SEMINAR BULAN BAHASA FAKULTAS BAHASA DAN SENI

Pada tanggal 30 sd 31 Oktober 2020 telah dilaksanakan Seminar Daring Bulan Bahasa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Acara ini bertema “Pegajaran Bahasa dan Seni Budaya Indonesia di Lima Benua”. Acara yang berlangsung selama dua hari ini diikuti oleh peserta dari UNJ dan luar UNJ.

Acara dibuka oleh Dekan FBS UNJ, Ibu Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd .. Menurut beliau, peringkat bahasa Indonesia masuk 10 besar dunia. Kita percaya diri agar bahasa Indonesia dapat menjadi bahasa internasional di Tahun 2045 nanti. Sambutan membaca oleh Rektor UNJ, Prof. Dr.  Komarudin , M.Si. Dari Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis tampak hadir Koorprodi Pendidikan Bahasa Prancis, Dr. Subur Ismail, M.Pd., Dr. Asti Purbarini, M.Pd., Dr. Amalia Saleh, M.Pd., Wahyu Tri Widyastuti, M.Pd ., dan Yunilis Andika, S.Pd., M.Li.

Seminar ini menghadirkan para narasumber dari lima negara, di antaranya dari negara Indonesia, Rusia, China, Timor Leste, Azerbaijan, dan lain-lain. Para narasumber memberikan materi menarik mengenai pengalaman mereka dalam mengajar BIPA di luar negeri, berbagai hambatan, serta solusi yang diberikan. Kita optimis agar bahasa Indonesia dapat menjadi bahasa internasional karena bahasa Indonesia mudah, belajar apa yang kita tulis. Semoga bahasa Indonesia dapat mendunia. (yl)