ACARA EXPLORONS MERIAHKAN ARTEC FAIR FBS 2019

Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis (PSPBP) adalah program studi di bawah naungan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta yang bertujuan untuk menghasilkan calon guru bahasa Prancis yang profesional dan berwawasan luas. Maka dari itu, pembelajaran yang dilakukan di PSPBP diarahkan untuk mencapai tujuan tersebut. Bersinergi dengan tujuan prodinya,  BEM PSPBP mempunyai banyak program kerja yang salah satu tujuannya untuk mengasah softskill mahasiswa, salah satunya melalui Explorons. Explorons merupakan sebuah acara yang diselenggarakan dari prodi PBP untuk memeriahkan ARTEC FBS. Acara ini bertujuan untuk mengenalkan budaya Prancis melalui seni dengan tema “Un Film de Millésime”.

Acara yang diselenggarakan pada Kamis, 24 Oktober 2019 di Aula Sertifikasi Guru, Lantai 9, UNJ ini merupakan sebuah acara perlombaan bagi siswa SMA/SMK di sekitar kampus Universitas Negeri Jakarta.. Lomba tersebut antara lain lomba membaca puisi dan lomba menyanyi lagu-lagu berbahasa Prancis. Beberapa dosen PBP, Madame Dr. Amalia Saleh, M.Pd., Madame Yusi Asnidar, S.Pd., M.Hum., dan Madame Evi Rosyani Dewi, S.S., M.Hum. menjadi juri pada perlombaan yang berlangsung dari pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Acara dibuka oleh MC, Mariah dan Restu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Sambutan pertama diberikan oleh Nurraffi Febrian, sebagai Ketua Pelaksana Explorons 2019. Sambutan kedua oleh Tri Nur Suci selaku Ketua BEMP Pendidikan Bahasa Prancis 2019/2020. Selanjutnya, sambutan dari Sekretaris Jenderal IMASPI, Dinda Avida Sari. Lalu, sambutan dari Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Prancis, Monsieur Subur Ismail. Sebelum lomba dimulai, ada penampilan dari Mahasiswa Pendidikan Bahasa Prancis 2018, Dinda Zahra yang membawakan lagu La Vie en Rose dan Location Unknown. Penampilan Dinda selanjutnya ditemani oleh Raffi, menyanyikan lagu Best Part dan Champs-Elysées.

Perlombaan pertama ialah lomba membaca puisi berbahasa Prancis. Ada 10 peserta yang berpartisipasi pada lomba tersebut. Kemudian, perlombaan kedua ialah lomba menyanyi yang diikuti oleh 15 peserta. Setelah perlombaan selesai, juri memberikan komentar di atas panggung. Selanjutnya, ada sebuah persembahan dari para mahasiswa Pendidikan Bahasa Prancis 2019, menampilkan drama yang berjudul “Pangeran Berhidung Besar”. Saat yang ditunggu-tunggu tiba, yaitu pengumuman pemenang lomba membaca puisi dan menyanyi. Lomba membaca puisi dimenangkan oleh Akila dari SMAN 3 Bogor, Cantika dari SMAN 104 Jakarta, dan Erwin dari SMA Fransiskus. Selanjutnya lomba menyanyi dimenangkan oleh Glorya Gabrielle dari SMAN 104 Jakarta, Gloria Stefania dari SMA Fransiskus 2 Jakarta, dan Salomo Andolin dari SMAN 113 Jakarta.

Kegiatan ini diharapkan akan menghasilkan pengetahuan tentang profil lulusan program studi. Selain itu diharapkan dapat meningkatkan animo masyarakat, khususnya siswa SMA/SMK yang tertarik dengan bahasa Prancis untuk melanjutkan studinya di Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis UNJ. (yl)