MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS MENANG DI LOMBA IFPROF KREATIF 2019 KATEGORI MAHASISWA

Pada Mei 2019, Institut Français d’Indonésie (IFI) mengadakan lomba IFProfs Kreatif. Lomba ini mewajibkan peserta membuat rancangan pengajaran pembelajaran bahasa Prancis yang diselenggarakan oleh IFI melalui IFProfs. Ada dua kategori lomba, yakni kategori pengajar dan kategori mahasiswa. Nabilla Widyamurti, mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Prancis UNJ, berhasil meraih peringkat pertama untuk kategori mahasiswa. Ia mendapat hadiah berupa séjours linguistiques Cours d’été Nancy” di Prancis selama dua minggu dari 31 Juni – 12 Juli 2019. Seluruh akomodasi untuk perjalanan ke Prancis ditanggung oleh beasiswa yang diberikan oleh IFI (Campus France), mulai dari pembuatan visa, tiket pesawat pulang-pergi, biaya program, hingga akomodasi untuk penginapan dan makan. Program ini diberikan kepada penulis sebagai hadiah atas Concours IFProfs Kreatif 2019.

Cours d’été Nancy merupakan sebuah program musim panas yang diselenggarakan oleh sebuah asosiasi pengajar di Université de Lorraine sejak tahun 1930. Selama musim panas, Université de Lorraine libur dari aktivitas perkuliahan rutinnya dan digunakan oleh pelajar-pelajar asing dari penjuru dunia untuk belajar bahasa Prancis sekaligus menghabiskan liburan musim panas di Kota Nancy. Para peserta ini berasal dari latar belakang yang berbeda-beda serta usia yang bervariasi. Mereka datang dari berbagai negara, mulai dari pelajar sekolah, mahasiswa, pekerja, Ibu rumah tangga, hingga lansia. Program ini mempunyai pilihan durasi yang berbeda-beda, mulai dari dua minggu, tiga minggu, sampai satu bulan penuh. Pada musim panas tahun 2019 ini, penulis berkesempatan untuk mengikuti program pelatihan kebahasaan ini selama dua pekan.

Melalui program musim panas ini, Nabilla mampu mendapatkan banyak benefit. Ia dapat mengembangkan keterampilan bahasa Prancis melalui berbagai kegiatan dalam kelas (perkuliahan, atelier, seminar, dll) dan luar kelas (games, acara sosial, interaksi sehari-hari dengan peserta lain dan para penutur asli); membuka wawasan tentang budaya Prancis yang dipelajari dalam kelas, maupun langsung dalam kehidupan bermasyarakat di Prancis; serta rekreasi musim panas melalui kunjungan ke kota-kota dan desa-desa di luar Kota Nancy.

“Program cours d’été Nancy yang diberikan sebagai hadiah pemenang lomba IFProfs Kreatif 2019 merupakan kesempatan yang sangat berharga bagi saya, terutama sebagai mahasiswa tingkat akhir Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama program sangat berguna dalam mengembangkan keterampilan bahasa Prancis dan mendukung studi saya tentang bahasa Prancis, serta memberikan pengalaman konkret mengenai budaya dan kehidupan masyarakat Prancis,” kata Nabila.

“Semoga kegiatan perlombaan IFProfs Kreatifs dan kegiatan séjours linguistiques bagi pemenangnya terus dilakukan dan dikembangkan supaya para pelajar dan pengajar bahasa Prancis selalu termotivasi untuk mengembangkan dan mempromosikan bahasa Prancis di Indonesia melalui pengajaran bahasa Prancis”, lanjutnya. Félicitations Nabilla! (yl)