ORIENTASI AKADEMIK BAGI DOSEN CPNS UNJ TAHUN 2019

Sebagai dosen baru di lingkungan Universitas Negeri Jakarta, dosen-dosen CPNS 2018 perlu dibekali berbagai persiapan untuk melaksanakan kewajiban tridharma di perguruan tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itu, Universitas Negeri Jakarta melalui Biro Kepegawaian menyelenggrakan Orientasi Akademik untuk Dosen CPNS. Kegiatan yang diikuti kurang-lebih 80 dosen CPNS ini dilaksanakan pada tanggal 26 – 28 Agustus 2019. Madame Wahyu Tri Widyastuti, M.Pd. dan Madame Yunilis Andika, S.Pd., M.Li. dari Prodi Pendidikan Bahasa Prancis tampak mengikuti acara tersebut. Acara yang dilaksanakan di Gedung Ki Hajar Dewantara Lantai 8 ini dimulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Acara yang berlangsung selama tiga hari tersebut diisi oleh beberapa narasumber dari pihak universitas. Pada hari pertama, Dr. Achmad Ridwan, M.Si, Dr. Komarudin, M.Si., Dr. Ucu Cahyana, M.Si, Dr. Asep Supena, M.Psi dan Dwi Achmad Noor, S.H., M.H. secara berturut-turut memberikan materi tentang Kebijakan dan Arah Pengembangan Akademik UNJ, Kebijakan dan Pengembangan Tenaga Dosen di UNJ, Kebijakan Regulasi dan Program Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di UNJ, Rencana Pembelajaran Semester (RPS), serta Aturan tentang Dosen dan Kepegawaian (Pengembangan Karir dan Profesi).

            Hari kedua diisi oleh Dwi Achmad Noor, S.H., M.H. dengan materi lanjutan terkait Aturan tentang Dosen dan Kepegawaian (Pengembangan Karir dan Profesi), Dr Totok Bintoro, M.Pd tentang Landasan Pendidikan dan Regulasi Perguruan Tinggi, serta Dr. Asep Supena dengan materi lanjutan terkait Rencana Pembelajaran Semester (RPS).

Drs. Hirmana Wargahadibrata, M.Sc. Ed, Dr. Rusmono, M.Pd, Ficky Duskarnaen, M.Sc., serta Dr. Aceng Rahmat, M.Pd menjadi narasumber pada hari terakhir. Secara berturut-turut memberikan materi tentang Pembelajaran Aktif, Inovatif, dan Efektif di Perguruan Tinggi; Mendesain Pembelajaran; Sistem Informasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kepegawaian di UNJ, serta Penguatan Mental Spiritual. Dengan mengikuti orientasi tersebut, diharapkan para dosen CPNS, terutama CPNS Prodi Pendidikan Bahasa Prancis siap menjadi pengajar yang berkualitas baik saat ini maupun ke depannya nanti. (yl)