WORKSHOP PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM) DALAM GRAVITASI FBS

Pada Rabu, 25 Oktober 2020 telah dilaksanakan Program Workshop Kreativitas Mahasiswa (PKM) dalam acara Gebyar Kreativitas Ilmiah (Gravitasi) FBS. Narasumber dalam acara tersebut adalah Dr. Hayatul Cholsy, M.Hum. (Universitas Gadjah Mada) yang telah memiliki banyak pengalaman dalam bidang PKM. Ibu Wahyu Tri Widyastuti, M.Pd., dan Ibu Yunilis Andika, S.Pd., M.Li. serta para mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis (PSPBP) yang tertarik dalam membuat PKM juga turut mengikuti kegiatan ini.

Pada kesempatan tersebut, dipaparkan banyak hal mengenai PKM, mulai dari rambu-rambu PKM, contoh judul-judul PKM, tahapan kegiatan, sistematika penyusunan proposal, dan lain sebagainya. Hal penting lainnya yang dipaparkan adalah 1) mahasiswa tahun pertama yang cukup menjadi anggota, sementara ketua angkatan-angkatan di atasnya, 2) metode penelitian harus jelas, data harus selesai dalam dua bulan, 3) jika data diambil dari lapangan, sesuaikan lokasi dengan dana penelitian. Selain itu, perizinan untuk administrasi administrasi juga perlu diperhatikan, 4) peran dosen pembimbing sangat penting untuk membimbing mahasiswa dalam membuat PKM, 5) daftar pustaka bersumber dari jurnal-jurnal terbaru.

Acara tersebut memberikan banyak informasi dan pengetahuan baru baik bagi dosen pembimbing PKM maupun para mahasiswa agar dapat mengatur proposalnya dengan baik. Ada tiga kelompok dari PSPBP yang mengikuti PKM dalam Gravitasi FBS. Harapannya, semoga ketiga tim tersebut dapat melakukan yang terbaik dan dapat tembus PIMNAS. (yl)