PRANCIS Kegiatan PELATIHAN TEKNIK INSTRUKSIONAL (PEKERTI) BAGI DOSEN CPNS

PELATIHAN TEKNIK INSTRUKSIONAL (PEKERTI) BAGI DOSEN CPNS

PELATIHAN TEKNIK INSTRUKSIONAL (PEKERTI) BAGI DOSEN CPNS post thumbnail image

Pada Senin – Jumat, 17 – 21 Februari 2020 telah dilaksanakan acara Pelatihan Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi Dosen CPNS. Acara ini diperuntukkan bagi seluruh dosen CPNS dari berbagai prodi di UNJ, salah satunya prodi pendidikan bahasa Prancis. Acara tersebut diikuti oleh Ibu Wahyu Tri Widyastuti, M.Pd. dan Ibu Yunilis Andika, S.Pd., M.Li. bersama dengan 79 CPNS di UNJ, RS. Husada, dan Universitas Panca Sakti. Pembukaan  dilaksanakan di Aula Ki Hajar Dewantara Lantai 8 dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Acara tersebut dibuka oleh Rektor Universitas Negeri Jakarta, Bapak Dr. Komarudin, M.Si.

Pada acara tersebut, tampak hadir pula para dekan dari berbagai fakultas, serta pembicara yang akan mengisi materi PEKERTI. Acara ini merupakan salah satu rangkaian acara Pelatihan Dasar bagi para Dosen CPNS di seluruh Indonesia. Para peserta dibagi menjadi dua kelas, A dan B agar materi lebih dapat tersampaikan dengan baik dan fokus. Selama lima hari, pada peserta mengikuti acara tersebut. Materi yang diberikan antara lain:

 

  1. Landasan dan sistem pendidikan di perguruan tinggi
  2. Pengembangan kurikulum di perguruan tinggi
  3. Perkembangan dan pembelajaran orang dewasa
  4. Teori belajar pembelajaran dan motivasi
  5. Desain instruksional
  6. Model-model pembelajaran aktif/ inovatif di PT
  7. Menyusun RPS
  8. Pengembangan media dan bahan ajar
  9. Evaluasi pembelajaran
  10. Praktik mengajar

 

Pada setiap materi, para peserta dituntut untuk aktif merespon pemateri. Ada beberapa tugas yang diberikan baik secara berkelompok maupun individu. Setelah mengikuti acara PEKERTI tersebut, para CPNS diharapkan dapat menerapkan materi yang disampaikan dalam pengajaran di Perguruan Tinggi. (yl)

 

Related Post