PROGRAM PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU (PKKMB) PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS UNJ

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) merupakan kegiatan yang wajib diadakan bagi para mahasiswa baru untuk lebih mengenal lingkungan kampus tempatnya belajar. Pada Senin, 19 Agustus 2019 telah diadakan acara pembukaan program PKKMB bagi seluruh mahasiswa baru di UNJ. Acara yang dilaksanakan di Stadion Atletik Rawamangun ini dibuka pada pukul 08.00 – 10.30 WIB. Acara ini sekaligus sebagai pembuka acara PKKMB Fakultas yang dilaksanakan Selasa – Rabu, 20 – 21 Agustus 2019 dan juga PKKMB Prodi pada Kamis – Jumat, 22 – 23 Agustus 2019.

 Di Prodi Pendidikan Bahasa Prancis (PBP) UNJ, PKKMB berlangsung selama dua hari pada Kamis – Jumat, 22 – 23 Agustus 2019 mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB. Acara ini diikuti oleh mahasiswa baru Prodi PBP berjumlah 41 orang. Untuk lebih mengenalkan prodi kepada para mahasiswa, diadakanlah pemberian materi dari dosen Prodi PBP.

 Pada Kamis, 22 Agustus 2019, diberikan materi pertama tentang Pengenalan Program Studi yang terdiri atas Struktur Organisasi Prodi, Kurikulum Prodi, Layanan dan Fasilitas, dan Pengenalan Dosen Prodi PBP. Materi diberikan oleh Koorprodi Pendidikan Bahasa Prancis, Madame Dr. Sri Harini Ekowati, M.Pd dan Madame Ratna, S.Pd, M.Hum. Selanjutnya, materi kedua tentang Berpikir Kritis dan Ilmiah yang diberikan oleh Monsieur Subur Ismail, M.Pd dan Madame Yunilis Andika, S.Pd., M.Li. Materi ketiga tentang Penyesuaian Diri di PTN diberikan oleh Madame Dr. Amalia Saleh, M.Pd dan Madame Yunilis Andika, S.Pd., M.Li. Acara hari itu diakhiri oleh materi yang diberikan dari tim Madame Dr. Ninuk Lustyantie, M.Pd dan Madame Evi Rosyani Dewi, S.S, M.Hum. dengan tema Nilai Budaya dan Etika Kehidupan Pendidikan Tinggi.

 Selanjutnya, pada Jumat, 23 Agustus 2019, materi dilanjutkan oleh Madame Dr. Asti Purbarini, M.Pd dan Madame Dra. Dian Savitri, M.Pd. tentang Kiat Sukses di Perguruan Tinggi. Kemudian, materi terkait Panduan Pengisian Biodata dan KRS Mahasiswa Baru dipandu oleh Mbak Tuti Sartika dan Madame Dr. Sri Harini Ekowati, M.Pd. Selanjutnya, materi tentang Organisasi Kemahasiswaan diisi oleh Madame Yusi Asnidar, S.Pd, M.Hum dan Madame Wahyu Tri Widyastuti, M.Pd. Materi terakhir yang juga sebagai penutup rangkaian acara PKKMB diisi oleh Madame Yusi Asnidar, S.Pd, M.Hum dan Madame Ratna, S.Pd, M.Hum dengan materi tentang Kredit Keaktifan Mahasiswa. Rangkaian acara PKKMB tersebut diharapkan dapat membuat para mahasiswa baru untuk mengenal lebih jauh tentang prodinya, terutama prodi Pendidikan Bahasa Prancis. (yl)