SEMINAR RANCANGAN AKTUALISASI

Setelah menerima materi dan melakukan bimbingan dengan coach dan mentor dalam pelatihan, para peserta seminar Rancangan Aktualisasi dalam Pelatihan Dasar Calon PNS Golongan III Angkatan IV Puslatbang PKASN LAN. Acara tersebut dilaksanakan pada Jumat, 9 Oktober 2020 pukul 08.00-16.45. Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui zoom dan diikuti oleh Dosen CPNS Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Madame Wahyu Tri Widyastuti, M.Pd., dan Madame Yunilis Andika, S.Pd., M.Li.

Hari tersebut menjadi hari yang cukup menantang karena peserta mempresentasikan rancangan aktualisasi masing-masing. Hal ini sekaligus untuk menunjukkan aktualisasi yang akan dilaksanakan berdasarkan unit kerja masing-masing, serta ujian pemahaman para peserta terkait nilai-nilai ANEKA yang telah dipelajari selama 2 minggu sebelumnya. Selanjutnya, proses habituasi untuk melaksanakan segala kegiatan yang sudah direncanakan dalam rancangan aktualisasi. Setiap peserta Latsar diberi waktu empat puluh lima menit untuk mempresentasikan rancangan aktualisasinya.

Acara diawali dengan presentasi peserta selama 15 menit, selanjutnya penguatan dari mentor yaitu Monsieur Dr. Subur Ismail, M.Pd., penguatan pelatih kelompok 2, Dr. Sri A. Kusumawardani. M.Hum. , serta tanya jawab dengan penguji, Ir. Euis Nurmalia, M.Si terkait daya tarik dari isu yang diangkat peserta dalam aktualisasi serta keterkaitan isu yang diangkat dengan nilai-nilai dasar ASN berupa ANEKA. Peserta jawaban jawaban dari setiap pertanyaan dengan memberikan contoh-contoh dan penguatan terhadap isu yang diangkat. Semoga aktualisasi ini berjalan lancar dan berkelanjutan, serta dapat terasa kebermanfaatannya sampai kapan pun. (yl)