KULIAH PERDANA PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS UNJ

Pada Kamis, 12 September 2019 telah dilaksanakan Kuliah Perdana Prodi Pendidikan Bahasa Prancis (PBP) UNJ. Acara yang berlangsung di Aula Daksinapati ini diikuti oleh dosen Prodi PBP, serta mahasiswa angkatan 2017, 2018, dan 2019 berjumlah kurang lebih 150 orang.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama, dilanjutkan dengan sambutan dari Koorprodi PBP, Madame Dr. Sri Harini Ekowati, M.Pd. dan sambutan Dekan FBS, Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. Pada kesempatan tersebut, prodi PBP turut mengundang dua narasumber yang merupakan alumni prodi PBP, Syarah Hikal dan Dewi Puspitawati untuk berbagi pengalaman dan memberikan motivasi bagi para mahasiswa.

Para mahasiswa diajak untuk mencari tahu karakter dirinya dengan menjawab soal dari narasumber. Selain itu, mahasiswa secara bersama-sama membuka amplop yang mereka pegang. Di dalamnya terdapat kertas bertuliskan “Dans quatre ans, j’aurai mon B2 et ma licence”. Para mahasiswa menandatangani kertas tersebut sebagai janji pada diri sendiri untuk dapat melewati ujian Delf B2 dan lulus dalam waktu 4 tahun.

Setelah narasumber selesai memberikan materi, acara pun dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab. Dua mahasiswa yang aktif mendapat hadiah berupa kaos bertuliskan “Oui, je parle français”. Dengan diadakannya acara tersebut, mahasiswa diharapkan semakin mantap untuk belajar bahasa Prancis dan memiliki gambaran pekerjaan setelah lulus dari prodi. (yl)