PRANCIS Kegiatan PEMBUKAAN PELATIHAN DASAR CPNS 2018

PEMBUKAAN PELATIHAN DASAR CPNS 2018

PEMBUKAAN PELATIHAN DASAR CPNS 2018 post thumbnail image

Pelatihan dasar yang disingkat Latsar merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di seluruh Indonesia. Latsar berlangsung selama dua bulan, dari 21 September 2020 sd 21 November 2020. Kegiatan tersebut diikuti oleh Dosen CPNS Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Madame Wahyu Tri Widyastuti, M.Pd., dan Madame Yunilis Andika, S.Pd., M.Li.

Acara Pelatihan Dasar Calon PNS Golongan III Angkatan IV Puslatbang PKASN LAN dibuka pada Senin, 21 September 2020. Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Dr. Hari Nugraha, SE, MPM. Selanjutnya materi mengenai Kebijakan Pengembangan SDM ASN dan Nilai-nilai ASN disampaikan oleh Bapak Dr. Basseng, M.Ed. dan materi Overview  Kebijakan Penyelenggaraan Pelatihan disampaikan oleh Bapak Drs. Eris Yustiono, M.Sc.

Pemaparan mengenai agenda yang akan dilaksanakan oleh CPNS selama latsar mulai dari Bela Negara, Nilai-Nilai Dasar PNS, Kedudukan dan Peran PNS dalam NKRI, Aktualisasi, Pentingnya Komunikasi dengan Mentor dan Coach, Nilai Kelulusan, Fasilitas di Lokasi Latsar (Klasikal), dan sebagainya disampaikan secara menarik, jelas, dan menyenangkan sehingga materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh peserta.

Selama dua minggu ke depan dilaksanakan materi pelatihan terkait Sikap dan Perilaku Bela Negara, materi mengenai ANEKA, dan materi Peran dan Kedudukan ASN dalam NKRI. Minggu ketiga dilaksanakan evaluasi soal pilihan ganda sebanyak 80 soal dengan waktu 90 menit, serta satu soal esai. Kemudian peserta mulai menyusun rancangan aktualisasi yang akan dilaksanakan pada saat habituasi selama 30 hari.

Dengan mengikuti latsar ini, diharapkan para peserta memiliki kompetensi yang ditunjukkan melalui sikap bela negara, lebih cinta dan bangga pada tanah air, serta mampu mengaktualisasikan dasar-dasar PNS dalam kehidupannya baik dalam bekerja maupun bermasyarakat. (yl)

 

Related Post