PRANCIS Kegiatan DISKUSI “KOMODIFIKASI MERDEKA BELAJAR”

DISKUSI “KOMODIFIKASI MERDEKA BELAJAR”

DISKUSI “KOMODIFIKASI MERDEKA BELAJAR” post thumbnail image

Pada Kamis, 13 Agustus 2020 pukul 14.00-16.00 WIB telah dilakukan diskusi mengenai “Merdeka Belajar”. Diskusi yang terbuka untuk umum ini menghadirkan narasumber yaitu Drs. Jimmy. Ph. Paat, DEA. Pada acara tersebut, narasumber dan para peserta mendiskusikan mengenai sikap guru dan komunitas pendidikan dalam menghadapi konsep “Merdeka Belajar” yang diboyong oleh Mendikbud, Nadiem Makarim, dalam memajukan pendidikan.

Konsep tersebut diawali dengan kunjungannya ke sekolah elite Cikal di Kawasan Cilandak, Jakarta Selatan dan beliau menjadikannya sebagai dasar kebijakan Kemendikbud. Namun ternyata konsep “Merdeka Belajar” telah dipatenkan sebagai hak milik perusahaan sekolah swasta.

Dalam diskusi terebut dibahas mengenai banyak hal untuk mengupas tuntas konsep “Merdeka Belajar”, antara lain Apa sih yang dimaui dengan gagasan “Merdeka Belajar”? Benarkah  konsep “Merdeka Belajar” diturunkan dan sesuai landasan pemikiran Ki Hadjar Dewantara? Dan setelah hampir setahun berjalan, apakah ada tanda-tanda perubahan arah pendidikan kita? Para peserta diajak berdiskusi mengenai hal-hal tersebut. Setelah mengikuti acara “Komodifikasi Merdeka Belajar”, peserta diharapkan lebih memahami arah konsep “Merdeka Belajar” bagi pendidikan. (yl)

 

Related Post

Franconesia Volume 2Franconesia Volume 2

Jurnal Franconesia merupakan sebuah platform jurnal akademik yang terbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Ini dijadikan sebuah wadah publikasi ilmiah yang