SERI PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL UNTUK JURNAL BAHASA

Pada Jumat, 26 Juni 2020, pukul 09.00-11.30 menjadi sesi pertama bagi Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dalam menyelenggarakan seri pelatihan penulisan artikel untuk jurnal bahasa yang dilakukan secara daring melalui zoom meeting.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FBS UNJ, Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd.; Wakil Dekan III, Dr. Syamsi Setiadi, M.Pd.; dan Koorprodi Pendidikan Bahasa Prancis, Monsieur Dr. Subur Ismail, M.Pd. Pada kesempatan tersebut hadir pula para dosen Prodi Pendidikan Bahasa Prancis antara lain Madame Yusi Asnidar, S.Pd., M.Hum., Madame Wahyu Tri Widyastuti, M.Pd., Madame Yunilis Andika, S.Pd., M.Li. serta para dosen dari program studi lain di lingkungan FBS. Narasumber dalam kegiatan ini adalah penulis jurnal terindeks, Dr. Kundharu Saddhono, S.S., M.Hum. yang juga merupakan dosen pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, Pascasarjana Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta.

Dalam paparannya, beliau menjelaskan secara detail mengenai Jurnal, Sitasi, Bibliografi, Turnitin, Prosiding Scopus, Kondisi Jurnal di Indonesia, Artikel jurnal yang Baik, Langkah Menulis Artikel Jurnal, Judul, Penulis, Abstrak, Kata Kunci, Pendahuluan, Metodologi, Hasil dan Pembahasan, Simpulan, Ucapan Terima Kasih, Referensi, Lampiran, dan Kiat Menulis Artikel Ilmiah Scopus. Menurutnya, penggunaan referensi berbahasa asing, penilaian dari reviewer, serta kesesuaian aturan (template) dari setiap artikel ilmiah masing-masing menjadi ciri artikel yang berkualitas. Kegiatan yang sangat bermanfaat ini diharapkan dapat menjad acara yang berkelanjutan demi peningkatan kemampuan menulis artikel sekaligus meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah dosen di lingkungan FBS. (yl)