WEBINAR PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO OLEH PUSAT KAJIAN DAN JURNAL BAHASA (PKJB) FBS

Pada Sabtu, 17 Oktober 2020, Pusat Kajian dan Jurnal Bahasa, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengadakan webinar Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Bahasa. Acara yang berlangsung dari pukul 09.00-12.00 ini diikuti oleh guru-guru dan dosen bahasa di seluruh Indonesia. Acara ini diselenggarakan oleh Pusat Kajian dan Jurnal Bahasa dengan narahubung Yunilis Andika, S.Pd., M.Li.

Acara dimulai dengan sambutan dan pembukaan oleh Dekan FBS, Ibu Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. Acara dipandu oleh dosen Prodi Sastra Inggris, Nurul Adha Kurniati, SS, M.Hum. Narasumber pada acara ini ialah Muhammad Nur Ashar Asnur, M.Hum. yang merupakan Dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Jerman UNJ dan Ihwan Rahman Bahtiar, M.Pd. dari Prodi Pendidikan Bahasa Arab UNJ.

Penjelasan mengenai aplikasi penunjang video pembelajaran dipaparkan oleh kedua narasumber. Untuk laptop, peserta dapat menggunakan aplikasi VokoscreenNG dan Open Broadcaster Software untuk membuat video pembelajaran. Sementara untuk pembuatan video pembelajaran dengan gawai, aplikasi seperti Kinemaster , Power Director , dan AZ Recorder dapat menjadi solusi yang dapat dipilih oleh para pengajar. Acara ini diharapkan dapat membantu para pengajar bahasa dalam membuat konten-konten pembelajaran yang lebih kreatif dan menarik agar pembelajaran secara daring lebih maksimal. (yl)