB Fakultas dibuka oleh Dekan FBS UNJ, Ibu Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. dengan memperkenalkan pimpinan Fakultas dan Prodi, dilanjutkan dengan materi mengenai Etika Kehidupan Kampus di UNJ dan Plagiarisme, Fasilitas dan Layanan Mahasiswa, serta materi terkait Berpikir Kritis dan Ilmiah. Selain itu, ada juga kegiatan-kegiatan lain seperti FGD, puisi berantai, penugasan Kenal Budaya FBS (Kebaya FBS), dan sebagainya.

Pada Kamis, 16 September 2020 dilanjutkan dengan PKKMB Prodi. Diawali dengan perkenalan seluruh dosen prodi Pendidikan Bahasa Prancis (PBP) dan admin PBP. Selanjutnya sosialisasi etika dalam pembelajaran dari tim dosen tingkat satu. Acara dilanjutkan dengan materi terkait Kurikulum Prodi, Mawapres, Seluk Beluk Prodi, Tata Cara Pengisian KRS, dan sebagainya.

Terakhir, penutupan PKKMB Universitas dan penutupan PKKMB Fakultas secara berurutan pada Sabtu, 19 September 2020. Acara dituutp dengan Gelar Wicara Mawapres, pengumuman Kenal Budaya FBS (Kebaya FBS) dalam PKKMB FBS Award, serta Kesan dan Pesan Peserta.

Seluruh rangkaian acara dilaksanakan secara daring, melalui Zoom dan Youtube. Setiap akhir materi, para mahasiswa baru diminta mengisi form refleksi untuk mengetahui pemahaman mereka terkait setiap materi yang mereka pelajari. Berakhirnya PKKMB 2020 ini juga sebagai motivasi agar para mahasiswa baru dapat lebih mengenal lingkungan kampus dan memotivasi mereka dalam belajar. (yl)

Related Post